Selamat Datang
di Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Koordinator Program Studi:
Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.
Pembukaan Program Studi S1 Pendidikan Geografi menjadi salah satu upaya UNEJ agar mampu mengoptimalkan potensi pertanian industrial di Wilayah Eks. Karisidenan Besuki dan Lumajang. Pendidikan Geografi akan memberikan kontribusi terhadap kajian pertanian industrial dalam bidang Ilmu Kependidikan dan Ilmu Geografi. Dalam bidang Ilmu Kependidikan, Program Studi S1 Pendidikan Geografi akan memberi kontribusi dalam bentuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan pertanian industrial berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sumber belajar di sekolah-sekolah se-Eks. Karisidenan Besuki dan Lumajang.
Pertanian Industrial berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) menjadi ciri khas Program Studi S1 Pendidikan Geografi FKIP-UNEJ. Ciri khas tersebut tidak terlepas dari potensi pertanian tembakau dan kakao terbesar di Indonesia yang terletak di wilayah Jember. Ciri khas tersebut menjadi keunggulan yang tidak dimiliki oleh Program Studi S1 Pendidikan Geografi pada Perguruan Tinggi lain di Indonesia. Keunggulan Program Studi S1 Pendidikan Geografi juga sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang agraris.
Jumlah Program Studi S1 Pendidikan Geografi yang hanya ada 2 di wilayah Jawa Timur menjadi pendorong perlu dibukanya Program Studi S1 Pendidikan Geografi di FKIP UNEJ. Letak Geografis UNEJ yang berada di wilayah timur dari Provinsi Jawa Timur akan menjadi pembeda jika dibandingkan dengan kedua program studi lain yang letaknya berdekatan (Surabaya dan Malang). Keberadaan Program Studi S1 Pendidikan Geografi FKIP-UNEJ akan mengangkat potensi pertanian industrial berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dimiliki oleh wilayah eks. Karisidenan Besuki dan Lumajang sebagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh 2 Program Studi S1 Pendidikan Geografi lainnya di Provinsi Jawa Timur.
Program Studi S1 Pendidikan Geografi masuk ke dalam Jurusan Pendidikan IPS FKIP-UNEJ yang saat ini telah terdapat Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Sejarah, dan S2 Pendidikan IPS. Hal tersebut didasari oleh Kurikulum pada jenjang Sekolah Menengah Atas yang memasukkan mata pelajaran geografi ke dalam rumpun Ilmu Sosial. Selain itu, fokus utama Program Studi S1 Pendidikan Geografi menghasilkan Guru SMA Bidang Studi Geografi FKIP-UNEJ sebagai alasan masuk ke dalam Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) FKIP-UNEJ.
Program studi S1 Pendidikan Geografi berdiri pada tahun 2017 dibawah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember dengan Nomor SK pendirian 231/KPT/I/2017 dan tanggal pendirian 28 April 2017. Program studi S1 Pendidikan Geografi melaksanakan pembelajaran di Gedung Perkuliahan utama yaitu Gedung 1 FKIP Universitas Jember. Selain Gedung Perkuliahan, Prodi Pendidikan Geografi sudah dilengkapi dengan fasilitas Ruang Laboratorium Geografi Fisik, Ruang Laboratorium Sistem Informasi Geografi dan , Laboratorium Pengajaran Mikro.
1.Visi Prodi
Visi program studi (S1) Pendidikan Geografi FKIP UNEJ yaitu “Sebagai Program Studi Unggulan di Indonesia dalam Pengembangan Pendidikan Geografi Berwawasan Lingkungan dan Pertanian Industrial Berbasis Sistem Informasi Geografis”
2. Misi Prodi
- Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi sesuai dengan perkembangan kebutuhan di bidang Pendidikan Geografi dan Ilmu Geografi,
- Melaksanakan penelitian yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan inovasi di bidang Pendidikan Geografi serta menjadi rujukan, baik skala nasional maupun internasional,
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung program bidang Pendidikan Geografi dan Ilmu Geografi,
- Mengembangkan sainstek yang mendukung pengembangan bidang Pendidikan Geografi, Ilmu Geografi dengan berdasarkan wawasan lingkungan dan pertanian industrial berbasis Sistem Informasi Geografis.
