Pada tanggal 24 Mei 2025, Program Studi Magister (S2) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember melakukan kegiatan akademik berkolaborasi dengan Forum Muswarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MATEMATIKA SMK Bondowoso. Kegiatan yang dilaksanakan adalah Sosialisasi Profil Prodi S2 PMat FKIP UNEJ dan seminar pendidikan matematika. Kegiatan ini bertempat di Ponpes Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso diikuti oleh 31 peserta, dari unsur Kepala Sekolah dan guru-guru matematika yang berasal dari SMKN dan SMKS di kabupaten Bondowoso. Sebagian dari peserta adalah alumni dari FKIP UNEJ.
Kegiatan dimulai dengan registrasi peserta, dilanjutkan dengan pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta doa bersama. Sambutan awal disampaikan oleh Kepala SMKS Manbaul Ulum Kyai Khoirul, S.Pd, M.Pd, dilanjutkan oleh Ketua MGMP SMK Bondowoso Mustaqim, S.Pd, M.Pd, dan Pembina MGMP SMK Bondowoso sekaligus Kepala SMKN 2 Bondowoso, Sofyan Sauri, S.Pd, M.Pd.
Pada acara inti Prof. Dr. Didik Sugeng Pambudi M.S, selaku Korprodi S2 Pendidikan Matematika FKIP UNEJ memaparkan tujuan sosialisasi dalam rangka menawarkan studi lanjut kepada guru-guru matematika di wilayah Bondowoso dan sekitarnya. Dalam sesi ini disampaikan jugamateri yang menjelaskan sejarah dan visi misi, keunggulan dan kurikulum Prodi Magister (S2) Pendidikan Matematika FKIP UNEJ. Prodi telah berdiri sejak tahun 2014, saat ini terakreditasi Baik Sekali berdasarkan SK LAMDIK No: 232/SK/LAMDIK/Ak/M/II/2023, valid sampai 30 Mei 2027. Prodi memiliki 16 Dosen, dengan berbagai keahlian, mulai dari pendidikan matematika, Geometri dan pembelajarannya, kombinatorik, statistika dan pembelajarannya, aljabar, analisis dan pembelajarannya. Dari 16 dosen, 5 diantaranya Professor, selebihnya Lektor Kepala dan Lektor. Keunggulan prodi adalah menyiapkan calon lulusan MPd yang unggul dalam bidang pendidikan matematika yang mampu mendukung pertanian industrial berkelanjutan dan bereputasi internasional. Para mahasiswa dibimbing mengembangkan pembelajaran dan pendidikan matematika berbasis lingkungan dan STEAM untuk menghasilkan tenaga pendidik matematika yang berwawasan glokalisasi dan internasional. Mahasiswa juga dibimbing oleh dosen-dosen yang berpengalaman melaksanakan penelitian yang berkolaborasi dengan lembaga/institusi di dalam maupun di luar negeri dan menghasilkan inovasi pembelajaran matematika yang hasil-hasilnya diseminasikan dalam forum ilmiah nasional dan internasional. Bentuk produk luaran mahasiswa adalah artikel jurnal Nasional terindeks Sinta dan jurnal Internasional serta Hak Cipta buku dan modul pembelajaran matematika. Mahasiswa diberi bekal 38 sks teori pendidikan dan pembelajaran matematika, sampai menyelesaikan Tesis, dengan masa studi 3 sampai 8 semester. Mahasiswa dipersilahkan memilih bidang peminatan dari tiga kelompok riset (Keris), yaitu Keris Probenal (Problematika Pembelajaran Analisis dan Aljabar), Keris Probelmetri (Problematika dan Pembelajaran Geometri) dan Keris Comed (Combinatorics Education). Muara Kurikulum menghasilkan lulusan unggul dalam bidang pendidikan matematika untuk menjadi pendidik matematika di sekolah atau dosen di perguruan tinggi, serta peneliti dan pengembang pendidikan matematika.
Pada kesempatan ini diberikan contoh beberapa mahasiswa yang berprestasi, lulus dengan IPK 4,0 predikat Lulus dengan Pujian dalam waktu 3 semester. Rerata IPK lulusan mencapai 3,75 dan rerata lama studi 4 semester. Diantara alumni ada yang menjadi Dosen di PTN dan PTS, Pengawas di Diknas Pendidikan Kabupaten, Kepala Sekolah, Guru matematika, sukses pada bidang Edupreunership dan bidang lainnya. Hal ini diharapkan memberikan inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa dan calon mahasiswa baru untuk mencapai prestasi serupa.
Pada kesempatan ini disajikan jadwal penerimaan mahasiswa baru, baik Prodi S2 maupun prodi S3 Pendidikan Matematika mulai April sampai Juli 2025 beserta prosedur pendaftarannya. Tim menjelaskan agar calon mahasiswa baru dapat mencari informasi mengenai pendaftarandan persyaratannya tersedia di website UNEJ, https://register.pasca.unej.ac.id/. Selain itu, informasi terkait pelaksanaan tes TPA dan TKBI dapat diperoleh melalui Pascasarjana UNEJ atau lembaga bahasa UNEJ, dengan jadwal yang disediakan di website tersebut. Perkuliahan dilakukan secara hybrid, yaitu kombinasi antara pembelajaran daring dan luring. Fasilitas yang disediakan dalam perkuliahan antara lain sistem informasi akademik UNEJ, yang dapat diakses melalui https://siakad.unej.ac.id/, manajemen perkuliahan di https://mmp.unej.ac.id/, dan platform daring lainnya. Ruang perkuliahan dan konsultasi tugas akhir dilengkapi dengan smart TV, perpustakaan, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya yang mendukung proses belajar mengajar.
Pada sesi kedua sesudah ISHOMA, atas permintaan panitia, Prof. Didik menyampaikan materi Seminar Pendidikan Matematika dengan tema Pembelajaran Matematika memanfaatkan Lingkungan Luar Kelas (Outdoor Learning Mathematics=OLM). Di sini disampaikan materi pengertian OLM, ciri dan karakteristik OLM, Kelebihan dan kekurangan OLM, Langkah-langkah menerapkan OLM, Contoh-contoh penerapan OLM pada materi matematika di sekolah. Sesi berikutnya adalah diskusi dan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan sesi workshop berupa pembuatan perangkat pembelajaran matematika menggunakan konteks lingkungan outdoor. Di sini peserta berkelompok membuat draft modul ajar, instrumen penilaian, khususnya soal-soal pemecahan masalah yang memasukkan konteks lingkungan sekitar Bondowoso. Walaupun dalam waktu singkat, ternyata peserta mampu menyusun soal-soal matematika yang memasukkan konteks lingkungan outdoor, seperti konteks pertanian kopi Bondowoso, tape Bondowoso, dan Ijen View. Selanjutnya, sebagai tugas peserta diminta mengujicobakan soal-soal tersebut kepada siswa mereka di sekolah. Dari hasil uji coba dapat diketahui bagaimana kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal tersebut.
Di akhir acara, disepakati menyusun Perjanjian Kerjasama antara Prodi S2 PMat FKIP UNEJ dengan MGMP SMK Bondowoso untuk mengembangkan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui kerjasama ini, diharapkan adanya kolaborasi yang lebih erat antara Program Studi Magister Pendidikan Matematika dan MGMP Matematika, terutama dalam kegiatan penelitian yang aplikatif, pengembangan perangkat pembelajaran, dan peningkatan kompetensi profesional guru-guru matematika SMK di wilayah Bondowoso.