Selamat Datang
di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Sejarah
Visi
Misi
Akreditasi dan Elijibilitas
Profil Lulusan
Kelompok Riset
Ketenagaan
Sarpras Pendidikan
Muara Kurikulum
EFL Education Journal
Sejarah
Program studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Program studi ini didirikan berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud No 44/DIKTI/Kep/1984 pada tanggal 18 Juli 1984.
Dalam perjalanannya, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris selalu berupaya untuk melakukan penyesuaian kurikulum dalam upayanya untuk meningkatkan proses pembelajaran. Kurikulum terbaru yang saat ini sedang diimplementasikan oleh prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah Outcome-Based Education (OBE) kurikulum. Dalam pelaksanaan kurikulum ini, semua mata kuliah yang ada dalam prodi diusahakan untuk menghasilkan outcome yang mana hal ini akan bermanfaat bagi mahasiswa nya.
Selain itu, prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga mendukung mahasiswa nya untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh pemerintah, yang antara lain melalui program MBKM. Dalam pelaksanaannya, dari tahun ke tahun mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan MBKM ini semakin meningkat. Hal ini tentu juga memberikan nilai tersendiri bagi prodi karena prodi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung dalam kehidupan nyata dan bukan hanya belajar dalam lingkup prodi saja.
Visi
Visi PS Pendidikan Bahasa Inggris dirumuskan sebagai berikut:
‘Unggul dalam pengembangan sainteks. PS Pendidikan Bahasa Inggris harus mampu menunjukkan keunggulan dalam mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan seni untuk keperluan pendidikan dan penelitian bidang pendidikan Bahasa Inggris sebagai landasan untuk mencetak guru bahasa Inggris dengan pemahaman dan kemampuan bahasa pada konteks umum, akademik, dan profesional. Dengan kata lain, PS Pendidikan Bahasa Inggris berkeinginan kuat/bermimpi untuk menjadi pusat kajian pembelajaran Bahasa Inggris (Center of English Language Teaching) dan pusat riset pendidikan Bahasa Inggris (Center of Research on English Education).
‘Penghasil tenaga pendidik Bahasa Inggris yang berkompeten’. PS Pendidikan Bahasa Inggris harus mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai pendidik Bahasa Inggris yang utuh, yang terdiri atas kompetensi pedagogik, profesional, sosial, kepribadian.
Berdaya saing global bermakna bahwa lulusan yang dihasilkan mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain baik di tingkat nasional maupun internasional dan dapat bekerja sebagai pendidik Bahasa Inggris yang profesional pada jenjang pendidikan menengah (umum dan vokasi), pendidikan dasar dan anak usia dini. Untuk mewujudkan visi tersebut, PS Pendidikan Bahasa Inggris mengintegrasikan konsep Pluriliteracies sebagai kerangka dalam mengembangka kemampuan bahasa Inggris dan pembelajaran bahasa Inggris yang menekankan pada komunikasi aktif dan efektif yang meliputi berbagai moda komunikasi dalam berbagai konteks wacana, baik itu bersifat general, academic, maupun professional.
‘Berwawasan lingkungan. PS Pendidikan Bahasa Inggris dan lulusannya mengemban misi untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan pendidikan Bahasa Inggris di wilayah/ lingkungan eks Karesidenan Besuki dan sekitarnya. Visi tersebut berlandaskan pada wawasan dan kompetensi mahasiswa berlandaskan konsep Intercultural Communicative Competence. Konsep Intercultural Communicative Competence menjadi bekal mahasiswa dalam menciptakan pembelajaran yang relevan dalam konteks kemajemukan budaya baik regional, nasional dan internasional. Dalam hal ini PS Pendidikan Bahasa Inggris dapat berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan di wilayah eks Karesidenan Besuki dan sekitarnya dalam rangka membantu meningkatkan profesionalitas guru Bahasa Inggris yang mampu menciptakan pembelajaran bahasa Inggris yang relevan dalam konteks budaya majemuk di Karesidenan Besuki. Selain itu, konsep Intercultural Communicative Competence juga menjadi kerangka dalam menciptakan guru bahasa Inggris yang berdaya saing global.