- Menjalin kerjasama dengan instansi terkait dengan pendidikan dan bidang keilmuan geografi, pengabdian, dan penelitian baik di dalam negeri maupun luar negeri.
3. Tujuan Prodi Pendidikan Geografi:
- Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air serta memiliki kompetensi sesuai dengan perkembangan kebutuhan di bidang Pendidikan Geografi dan Ilmu Geografi.
- Unggul dalam Pembelajaran Geografi dan ilmu Geografi dan mampu menerapkannya pada pembelajaran serta permasalahan geografi yang berwawasan lingkungan dan Pertanian Industrial Berbasis Sistem Informasi Geografis.
- Terampil dan inovatif dalam menerapkan pembelajaran geografi dan ilmu geografi serta mampu melanjutkan studi pada pembelajaran geografi dan ilmu geografi maupun bidang lain yang terkait
- Mampu mengikuti perkembangan SAINTEK berbasis Informasi Geospasial yang mendukung pembelajaran geografi dan Ilmu Geografi.
4. Strategi Pencapaian Prodi
Strategi pencapaian tujuan Prodi Pendidikan Geografi mengacu kepada strategi dasar FKIP maupun Universitas Jember, yang terdiri darii:
- Membangun collegial work;
- Mengembangkan tata kelola yang transparan dan akuntabel;
- Merevitalisasi unit penyelenggara kegiatan tridarma;
- Mengembangkan akses tridarma bagi sivitas akademika dan stakeholders; dan
- Mengembangkan kerjasama operasional dan kerjasama manajemen.
1.Program
Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Jember merupakan program studi jenjang strata 1 (S-1) / Sarjana. Selain itu, juga mempersiapkan penyelenggaraan program PPG dalam Jabatan dan Prajabatan.
2. Struktur Kurikulum dan Masa Studi
a. Struktur Kurikulum
Strategi pengembangan kurikulum program studi pendidikan geografi FKIP UNEJ dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: Studi banding, Survey lapangan (market signal), Evaluasi kurikulum, Desain kurikulum, Penyusunan perangkat pembelajaran, Uji publik dan Implementasi kurikulum MBKM geografi.
Pertanian Industrial berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) menjadi ciri khas Program Studi S1 Pendidikan Geografi FKIP-UNEJ. Ciri khas tersebut tidak terlepas dari potensi pertanian tembakau dan kakao terbesar di Indonesia yang terletak di wilayah Jember. Ciri khas tersebut menjadi keunggulan yang tidak dimiliki oleh Program Studi S1 Pendidikan Geografi pada Perguruan Tinggi lain di Indonesia. Keunggulan Program Studi S1 Pendidikan Geografi juga sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang agraris.
Matakuliah Prodi S1 Pendidikan Geografi yang disusun telah disesuaikan dengan standar kompetensi lulusan berdasarkan KKNI, visi dan misi universitas, standar pembelajaran geografi dari Standart Geography Education 1994, dan UNESCO Source Book for the Teaching of Geography yang berorientasi pada visi dan misi program studi untuk pemenuhan kebutuhan stakeholder. Pemenuhan kebutuhan stakeholder dilakukan melalui survei lapangan di wilayah Kabupaten Jember dan sekitarnya serta kegiatan workshop kurikulum.
Total SKS minimum yang harus ditempuh oleh lulusan Prodi S1 Pendidikan Geografi adalah 146 SKS. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi Pasal 5, perbandingan kompetensi dengan beban SKS. Kriteria presentase kompetensi yang ditetapkan dari Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 meliputi: (1) Kompetensi Utama sebesar 40-80%; (2) Kompetensi Pendukung sebesar 20-40%; dan Kompetensi Lainnya sebesar 0-30%. Rincian kompetensi matakuliah Prodi S1 pendidikan geografi secara eksplisit mencakup: Matakuliah Kurikulum Pendidikan Geografi 118 SKS (40-80%), Matakuliah Kurikulum Institusional Universitas 16 SKS (20-40%), dan Matakuliah Kurikulum Institusional Fakultas 12 SKS (0-30%).
