Jember, 7–9 November 2025. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember menyelenggarakan Lokakarya Pengembangan Instrumen untuk Memenuhi Passing Grade Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung Dekanat Lantai 2 FKIP UNEJ, berlangsung dengan suasana penuh semangat kolaborasi antara dosen, praktisi, HMP PGPAUD, dan pemangku kepentingan pendidikan anak usia dini di wilayah Jember. Kepanitian lokakarya ini diketuai oleh Nur Fatwikiningsih, S.Psi., M.Psi., Psikolog, dengan dukungan Siti Zulaikhah, M.A. sebagai sekretaris, serta Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. dan Dyah Mustika Kusuma Winahyu, M.Pd. sebagai anggota tim pelaksana.

Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat relevansi kurikulum dan instrumen CPL PGPAUD FKIP UNEJ dengan standar nasional dan kebutuhan dunia kerja guru PAUD di masa depan. Peserta lokakarya meliputi dosen PGPAUD UNEJ, alumni, Himpunan Mahasiswa PGPAUD (HMP PGPAUD), serta guru dan kepala sekolah mitra dari berbagai lembaga PAUD di wilayah Jember dan sekitarnya. Kolaborasi lintas pihak ini diharapkan mampu menghasilkan instrumen capaian pembelajaran yang lebih komprehensif dan aplikatif.

Pada hari kedua, lokakarya menghadirkan narasumber Dr. Wujiati, M.Pd., perwakilan dari Badan Akreditasi Nasional PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Jawa Timur. Dalam paparannya, Dr. Wujiati menekankan pentingnya penyusunan kurikulum PGPAUD yang profesional dan berbasis standar kompetensi guru PAUD sesuai dengan Perdirjen GTK Kemdikbudristek No. 2026/B/HK.04.01/2023.

“Kurikulum PGPAUD harus mempersiapkan lulusan yang memenuhi model kompetensi guru PAUD pada level 5 yang meliputi aspek pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Hal ini mencakup pengetahuan, keterampilan teknis dan nonteknis, sikap, serta budaya kerja yang unggul,” jelas Dr. Wujiati.

Lebih lanjut, Dr. Wujiati juga menegaskan bahwa lulusan PGPAUD harus mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, melaksanakan pembelajaran secara konsisten dengan rencana, serta melakukan evaluasi faktual sesuai kondisi anak usia dini. Menghadapi perubahan kurikulum yang sering terjadi di Indonesia, guru PAUD perlu memiliki kompetensi adaptif dan karakter kuat.

“Kurikulum PGPAUD tidak hanya berorientasi pada keterampilan mengajar, tetapi juga pembentukan kepribadian guru yang mulia, arif, berwibawa, dan mampu menjadi teladan bagi anak usia dini,” tambahnya.

Melalui kegiatan ini, PGPAUD FKIP Universitas Jember menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan guru PAUD agar dapat meluluskan pendidik yang profesional, berkarakter, dan siap bersaing di tingkat nasional maupun global.

Nur Fatwikiningsih, S.Psi., M.Psi., Psikolog