Misi
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik untuk menghasilkan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang memiliki kompetensi tinggi dan berwawasan lingkungan, serta memiliki daya saing global.
- Melaksanakan penelitian bidang pendidikan Bahasa Inggris untuk mendukung terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif namun tetap berwawasan lingkungan.
- Mendiseminasikan hasil penelitian dan pembelajaran yang berwawasan kearifan local, serta bereputasi nasional dan internasional dalam forum ilmiah.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis riset.
- Mengembangkan sainteks bidang pendidikan Bahasa Inggris yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pengembangan pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris.
- Menyebarkan hasil penelitian pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat nasional maupun internasional.
- Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris.
- Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain dalam dan luar negeri di bidang penelitian, pendidikan, dan pembelajaran Bahasa Inggris.
- Mengembangkan sistem pengelolaan lembaga bertaraf internasional yang demokratis, transparan, dan akuntabel dengan menjunjung tinggi terwujudnya WBK (Wilayah Bebas Korupsi) atau WBBM (Wilayah Bebas Bersih Melayani)
Akreditasi dan Elijibilitas
Berdasarkan Keputusan BAN-PT Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan Akreditasi : B
Profil Lulusan
Profil |
Deskripsi Profil |
Pendidik Bahasa Inggris |
Pendidik Bahasa Inggris yang mampu mengelola pembelajaran Bahasa Inggris secara profesional dan responsif terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta perkembangan ilmu (state-of-the-arts) pendidikan Bahasa Inggris Abad 21. |
Instruktur Bahasa Inggris |
Lulusan juga disiapkan untuk bekerja sebagai instruktur Bahasa Inggris di Pusat/Lembaga Pelatihan Bahasa, baik yang dikelola oleh instansi pemerintah maupun swasta. |
Language Entrepreneur |
Lulusan juga disiapkan agar mampu membuka lapangan pekerjaan secara mandiri dengan berbekal kemampuan bahasa Inggris komunikatif, baik aktif maupun pasif, dalam berbagai konteks. Profil ini bisa dicirikan dengan profesi sebagai penerjemah, interpreter, proofreader, voice cover, dan tour guide. |
Kelompok Riset
- Keris TPD (Teacher Professional Development). Keris ini memiliki visi untuk mengembangkan profesionalisme guru Bahasa Inggris sejak dari S1, profesi guru dan pengembangan guru yang berkelanjutan.
- Keris CurMatDev (Curriculum and Materials Development). Keris ini bergerak dalam bidang pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran.
- Keris Latem (Language Assessment and Teaching Methodology). Keris ini bergerak dalam bidang penilaian Bahasa dan Metode Pengajaran
- Keris TELL (Technology Enhanced Language Learning). Keris ini bergerak dalam penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran
KeRis Teacher Professional Development (TPD)
Kelompok ini meneliti isu dan strategi dalam pengembangan profesionalitas guru ataupun calon guru. TPD terdiri dari beberapa dosen, yakni:
- Prof. Dr. Budi Setyono, M.A.
- Siti Masrifatul Fitriyah, Ph.D.
- Asih Santihastuti, S.Pd., M.Pd.
- Annur Rofiq, M.Ed.
Dengan kajian yang sangat relevan dengan Pendidikan calon guru, kelompok ini sudah berhasil mendorong mahasiswa untuk mengintegrasikan kegiatan KK-PLP (praktik mengajar di sekolah) dengan penelitian berupa skripsi. Koherensi antara topik kajian dengan tujuan KK-PLP menjadi salah satu unsur pendorong bagi mahasiswa untuk menyelesaikan praktik mengajar beserta skripsi mereka. Selain itu, mahasiswa juga berhasil dibimbing untuk menerbitkan artikel dari skripsi mereka di jurnal nasional bereputasi yang terindeks Sinta.
KeRis TELL (Technology-enhanced Language Learning)
Kelompok peneliti TELL mengkaji bagaimana pembelajaran Bahasa Inggris bisa ditingkatkan dengan bantuan teknologi. Kelompok ini terdiri dari dosen-dosen berikut:
- Eka Wahjuningsih, S.Pd., M.Pd.