Struktur kurikulum ditentukan berdasarkan tingkatan matakuliah wajib dan matakuliah pilihan. Matakuliah wajib adalah matakuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa sebelum menempuh matakuliah lain pada semester berikutnya, sedangkan matakuliah pilihan adalah matakuliah yang bukan wajib dan berhak dipilih oleh mahasiswa berdasarkan ketertarikan atau minat penelitian sesuai Kelompok Riset (KeRis) program studi dan road map penelitian program studi. Matakuliah pilihan terbagi dalam dua KeRis studi yaitu “KeRis Basis Data Sistem Informasi Geografis serta Pengajarannya” dan “KeRis geografi terpadu serta pengajarannya.”
No | Semester |
Kode Mata Kuliah |
Nama Mata Kuliah | Bobot Kredit (sks) |
Total | ||
Kuliah/ Responsi/ Tutorial |
Seminar | Praktikum/ Praktik/ Praktik Lapangan | |||||
1 | I | MPK9006 | Pendidikan | 2 | 2 | ||
2 | MPK9007 | Bahasa | 2 | 2 | |||
3 | KPU3301 | Pengantar | 2 | 2 | |||
4 | KPU3303 | Profesi | 2 | 2 | |||
5 | KPG1101 | Pengantar | 3 | 3 | |||
6 | KPG1201 | Kartografi | 2 | 1 | 3 | ||
7 | KPG1102 | Geologi | 2 | 1 | 3 | ||
8 | KPG1103 | Geomorfologi | 2 | 1 | 3 | ||
9 | II | MPK9001 | Pendidikan Agama Islam | 2 | 2 | ||
10 | MPK9002 | Pendidikan Agama Kristen Protestan | 2 | ||||
11 | MPK9003 | Pendidikan Agama Kristen Katolik | 2 | ||||
12 | MPK9004 | Pendidikan Agama Hindu | 2 | ||||
13 | MPK9005 | Pendidikan Agama Budha | 2 | ||||
14 | UNU9001 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | |||
15 | KPU3308 | Pendidikan Teknologi Informasi | 2 | 2 | |||
16 | KPU3302 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | 2 | |||
17 | KPU3307 | Bahasa Inggris | 2 | 2 | |||
18 | KPG1202 | Demografi | 2 | 1 | 3 | ||
19 | KPG1203 | Meteorologi dan Klimatologi | 2 | 1 | 3 | ||
20 | KPG1204 | Hidrologi | 2 | 2 | |||
21 | KPG1305 | Geologi Indonesia | 2 | 2 | |||
22 | KPG1205 | Sosiologi | 2 | 2 | |||
23 | KPG1206 | Pengenalan Bentang Lahan | 2 | 2 | |||
24 | III | KPU3306 | Pendidikan Lingkungan Hidup | 2 | 2 | ||
25 | KPG1302 | Geomorfologi Indonesia | 2 | 2 | |||
26 | KPG1303 | Geografi Tanah | 2 | 1 | 3 | ||
27 | KPG1313 | Geografi Pariwisata | 2 | 2 | |||
28 | KPG1306 | Geografi Budaya | 2 | 2 | |||
29 | KPG1307 | Geografi Sosial | 2 | 2 | |||
30 | KPG1316 | Geografi Transportasi | 2 | 2 | |||
31 | KPG1309 | Strategi Belajar dan Mengajar Bidang Studi | 2 | 2 | |||
32 | KPG1310 | Bahasa Inggris Profesi | 2 | 2 | |||
33 | KPG1319 | Oceanografi | 2 | 2 | |||
34 | KPU3309 | Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I | 1 | 1 | 2 | ||
35 | IV | KPU3304 | Belajar dan Pembelajaran | 2 | 2 | ||
36 | KPG1504 | Geografi Konservasi dan rehabilitasi Lahan | 2 | 2 | |||
37 | KPG1401 | Geografi Penduduk | 2 | 2 | |||
