Home / Berita / Webinar, Joint Workshop FKIP UNEJ dan FKIP UNS “Pengembangan Kurikulum PT Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka”

Webinar, Joint Workshop FKIP UNEJ dan FKIP UNS “Pengembangan Kurikulum PT Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka”

Munculnya merdeka belajar kampus merdeka. Dilatar belakangi oleh prubahan kemajuan IPTEK yang sangat cepat, tidak ada satu pekerjaan yang cukup dilayani satu disiplin ilmu. Sehingga perguruan tinggi harus mampu merespon dengan cepat.  Secara teknis harus menyiapkan dokumen kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Yang erlu diperhatikan adalah dalam konsep perkeembangan kurikulum adanya fleksibilitas kurikulum.  Apakah selama ini kurikulum yang disiapkan apakah mengakomodasi lulusan yang dihasilkan. Masing-masing program studi sudah diyakini mewadahi semua itu. Di dalam buku panduan sudah ada, 3 semester diberi kesempatan untuk lintas bidang studinya. Urutan penyusunan kurikulum sudah ada panduannya. Kajian IPTEK, Visi, Misi keilmuan juga harus ada dan diperhatikan dalam menyusun profil lulusan.

Kurikulum Perguruan Tinggi dari waktu ke waktu mengalami perubahan. Pada lampiran Permendikbud No 3 tahun 2020 tergambar dengan jelas kualifikasi masing-masing level. Minimal ada 4 elemen yang harus diperhatikan dalam penyusunan Kurikulum Kampus Merdeka. Kampus merdeka banyak terkait dengan OTK, Suprasetruktur infrastruktur. Target sasaran mahasiswa, bagaimana kurikulum ini bersifat umum dan dapat melibatkan banyak mahasiswa. Fokus dalam elemen dari merdeka belajar adalah elemen yang tidak dilakukans elama ini misalnya wirausaha, proyek independen, proyek kemanusiaan.  Bagaimana mengekuivalensi dan mengintegrasikan dalam kurikulum prodi. Bagaimana mengintegrasikan ketiga literasi, literasi data, eknologi dan kemanusiaan dalam kurikulum belajar. Bagaimana mengembangkan kurikulum merdeka belajar dengan mengedepankan terwujudnya excellency dibandingkan link and match. Lebih kepada mewujudkan university scholar yaitu mencetak guru profesional dan peneliti profesional.

Pertukaran pelajar bisa dilakukan pada kurikulum baru yaitu merdeka belajar kampus merdeka. Kampus merdeka yang masih di godok di UNS meliputi “Model Blok Pembelajaran di luar PT. Pembelajarn di luar Prodi dalam PT mulai dari semester 4. Semester 5 bisa dilakukan pembelajaran di luar PT. Kurikulum baru ini sebenarnya merupakan suatu peluang bukan tantangan, kalau kita cermati, dalam hal siswa, siswa hanya menerima paket kurikulum yang sudah dikemas, untuk berikutnya mahasiswa bisa menentukan pola-pola yang bisa menguatkan CPL yang sudah dirumuskan masing-masing prodi. Dalam perspektif kurikulum, sekarang linier, kampus merdeka kita diberi peluang untuk menyusun kurikulum yang merdeka dan fleksibel. Dalam hal akademik, diberikan peluang untuk memberikan soft skil dan penguatan karakter.  Jadi sebebas apapun kampus, kita perlu pertanggung jawabkan kurikulum kita. Minimal ada CPMK dan learning outcome. FKIP UNEJ merupakan mitra FKIP UNS. Sehingga nanti diharapkan akan terjalin kolaborasi yang bermanfaat bagi kedua fakultas.

 

About berkarya

Check Also

FKIP UNEJ menerjunkan 1264 Mahasiswa KKPLP, Ini 3 Tantangan besar yang harus dihadapi

  Penapijar.com – Semester gasal kali ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (FKIP ...

Skip to toolbar