- Mutiara Bilqis, S.Pd., M.Pd.
- Areta Puspa, S.Pd., M.Pd.
- Rizki Febri Andika Hudori, S.Pd., M.Pd.
- David Imamyartha, S.Pd., M.Pd.
Kelompok ini telah menerbitkan 4 publikasi sejak tahun 2021, dengan 2 publikasi di jurnal terindeks Scopus dan dua publikasi di jurnal terindeks Sinta. Sejak dibentuk pada tahun 2021, kelompok ini fokus pada penerapan berbagai bentuk teknologi, yakni berbantuan gawai, website, dan juga intelijensi buatan. Topik kajian pertama yang berkaitan dengan penggunaan gawai sudah berhasil dieksplorasi dengan dibuktikan dengan dua publikasi yang berkaitan dengan penggunaan WhatsApp dan Telegram dalam perkuliahan Bahasa Inggris di lingkungan Universitas Jember. Kemudian, topik kedua tentang penggunaan website juga berhasil dikaji secara cukup intensif, dengan luaran dua artikel penelitian yang terbit di jurnal terindeks Sinta. Pada tahun 2024 hingga 2025, kelompok ini akan melanjutkan kajian mengenai penggunaan intelijensi buatan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
KeRis Language Assessment and Teaching Methodology (LATEM)
Kelompok ini mengkaji metode pembelajaran dan asesmen untuk kemampuan Bahasa Inggris, dengan anggota sebagai berikut:
- Zakiyah Tasnim, M.A.
- Aan Erlyana Fardhani, M.Pd.
- Bambang Arya Wijaputra, Ph.D.
KeRis Curriculum and Material Development (CurMatDev)
KeRis inin meneliti pengembangan kurikulum dan materi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kelompok ini beranggotakan:
- Sugeng Ariyanto, M.A.
- Ika Fitriani, S.Pd., M.Pd.
- Bambang Suharjito, M.A.
- Made Adi Andayani T. M.Ed.
Luaran Penelitian Periode 2021-2024
No | Tahun Akademik | Judul Penelitian | Nama Ketua Tim | Kepakaran Ketua Tim | Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian | Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1 | TS | Garuda myth-based toponym as a portrait of Indonesian cultural activities in the Solon years | Sukatman | Anthropology, folklore, mythology, toponymy, dan megalithic culture. | Siti Masrifatul Fitriyah | |
2 | TS | Disentangling the complexities of English language education policies in diverse contexts: A comparative study | Sutraphorn Tantiniranat | Teacher professional development | Siti Masrifatul Fitriyah & Elisa Pérez Gracia | |
3 | TS | STEAM Pedagogy In Foreign Language Education: An Endeavour To Broaden CLIL Pedagogy Through 6E’s Framework | David Imamyartha | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | Aan Erlyana Fardhani | Alifiyah A’yunin, Mitasari, Galuh Candraning Hapsari |
4 | TS-1 | Developing video-conferenced English speaking test (VEST) for classroom-based assessment in tertiary education | David Imamyartha | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | Eka Wahjuningsih, Areta Puspa, Rizki Febri Andika Hudori, Mutiara Bilqis | Siti Aisyah, Salsabil Fanindra Putri, Nadia Avira Salsabila, Juwita Aisyah Nurhayati, Risa Rizqiyah, Moch. Fiodicky Afidya D. P. P. |
5 | TS-1 | The nexus between emotional intelligence, learning engagement, motivation, and achievement in team-based mobile language learning | David Imamyartha | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | Utami Widiati, Mirjam Anugerahwati | |
6 | TS-1 | Workable approaches in EFL teaching mediated by mobile technology during the pandemic and post-pandemic: Indonesian EFL teachers’ experiences and expectations | Bambang Yudi Cayono | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | David Imamyartha, Khusnul Khotimah, Deisyi Anna Batunan | |