38 | KPG1402 | Geografi Hewan dan Tumbuhan | 2 | 2 | |||
39 | KPG1403 | Geografi Desa dan Kota | 1 | 1 | 2 | ||
40 | KPG1404 | Penginderaan Jauh | 3 | 3 | |||
41 | KPG1405 | Geografi Ekonomi | 2 | 2 | |||
42 | KPG1406 | Statistik | 2 | 2 | |||
43 | KPG1407 | Kosmografi | 1 | 1 | 2 | ||
44 | KPG1408 | Pengukuran dan Hasil Proses Bentang Lahan | 2 | 2 | |||
45 | KPG1501 | Geografi Regional Dunia | 3 | 3 | |||
46 | V | KPU3305 | Pengantar Manajemen dan Kewirausahaan | 2 | 2 | ||
47 | KPG1503 | Sistem Informasi Geografi | 3 | 3 | |||
48 | KPG1508 | Metode Penelitian Pendidikan Geografi | 3 | 3 | |||
49 | KPG1607 | Pengembangan dan Telaah Kurikulum Bidang | 3 | 3 | |||
50 | KPG1606 | Analisis | 2 | 2 | |||
Kelompok Riset Basis Data Sistem | |||||||
51 | KPG1535 | Aplikasi SIG untuk Pertanian* | 1 | 1 | 2 | ||
52 | KPG1704 | Kartografi Tematik* | 2 | 2 | |||
53 | KPG1539 | Aplikasi SIG untuk Kesehatan* | 1 | 1 | 2 | ||
54 | KPG1538 | Aplikasi SIG untuk Kewilayahan* | 1 | 1 | 2 | ||
55 | KPG1614 | Penginderaan Jauh Untuk Vegetasi dan | 1 | 1 | 2 | ||
Kelompok Riset Geografi Terpadu Serta | |||||||
56 | KPG1502 | Geografi Lingkungan* | 2 | 2 | |||
57 | KPG1541 | Geografi Politik* | 2 | 2 | |||
58 | KPG1409 | Geografi Sumber Daya Alam* | 2 | 2 | |||
59 | KPG1543 | Sendimentologi* | 2 | 2 | |||
60 | KPG1544 | Geohidrologi * | 2 | 2 | |||
61 | VI | KPG1601 | Geografi | 2 | 2 | ||
62 | KPG1603 | Geografi | 2 | 2 | |||
63 | KPG1506 | Media | 2 | 2 | |||
64 | KPG1648 | Evaluasi | 2 | 2 | |||
65 | KPG1534 | Perencanaan | 2 | 2 | |||
66 | KPG1650 | Pengajaran | 2 | 2 | |||
Kelompok Riset Basis Data Sistem | |||||||
67 | KPG1710 | Pemodelan SIG* | 1 | 1 | 2 | ||
68 | KPG1654 | Manajemen Survei dan Pemetaan* | 1 | 1 | 2 | ||
69 | KPG1653 | Ekologi Spasial* | 2 | 2 | |||
70 | KPG1654 | Penginderaan Jauh untuk Kewilayahan* | 1 | 1 | 2 | ||
71 | KPG1602 | Geografi Kebencanaan* | 2 | 2 | |||
Kelompok Riset Geografi Terpadu Serta | |||||||
72 | KPG1656 | Teknik Analisis Demografi dan | 1 | 1 | 2 | ||
73 | KPG1657 | Perencanaan Tata Ruang dan Wilayah* | 2 | 2 | |||
74 | KPG1611 | Geografi Pertanian* | 2 | 2 | |||
75 | KPG1659 | Hidrologi Sungai, Danau, dan | 2 | 2 | |||
76 | KPG1705 | Survey Tanah, Erosi, dan Perencanaan | 1 | 1 | 2 | ||
77 | VII | KPG1721 | KKPLP | 3 | 3 | ||
78 | KPG1707 | Skripsi | 6 | 6 | |||
Jumlah | 146 |
b. Masa Studi
Beberapa ketentuan yang berhubungan dengan masa studi sebagai berikut:
- Masa studi secara resmi 4 (empat) tahun. Satu tahun akademisi terdiri atas 2 (dua) semester, yaitu semester gasal dan genap. Semester gasal dimulai pada bulan Agustus dan semester genap dimulai pada bulan Februari tahun berikutnya.
