BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / Reciprocal Exchange Program antara FKIP Unej – EIS Thailand

Reciprocal Exchange Program antara FKIP Unej – EIS Thailand

FKIP sebagai bagian dari lembaga Universitas Jember dipandang perlu untuk menerapkan program yang dapat menumbuhkembangkan hard dan soft skill mahasiswa dalam mencetak calon tenaga terdidik khususnya guru, yang tidak hanya siap dalam bersaing mencari lapangan pekerjaan dalam negeri namun juga di luar negeri khususnya di Negara-negara dikawasan ASEAN. Oleh karena itu perlu dikembangkan program yaitu Peningkatan kualitas calon tenaga pendidik guru prodi Pendidikan. melalui Reciprocal Exchange Program antara FKIP Unej – EIS Thailand.

Permasalahan ini didasarkan pada kenyataan bahwa banyak dosen alumni perguruan tinggi nasional, sehingga diperlukan tambahan pengalaman internasional melalui kegiatan visiting lecturer atau researcher. Minimnya aktivitas dosen untuk menghadiri forum-forum internasional seperti international workshop, conference atau seminar termasuk joint dengan program international visiting lecturer, teacher and practitioner, adjunk professor sehingga program ini dapat dijadikan ajang exercise dosen dan mahasiswa dalam memperolah pengamalan internasional, serta terhentinya program KKPPL ke luar negeri, padahal program ini sangat relevan dalam meningkatkan kualitas professional calon tenaga pendidik guru di era AEC sekarang ini dan terutama dalam memperluas cakupan kerjasama Universitas dengan berbagai instansi terkait baik dalam negeri maupun luar negeri.

Adapun tujuan dari pelaksanaan program kerjasama ini adalah meningkatkan pengalaman international dosen melalui kehadiran dosen dalam forum-forum internasional seperti international workshop, conference atau seminar termasuk joint dengan program international visiting lecturer, teacher and practitioner, adjunk professor, meningkatkan pengalaman international mahasiwa melalui pelaksanaan KKPPL ke luar negeri dalam bingkai kerjasama antara FKIP UNEJ dengan EIS Thailand, serta untuk meningkatkan profesionalisme calon tenaga pendidik guru FKIP UNEJ sehingga siap dalam merebut pasar kerja baik dalam maupun luar negeri.

Dalam rangka terwujudnya tujuan yang diharapkan tersebut akan dilakukan beberapa mekanisme sebagai berikut:

  1. Mengembangkan MoA dengan EIS School Thailand
  2. Merekrut calon peserta baik mahasiswa atau guru EIS sebanyak 15-21 orang
  3. Menerima 15-21 visiting teachers untuk menjadi fasilitator atau co-teaching dalam program tutorial pada kelas perkuliahan dosen, termasuk melaksanakan aktivitas micro peer teaching.
  4. Mengirim 15-21 mahasiswa FKIP untuk melakukan KKPPL dalam kelas pembelajaran di sekolah dasar atau di sekolah menengah.
  5. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan aktivitas reciprocal exchange program ini dengan ketentuan setiap 3 orang mahasiswa/guru dievaluasi oleh satu orang dosen/kepala sekolah.

Gambar 1. Dekan FKIP Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D. memberi sambutan MoA antara EIS Thailand dengan FKIP UNEJ

Gambar 2. Simbolisasi penyerahan MoA antara EIS Thailand dengan FKIP UNEJ

Gambar 3. Foto bersama EIS Thailand dan FKIP UNEJ

About fkip2015

Check Also

ICONSSED Pionir Seminar Internasional di FKIP

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember menyelenggarakan Konferensi Internasional Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam ...

Translate »