7 | TS-1 | The Portraits of Indonesian Pre-Service English Teachers ’ Emotional Geographies and Coping Strategies | David Imamyartha | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | Bambang Yudi Cahyono, Khusnul Khotimah | |
8 | TS-1 | Pre-Course Inquiries: A Pivotal Step to Dig Up The Students’ Needs and Do a Course Adjustment | Ika Fitriani | English for Young Learners | Akhmad Zainur Ridla, Rizki Febri Andika Hudori | |
9 | TS-1 | Moodle and Telegram to develop students’ language performance and knowledge co-construction in technology-enhanced CLIL | David Imamyartha | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | Utami Widiati, Mirjam Anugerahwati, Afendi Hamat | |
10 | TS-1 | The Effect of Teacher-Made Vocabulary Exercises in Instagram Stories on Students’ Vocabulary Achievement | Siti Anisah | Eka Wahjuningsih & Areta Puspa | ||
11 | TS-2 | Culture-Laden Extensive Reading Through Team-Based Mobile Learning: Effects on Intercultural Communicative Competence And Reading Motivation | David Imamyartha | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | Eka Wahjuningsih, Areta Puspa, Rizki Febri Andika Hudori, Mutiara Bilqis | |
12 | TS-2 | Surviving Impostor Syndrome: Navigating Through the Mental Roller Coaster of a Doctoral Sojourn | Siti Masrifatul Fitriyah | Teacher professional development | ||
13 | TS-2 | Academic Emotion on EFL Extensive Reading Program Across Genres | Areta Puspa | Technology-enhanced language learning | ||
14 | TS-2 | English for Professional Training Classes: When the Online Classroom and the Work Field are in one Corporation | Ika Fitriani | English for Young Learners | Pusfika Rayuningtya | |
15 | TS-2 | “It’s Frustrating”: EFL Novice Teachers’ Emotional Experiences in Online Teaching during the COVID-19 Pandemic | Asih Santihastuti | Teacher professional development | Utami Widiati, Yazid Basthomi, Utari Praba Astuti | |
16 | TS-2 | Linguistics Pattern on Acehnese Reduplicative System: Classifications and Meanings | Ika Apriani Fata | Bukhari Daud, Lussi Maunira, Eka Wahjuningsih | ||
17 | TS-2 | Exploring the Students’ Attention Level in Teaching and Learning of English | Risti Trias Yuliani | Made Adi Andayani T & Eka Wahjuningsih | ||
18 | TS-3 | EFL Learners’ Engagement and Learning Motivation in Team-Based Mobile Language Learning Through Whatsapp | David Imamyartha | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | Eka Wahjuningsih, Asih Santihastuti | Alifiyah A’yunin, Mitasari, Dinda Laura Trisna Ayu Fauzie and Ervin Candra Hari Andika |
19 | TS-3 | An Experiment on Mobile Learning to Leverage EFL Learners’ Engagement, Emotional Intelligence, and Learning Motivation | David Imamyartha | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | Eka Wahjuningsih, Areta Puspa, Rizki Febri Andika Hudori, Mutiara Bilqis | |
20 | TS-3 | Employing Blended Literature Circles to Foster Activating Academic Emotions of Struggling Readers | David Imamyartha | Technology-enhanced language learning, Content and Language Integrated Learning, Language Teaching and Assessment | Eka Wahjuningsih, Areta Puspa, Siti Masrifatul Fitriyah, Rizki Febri Andika Hudori, Zakiyah Tasnim, Aan Erlyana Fardhani, Siti Sundari, And Bambang Arya Wijaputra | Mitasari |
21 | TS-3 | Instaglish: When Instagram is beyond Online Photo-Sharing Platform to Induce Your English |
Pusfika Rayuningtya | English for Young Learners | Ika Fitriani | |
22 | TS-3 | EFL students’ responses on teacher’s online written feedback:Interaction, revision,and perception | Dewi Nur Suci | Teacher professional development | Yazid Basthomi, Nur Mukminatien, Asih Santihastuti, and Syamdianita |
