Laboratorium KKPLP

KKPLP adalah mata kuliah berpraktik yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa program sarjana FKIP dengan bobot 3 SKS.

Tujuan KKPLP adalah meliputi:

  1. Mengasah kompetensi mahasiswa FKIP Universitas Jember sebagai calon pendidik profesional sesuai bidang keilmuannya.
  2. Mengasah kepekaan dan kepedulian mahasiswa FKIP Universitas Jember dalam membantu menyelesaikan permasalahan di sekolah atau di Lembaga Pendidian Non-Formal dan di masyarakat sekitarnya.
  3. Mengasah kompetensi leadership dan enterpreneurship mahasiswa FKIP Universitas Jember melalui praktik membantu menyelesaikan permasalahan di sekolah formal atau pendidikan non-formal dan di masyarakat baik di bidang pendidikan masyarakat, lingkungan, dan ekonomi kreatif secara komprehensif.

Sasaran
Sasaran pelaksanaan kegiatan KKPLP Tematik Daring adalah seluruh peserta didik di Sekolah atau di Lembaga Non-Formal dan masyarakat di tempat tinggal atau domisili mahasiswa.

Ruang Lingkup Kegiatan KKPLP Tematik Daring
Ruang lingkup program KKPLP Tematik Daring terdiri dari program mengajar (PLP) secara Daring (meliputi semua tugas guru, baik tugas akademik maupun administrasi) dan program Kuliah Kerja (KK) di kampung halaman masing-masing atau di sekitar tempat tinggal saat pelaksanaan PLP.

Program Kegiatan Belajar Mengajar
Program kegiatan belajar mengajar merupakan implementasi dari program PLP-2 yang bertujuan menyiapkan kemampuan awal calon pendidik sesuai bidang keilmuan mahasiswa. Kegiatan ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Guru Pamong (GP). Selanjutnya tahapan pelaksanaan program mengajar adalah:
a. Tahap pengenalan civitas akademika sekolah
b. Tahap magang mengajar
c. Praktik mengajar terbimbing
d. Praktik mengajar mandiri
e. Ujian praktik mengajar

Di akhir program mahasiswa wajib membuat satu produk video pembelajaran yang paling baik, kreatif dan inovatif untuk diupload pada channel youtube FKIP Universitas Jember

Program KK
Program KK merupakan bentuk Kuliah Kerja dengan program kerja fokus pada bantuan gugus covid 19 atau unit yang setara dengan fokus pada salah satu dari 3 aspek, yaitu
a. Bidang pendidikan masyarakat.
b. Bidang ekonomi kreatif.
c. Bidang lingkungan.
Setiap bidang tersebut selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk program kerja riil berbasis masalah di masyarakat sekitar rumah. Penyusunan program kerja KK diharapkan tidak membebani pembiayaan di luar kemampuan mahasiswa.

Mitra Kerja Program KKPLP Tematik Daring
Sebagai upaya untuk memperlancar pelaksanaan program, mahasiswa disarankan untuk membangun jejaring kerjasama dengan instansi/lembaga terkait baik pemerintah maupun swasta dan masyarakat yang direkomendasikan oleh Gugus Covid-19 setempat atau unit yang setara. Lembaga/instansi terkait, antara lain:

  1. Terkait dengan bidang pendidikan masyarakat antara lain: Dinas Pendidikan, Lembaga Bimbingan Belajar, UPTD/Satkorwil, dan lembaga sejenis.
  2. Terkait bidang kewirausahaan dan ekonomi kreatif antara lain: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Koperasi, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, Perbankan, dan lembaga sejenis.
  3. Terkait bidang lingkungan antara lain: Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Dinas Pariwisata, dan lembaga sejenis.