- Masa studi paling lama dibatasi 7 (tujuh) tahun. Apabila hingga batas studi mahasiswa belum lulus, kepada yang bersangkutan diberikan dispensasi perpanjangan studi dengan persetujuan dari Kaprodi dan Dosen Pembimbing Akademik dengan melampirkan kelengkapan yang diperlukan.
- Jika melampaui batas waktu yang ditentukan di atas, mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat menyelesaikan studi. Maka yang bersangkutan dinyatakan gugur dan semua kredit bidang studi yang sudah diselesaikan dinyatakan gugur (hangus).
- Cuti kuliah dapat diberikan kepada mahasiswa atas pertimbangan khusus Kaprodi Pendidikan Geografi dan Dekan FKIP Universitas Jember. Cuti kuliah maksimal 2 (dua) semester dan tidak diperhitungkan dalam masa studi. Ketentuan lebih lanjut tentang cuti kuliah terdapat dalam aturan cuti kuliah (konfirmasi ke Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).
Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 196706101992032002 : 0010066705 : tika.fkip@unej.ac.id : Guru Besar : Doktor : Pembelajaran Geografi |
Prof. Dr. Indarto, S.TP., DEA | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 19700101 199512 1001 : 0001017022 : indarto.ftp@unej.ac.id : Guru Besar : Doktor : Hidrologi |
Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 196006121987021001 : 0012066013 : bambangsoepeno@unej.ac.id : Guru Besar : Doktor : Geografi Manusia |
Prof. Dr. Suratno, M.Si. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 196706251992031003 : 0025066708 : suratno.fkip@unej.ac.id : Guru Besar : Doktor : Ilmu Lingkungan |
Drs. Yagus Wijayanto, MA.,Ph.D | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 196606141992011001 : 0014066602 : yaguswijayanto001@yahoo.com : Lektor Kepala : Doktor : Sistem Informasi Geografis |
Dr. Yushardi, S.S.i., M.Si., M.C.E. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 196504201995121001 : 0020046506 : yus_agk.fkip@unej.ac.id : Lektor : Doktor : Klimatologi |
Dr. Sri Kantun, M.Ed. (Purna Tugas) | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 195810071986022001 : 0007105802 : srikantun.fkip@unej.ac.id : Lektor Kepala : Doktor : Pembelajaran Geografi |
Muhammad Asyroful Mujib, S.Pd., M.Sc. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 198708192019031007 : 0019088706 : mujib@unej.ac.id : Asisten Ahli : Magister : Geografi Fisik |
Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Sc. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 199010182019032018 : 0018109003 : eraiswara@unej.ac.id : Asisten Ahli : Magister : Penginderaan Jauh |
Fahmi Arif Kurnianto, S.Pd., M.Pd. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 199009152019031019 : 0015099002 : fahmiarif.fkip@unej.ac.id : Asisten Ahli : Magister : Pembelajaran Geografi |
Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 198904302023211023 : 0030048904 : apriyanto.bejo@unej.ac.id : Asisten Ahli : Magister : Pembelajaran Geografi |
Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pd. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 199008302024211001 : 0030089003 : elan.fkip@unej.ac.id : Asisten Ahli : Magister : Pembelajaran Geografi |
Fahrudi Ahwan Ikhsan, S.Pd., M.Pd | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : – : 0019048905 : ahwan.fkip@unej.ac.id : Tenaga Pengajar : Magister : Pembelajaran Geografi |