Ketenagaan
Saat ini, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki 18 orang dosen tetap dan 1 dosen Luar Biasa. Nama nama dosen yang ada di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:
No |
Nama Dosen |
NIP/NRP |
SINTA ID |
Jabatan Fungsional |
Bidang Keahlian |
1. |
Prof. Dr. Budi Setyono, M.A. |
196307171990021001 |
Guru Besar |
Pendidikan Bahasa Inggris |
|
2. |
Drs. Sugeng Ariyanto, M.A. |
195904121987021001 |
– |
Lektor Kepala |
Pendidikan Bahasa Inggris |
3. |
Drs. Bambang Arya Wija Putra, Ph.D. |
196012311988021002 |
Asisten Ahli |
TESOL |
|
4. |
Drs. Bambang Suharjito, M.Ed. |
196110251989021004 |
Lektor |
Writing |
|
5. |
Dra. Zakiyah Tasnim, M.A |
196201101987022001 |
Lektor Kepala |
Language Testing |
|
6. |
Dra. Made Adi Andayani T., M.Ed. |
196303231989022001 |
Lektor |
Materials Development and English for Young Learners |
|
7. |
Dr. Aan Erlyana Fardhani, M.Pd. |
196503091989022001 |
Lektor Kepala |
Academic Writing |
|
8. |
Drs. Erfan, M.Pd. |
196701101994031008 |
Penata/ IIIc |
Lektor |
(Public) Speaking & Discourse Analysis |
9. |
Dr. Annur Rofiq., M.A., M.Sc. |
196810251999031001 |
Lektor |
Teacher Professional Development |
|
10. |
Dr. Musli Ariani, M.App.Ling |
196806021994032001 |
Lektor Kepala |
TEFL (Teaching English as a Foreign Language) |
|
11. |
Eka Wahjuningsih, S.Pd., M.Pd. |
197006121995122001 |
Lektor |
TELL (Technology Enhanced Language Learning) and Reading |
|
12. |
Siti Masrifatul Fitriyah, M.A., Ph.D. |
197703232006042001 |
lektor |
Qualitative Inquiry into Teachers’ CPD and Language Policy |
|
13. |
Dr. Asih Santihastuti, S.Pd., M.Pd. |
198007282006042002 |
Lektor |
Reflective Teaching in TPD |
|
14. |
Mutiara Bilqis, S.Pd., M.Pd. |
198805252019032016 |
Asisten ahli |
TELL and Psychology/Emotion in Language Learning |
|
15. |
Rizki Febri A.H., S.Pd., M.Pd. |
760016870 |
– |
Speaking and Technology-enhance d Language Learning (TELL) |
|
16. |
Dr. David Imamyartha, S.Pd., M.Pd. |
760016871 |
– |
Content and Language Integrated Learning (CLIL), Language Assessment, and Technology-enhance d Language Learning (TELL) |
|
17. |
Areta Puspa, S.Pd., M.Pd. |
760016867 |
– |
Technology in Language Learning and Extensive Reading |
|
18. |
Ika Fitriani, S.Pd., M.Pd. |
199004282022032013 |
Asisten ahli |
ELT Media and Materials Development, Teaching English for Young Learners |
Sarpras Pendidikan
Pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dilaksanakan di area wilayah gedung FKIP terutama di wilayah gedung D, namun ada juga beberapa mata kuliah yang dilaksanakan di Gedung lain di FKIP yaitu di Gedung A, B, C. Selain itu, prodi Bahasa Inggris juga memiliki sebuah laboratorium Bahasa yang terutama digunakan untuk proses pembelajaran MK Listening dan MK TELL. Sedangkan untuk MK micro teaching, prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga menyelenggarakan pembelajaran di lab micro teaching yang juga berada di Gedung D.
Sarpras Pendidikan
- Ruang kuliah
- Laboratorium Kewirausahaan, Komputer, Pengajaran Mikro
- Perpustakaan
- Ruang Korprodi, dosen, dan Pengelola Program
- Ruang seminar dan ujian
- Masjid
- Gedung aula
- Ruang diskusi, rapat, sidang
- Ruang pelayanan akademik
- Lab CDAST
- Gazebo
Muara Kurikulum
Kurikulum yang berlaku di prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah kurikulum OBE yang lebih menekankan pada pencapaian output dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh para dosen yang ada di prodi Pendidikan Bahasa Inggris.
EFL Education Journal