Laboratorium Pendidikan IPS Universitas Jember terus menunjukkan komitmennya sebagai wadah kolaboratif bagi mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan kompetensi akademik, profesional, dan praktikal di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial. Tidak hanya menjadi tempat praktik pembelajaran, laboratorium ini kini juga menjadi ruang inspiratif yang menumbuhkan semangat literasi dan budaya akademik di kalangan mahasiswa.

Salah satu hasil nyata dari pengembangan tersebut adalah hadirnya Laboratorium Pendidikan IPS bidang Ekonomi, yang memiliki fasilitas unggulan bernama “Pojok Baca Laboratorium Pendidikan Ekonomi”. Ruang baca ini berfungsi sebagai pusat literasi dan sumber belajar bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi, di mana mereka dapat mengakses berbagai koleksi buku, jurnal ilmiah, hasil penelitian, hingga referensi terkini yang relevan dengan teori maupun praktik pembelajaran ekonomi.

Menariknya, pengelolaan Pojok Baca ini tidak hanya dilakukan oleh pihak dosen atau pengelola laboratorium, tetapi juga melibatkan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HMP PE LIBRA). Melalui kerja sama ini, mahasiswa tidak hanya berperan sebagai pengguna fasilitas, tetapi juga sebagai penggerak utama dalam mengelola, merawat, dan mengembangkan ruang baca tersebut.

Ketua Laboratorium Pendidikan IPS, Ibu Tiara, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam pengelolaan fasilitas laboratorium menjadi bukti nyata sinergi antara dosen dan mahasiswa. “Kami ingin laboratorium ini bukan sekadar tempat belajar, tapi juga ruang tumbuh bagi mahasiswa untuk berinisiatif, berkreasi, dan menumbuhkan budaya literasi,” ujarnya. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua HMP PE LIBRA, yang turut terlibat langsung dalam pengelolaan Pojok Baca. “Kami merasa bangga bisa ikut berkontribusi dalam menghidupkan Pojok Baca ini. Selain menambah wawasan, kegiatan ini melatih kami untuk lebih bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan akademik,” ungkapnya. Ia juga berharap kehadiran Pojok Baca dapat menjadi ruang yang nyaman bagi mahasiswa untuk berdiskusi, membaca, dan mengembangkan ide-ide kreatif.

Dengan semangat kolaboratif tersebut, Laboratorium Pendidikan IPS Universitas Jember, khususnya pada bidang Pendidikan Ekonomi, diharapkan terus berkembang menjadi ruang belajar yang integratif, inspiratif, dan berdaya guna. Melalui program seperti Pojok Baca, laboratorium ini tidak hanya memperkuat kegiatan akademik, tetapi juga menumbuhkan mahasiswa yang profesional, literat, dan berkarakter unggul, sejalan dengan visi Universitas Jember sebagai kampus yang berorientasi pada inovasi dan kemajuan pendidikan.