Home / Berita / Terobosan KKPLP FKIP Unej di Tengah Pandemi

Terobosan KKPLP FKIP Unej di Tengah Pandemi

TEGALBOTO.RADARJEMBER.ID – Kuliah Kerja Pengenalan Lapangan Persekolahan (KKPLP) yang dilakukan rutin setiap tahunnya, nyatanya tetap diselenggarakan oleh FKIP Universitas Jember. Di tengah pandemi seperti ini, terobosan-terbososan dari civitas academica terus dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan virtual yang marak digunakan.

Sebanyak 1.266 mahasiswa diterjunkan ke 131 sekolah di berbagai wilayah. Penerjunan tersebut dilakukan secara simbolis dan daring yang diikuti oleh perwakilan tim sekolah dan lembaga. Berlokasi di lantai 2 Gedung FKIP Unej, sebanyak 12 mahasiswa mengikuti penerjunan simbolis tersebut.

 

Penerjunan resmi dilakukan dengan simbol pemakaian jas almamater oleh Dekan FKIP Unej, Prof. Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D kepada perwakilan mahasiswa. “Mahasiswa yang datang hari ini adalah perwakilan dari 12 program studi yang dimiliki FKIP Unej,” terangnya.

Wilayah tugas dari mahasiswa merupakan arahan dari fakultas, baik memilih wilayah sendiri atau melakukan kegiatan di kampung halaman masing-masing. Ada 19 tempat yang terdata menjadi lokasi penerjunan. Terbanyak dari Jember, disusul Banyuwangi serta wilayah lainnya seperti Surabaya, Ngawi, Ogan Komering Ulu Timur hingga negara Thailand.

 

Pada kesempatan itu, Prof Dafik juga menyebutkan bahwa situasi pandemi saat ini bukan untuk membatasi program. Namun adapun manfaat dari acara ini di tengah pandemi, kesadaran teknologi tentu semakin tinggi. Selain itu, para mahasiswa dituntut untuk mampu menghadapi berbagai masalah yang timbul dengan adanya masa pandemi ini, khususnya dalam pendidikan.

“Saat pagi, mereka bertugas untuk membantu dan memberikan penyelesaian masalah di sekolah sebagai guru penggerak. Setelah itu mereka akan membantu penggerak di daerahnya masing-masing sebagai tokoh penggerak,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkap oleh Kepala Lab Laboratium KKPLP Dr. Slamet Hariyadi M.Si. Kegiatan ini, kata dia, berbeda dengan kegiatan sebelumnya. “Biasanya hanya penerjunan di beberapa wilayah Jember saja. Namun dengan cara seperti ini maka wilayah yang dilakukan KKPLP lebih luas, hingga nasional bahkan luar negeri,” jelasnya.

 

Selain melakukan kegiatan, mahasiswa juga dituntut untuk aktif dalam media sosial. Melalui YouTuBe Channel milik FKIP Unej, para mahasiswa akan mengirim hasil kegiatannya dalam sebuah konten untuk diunggah dan menjadi laporan serta membagikan informasi ke khalayak luas. (kl)

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Pradini Anjar Agustin
Fotografer: Pradini Anjar Agustin

sumber : https://radarjember.jawapos.com/berita-daerah/jember/07/08/2020/terobosan-kkplp-fkip-unej-di-tengah-pandemi/

About kkplp

Check Also

FKIP UNEJ menerjunkan 1264 Mahasiswa KKPLP, Ini 3 Tantangan besar yang harus dihadapi

  Penapijar.com – Semester gasal kali ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (FKIP ...

Skip to toolbar