Kurnia Maulidi Noviantoro, S.Pd.,M.Pd. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 198811062023211017 : 2106118802 : maulidinovan.fkip@unej.ac.id : Asisten Ahli : Magister : Pembelajaran Geografi |
Ana Susiati, S.Pd.,M.Pd. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 199003262022032004 : 0026039011 : anasusiati.fkip@unej.ac.id : Asisten Ahli : Magister : Pembelajaran Geografi |
Ir. Marga Mandala, MP., Ph.D. | NIP. NIDN. Jabatan Fungsional Gelar Akademik Bidang Keahlian | : 196211101988031001 : 0010116209 : idamandala.faperta@unej.ac.id : Lektor Kepala : Doktor : Geografi Tanah |
Berikut Sertifikat Akreditasi Program Studi (S1) Pendidikan Geografi
No | Nama Akreditasi | Nomor Sertifikat | Peringkat | Masa Berlaku | Sertifikat |
1 | Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi | BAN-PT No. 8318/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020 | Baik | 15 Desember 2020 – 15 Desember 2025 |
No. | Profil Lulusan | Deskripsi | Kemampuan Kerja Yang Harus Dimiliki | Kompetensi Pendukung |
1. | Pendidik Geografi | Menguasai ilmu geografi dan pembelajaran sebagai guru di sekolah SMA/MAN/SMK secara wilayah regional Indonesia | Mampu menjadi pemimpin kurikulum geografi, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dalam bidang pendidikan geografi. |
|
2. | Praktisi Bidang Kependidikan dan Ilmu Geografi | Analis yang bertanggung jawab dalam bidang kependidikan dan ilmu geografi untuk perencaan serta penataan ruang wilayah. | Menguasai kemampuan kependidikan dan ilmu geografi secara riset maupun integrasi dalam pembelajaran untuk penataan ruang wilayah |
|
3. | Kewirausahaan | Melaksanakan aktivitas usaha secara mandiri. | Mampu berwirausaha berbasis ilmu pendidikan geografi dan ilmu geografi. |
|
No | Nama Dosen | Google Scholar | Scopus |
1 | Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si. | Profil | Profil |
2 | Drs. Yagus Wijayanto, M.A., Ph.D. | Profil | Profil |
3 | Dr. Yushardi, S.Si., M.Si. | Profil | Profil |
4 | Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd. | Profil | Profil |
5 | Bejo Apriyanto, S.Pd, M.Pd. | Profil | Profil |
6 | Elan Artono Nurdin, S.Pd, M.Pd. | Profil | Profil |
7 | Fahmi Arif Kurnianto, S.Pd, M.Pd. | Profil | Profil |
8 | Fahrudi Ahwan Ikhsan, S.Pd, M.Pd. | Profil | Profil |
9 | Muhammad Asyroful Mujib, S.Pd., M.Sc | Profil | Profil |
10 | Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Sc | Profil | Profil |
11 | Prof., Dr. Indarto, S.TP., DEA. | Profil | Profil |
12 | Prof. Dr. Suratno, M.Si. | Profil | Profil |
13 | Ana Susiati, S.Pd.,M.Pd | Profil | Profil |
14 | Kurnia Maulidi Noviantoro, S.Pd.,M.Pd. | Profil | Profil |
15 | Ir. Marga Mandala, MP., Ph.D | Profil | Profil |
No. | Cover Jurnal | Keterangan Jurnal |
1 | Nama Jurnal : GEOSFERA INDONESIA Link Jurnal : https://jurnal.unej.ac.id/index.php/GEOSI/index Index by : SINTA 2 | |
2 | Nama Jurnal : MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI Link Jurnal : https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/index Index by : Google Scholar, Crossref, Garuda | |
3 | Nama Jurnal : INDONESIAN JOURNAL OF REMOTE SENSING AND APPLICATIONS (IJRSA) Link Jurnal : https://journal.unej.ac.id/IJRSA/index Index by : Google Scholar |
Format Berkas Tugas Akhir (Skripsi) dapat saudara unduh DISINI
Recent Comments