Home / Berita / Kegiatan Webinar KKPLP Seri 2 “Model Pelaksanaan KKPLP di Masa Pandemi Covid-19”

Kegiatan Webinar KKPLP Seri 2 “Model Pelaksanaan KKPLP di Masa Pandemi Covid-19”

Kegiatan Webinar KKPLP Seri 2 “Model Pelaksanaan KKPLP di Masa Pandemi Covid-19”

 

Sambutan Sekaligus Arahan dari Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D.

Pengembangan Proses Pembelajaran Berbasis Hypermedia dalam Pembelajaran Daring. Di era pandemic covid seperti ini kita membutuhkan literasi yang baru dan media atau platform yang baru kita kenal saat ini, misalnya Zoom, GM, BBB, Mahasiswa harus memiliki berbagai literasi baru misalnya, data teknologi dan manusia. Nadiem telah mengeluarkan buku saku panduan merdeka belajar kampus merdeka. Kampus merdeka misalnya pembukaan prodi baru berdasarkan pada Permendikbud No 7 tahun 2020 dan Permendikbud No.3 Tahun 2020. Kemudian ada pula perguruan tinggi negeri berbadan hukum. Terkait itu pula dalam standar proses dalam merdeka belajar yaitu melakukan magang dan mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, wirausaha, dan studi proyek lainnya.

Untuk FKIP Negeri yang tergabung dalam Forkom SeIndonesia yang diberlakukan di FKIP ternyata magang di Sekolah sudah banyak dilakukan termasuk proyek-proyek di desa. Pertukaran pelajar selalu dilakukan oleh FKIP hampir setiap tahun. Proyek kemanusiaan yang perlu ditingkatkan apalagi di era pandemic Covid-19 seperti ini. Yang dipersiapkan dalam menghadapi merdeka belajar yaitu rekognisi dan ekuivalensi. Yang akan dilakukan sekarang adalah khusus meredeka belajar yaitu kemerdekaan untuk melakukan PLP/KKPLP secara daring, karena kalau ditunda maka akan tidak terwujud ketuntasan belajar anda tidak optimal. FKIP akan memberikan pengalaman belajar yang lebih fleksibel oada mahasiswa dalam kurikulum berbasis research, memberikan fleksinilitas untuk mengadakan KKPLP Tematik berbasis daring, memfasilitasi siswa melakukan magang dan memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan riset dalam lab, sekolah atau perusahaan masyarakat. Penguasaan terhadap konten, hardware, software, network dan strategi interaksi.

Materi dari Prof. Dr. Joko Waluyo, M.Si.

Kiat sukses melakukan KKPLP berbasis daring, meliputi niat yang terdiri dari sabar, rajin dan konsisten/Persisten. Kiat sukses kedua yaitu rencana meliputi actionplan, setelah itu mempunya keterampilan yang mengharuskan mahasiswa terus berlatih, meliputi teknik berpikir, membaca dan menulis, yang terakhir yaitu perjuangan. Prinsip sukses salah satunya berpakaian sopan dan profesional, menjalin komunikasi yang baik dengan guru pamong , murah senyum, berbicara dengan intonasi yang jelas, tegas dan lugas. Selipkan humor, punya rasa tanggung jawab dan menjalin hubungan yang baik dengan staf dan guru.

Apa saja persiapan dalam melaksanakan KKPLP Daring yaitu koordinasi dengan guru pamong, sesamateman, materi yang diajarkan, media yang digunakan, laptop pulsa dan paket data serta menguasai berbagai macam media daring serta yang tidak kalah penting yaitu disiplinkan diri. Sumber belajar meliputi bahan ajar cetak dan non cetak.

 Materi dari Dr. Slamet Hariyadi, M.Si.

Teknis KKPLP Daring, setiap mahasiswa wajib melakukan KKPLP, tidak terkecuali pada masa pandemic Covid-19. Diawali dengan latar belakang KKPLP berbasis daring ialah dengan masih naiknya seseorang yang positif covid-19. Untuk itu pembelajaran tatap muka mungkin belum bisa dilakukan, dan banyak yang memilih online ada pula sekolah yang memilih untuk kombinasi, one teacher one student dan dipantau via online oleh guru-guru yang lain. KKPLP FKIP Unej akan di rancang dalam bentuk metode daring. Pendataan awal sudah dilakukan sehingga kita nanti bisa merancang sekolah mana saja yang akan ditempati.

 

About berkarya

Check Also

FKIP UNEJ menerjunkan 1264 Mahasiswa KKPLP, Ini 3 Tantangan besar yang harus dihadapi

  Penapijar.com – Semester gasal kali ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (FKIP ...

Skip to toolbar