BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / Mahasiswa Pendidikan Biologi Melakukan Research Group ke Jepang

Mahasiswa Pendidikan Biologi Melakukan Research Group ke Jepang

Mahasiswa Berkarya FKIP UNEJ-Raut wajah sumringah terpancar di wajah Ria Yulian yang biasa disapa Ria saat ditemui di ruang alumni FKIP UNEJ. Mahasiswi Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2015 itu beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 20 oktober 2018 baru saja sampai kembali ke Indonesia bersama dengan Fiqih Ramadhan kakak tingkatnya angkatan 2014 yang sekarang sudah lulus. Setelah mereka selama sebulan lamanya melakukan Research Group di Hiroshima University, Jepang. Ya, dengan usahanya yang gigih dalam belajar akhirnya 20 September 2018 lalu mereka berangkat ke Jepang untuk melakukan research group sebagai bentuk kerja sama antara Dosen Universitas Jember dengan Dosen Hiroshima University.

Mereka mendapat kesempatan untuk melakukan research dan belajar di Fakultas Biotech Hiroshima University. “Sebuah pengalaman yang akan selalu terkenang, dan berharap bisa melanjutkan S2 disana” Terang Ria dengan bersemangat pada saat diwawancarai.

Sebulan di negeri matahari terbit, banyak hal yang membuat Ria begitu terkesan dengan negeri yang sering disebut juga dengan negeri samurai biru itu. Mulai dari budaya, kebiasaan orang-orang disana, sampai perkembangan teknologi dan sosial masyarakatnya. “Banyak hal yang membuat saya merefleksikan kehidupan di sana dengan di sini, dari etos kerja manusianya yang sangat tinggi dibarengi dengan kedisiplinan, selain perkembangan teknologi yang memang sudah diketahui khalayak luas bahwa Jepang sangat maju. Ada hal yang membuat saya malu berkaitan dengan teknologi disana, disana serba otomatis dan saya tidak tahu sehingga kadang untuk menghidupkan lampu mencari tombol manual seperti dirumah padahal lampu itu menggunakan sensor.” Jelasnya sambil tersenyum.

Berbeda dengan di Indonesia yang kebanyakan perkuliahan dilaksanakan berbasis pembelajaran tatap muka dan teori. Di sana (Jepang) lebih difokuskan pada research. “Jadi perkuliahannya ya research itu.” Tegasnya.

Berkaitan dengan keinginannya untuk melanjutkan S2 disana, Ria akan berusaha keras untuk mewujudkannya. (momo/adp)

About berkarya

Check Also

Mahasiswa FKIP Sabet Juara 1 Lomba Fotografi Milenial Islami Tingkat Nasional

Hofi Hanan Arasyid merupakan salah satu dari sekian ribu mahasiswa di Universitas Jember Fakultas Keguruan ...

Translate »