Home / Berita / Webinar Kerjasama FKIP UNEJ dengan PGRI Kabupaten Banyuwangi “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Daring Dimasa Pandemi Covid-19”

Webinar Kerjasama FKIP UNEJ dengan PGRI Kabupaten Banyuwangi “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Daring Dimasa Pandemi Covid-19”

Pembelajaran daring saat ini merupakan pembelajaran era digital. Persiapan perlu dilakukan oleh guru untuk menghadapi perubahan-perubahan yang ada. Kebanyakan guru masih belum terfokus mengajar. RPP saat ini dibuat sederhana, yang isinya berupa identifikasi permasalahan di kelas kemudian guru mencari solusi atas permasalahan tersebut. Harapan RPP sederhana adalah memfasilitasi bakat minat siswa dan sekaligus memotivasi belajar siswa.

UN Pemetaan kompetensi minimum. Tidak lagi kompetensi pada substansi tetapi pada numerasi dan literasi. Salah satu contoh kebiasaan menulis. Terkait merdeka belajar, jadi seorang guru diharapkan dapat mengadaptasi life long learning. Mencari Ilmu adalah sesuatu yang otomatis. Dengan demikian tugas guru tidak hanya mengajar tetapi juga meneliti.

Derivasi Merdeka belajar dalam pendidikan secara umum yaitu lingkungan belajar yang merdeka, manajemen sekolah yang merdeka, kurikulum yang merdeka. Literasi baru yang perlu disiapkan dalam menghadapi era revlusi industri 4.0 adalah literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Transformasi habit guru penggerak dalam merdeka belajar yaitu guru sebagai producer bukan hanya downloader. Sifat dasar yang harys dimiliki guru yaitu harus menghindari sentralistik, monolistik dan uninformitas.

 

 

About berkarya

Check Also

Istighotsah dan Do’a Bersama Peduli Gempa/Tsunami Palu dan Donggala

Mahasiswa Berkarya FKIP UNEJ- Keluarga besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember mengadakan kegiatan ...