Phattalung Thailand (30 Juni 2025) – Dua bulan di Thailand menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Mohamad Fikri, Amalia Nurdina Sari, dan Lutfiah Hafifatul Jannah, mahasiswa Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember. Melalui program Asistensi Mengajar Internasional Indonesia – Thailand, Fikri, Amalia, dan Lutfiah berkesempatan untuk mengajar di satuan pendidikan Thailand sekaligus melakukan riset bersama salah satu guru di Thammasat Wittaya Foundation School, Phattalung, Thailand.

Program ini merupakan hasil kolaborasi antara Laboratorium KKPLP FKIP Universitas Jember dengan Santiwit Technological College dan beberapa sekolah di Thailand untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa Indonesia. Fikri, Amalia, dan Lutfiah menjadi tiga orang yang mewakili Pendidikan Fisika dalam program tersebut. Ketiganya ditempatkan di Thammasat Wittaya Foundation School dan Stree Darul Heedayah Foundation School, Provinsi Phattalung, Thailand Selatan.

Selama sebulan pertama, Fikri, Amalia, dan Lutfiah berfokus untuk mengajar dan mengenal sistem pendidikan di sekolah masing-masing. Mereka mempelajari bagaimana tingkatan satuan pendidikan di Thailand, system pembelajaran, hingga kurikulum yang berlaku. Selain itu, ketiganya juga belajar Bahasa Thailand dasar yang akan digunakan dalam komunikasi sehari-hari dengan masyarakat setempat.

Sebulan berikutnya, ketiganya mulai menyusun artikel ilmiah dengan judul “The Effectiveness of Using PhET Simulation on Parabolic Motion Material at Thammasat Wittaya School, Thailand”. Mereka melakukan riset kolaborasi bersama dua guru di Thammasat Wittaya Foundation School, yaitu Sofia Hamidong, B.Ed. dan Sueda Baheng, B.Ed yang merupakan alumni dari Phayao University, Thailand.

Program Asistensi Mengajar Internasionasional Indonesia – Thailand 2025 ini membuktikan bahwa mahasiswa Universitas Jember mampu bersaing di kancah global. Melalui semangat belajar tanpa batas dan dukungan penuh dari fakultas, Universitas Jember terus berkomitmen mencetak generasi pendidik dan peneliti muda yang inovatif, berdaya saing global, dan berkontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan Indonesia.