Selamat Datang di Program Studi

Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Fisika didirikan berdasarkan SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 44/DIKTI/Kep/1984 dengan tujuan menghasilkan pendidik yang berkualitas di bidang fisika. Sejak awal berdirinya, prodi ini fokus pada pengembangan kurikulum yang relevan dan penerapan metode pengajaran yang efektif. Dengan akreditasi UNGGUL dari Lembaga Akreditasi Pendidikan (Lamdik), prodi ini terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui fasilitas laboratorium dan ruang kuliah yang nyaman serta didukung oleh dosen berkompeten. Program studi ini juga memiliki kredibilitas tinggi di kalangan institusi pendidikan dan terus berkontribusi dalam perkembangan ilmu fisika dan pendidikan di Indonesia.

Sertifikat Akreditasi

  1. 2023-2028 (Unduh)
  2. 2018-2023 (Unduh)
  3. 2013-2018 (Unduh)
  4. 2008-2013 (Unduh)

Dokumen Penting Prodi:

  1. Naskah Kurikulum (Unduh)
  2. Renstra Prodi (Unduh)
  3. RenopBis (Unduh)

Visi Program Studi Pendidikan Fisika

Pada tahun 2030, menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan pendidikan fisika yang Unggul dalam ilmu dan pembelajaran fisika yang Inovatif untuk mendukung Pertanian Industrial berkelanjutan dan bereputasi Internasional.

 

Misi Program Studi Pendidikan Fisika

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu dan pembelajaran fisika yang inovatif untuk menyiapkan sarjana pendidikan fisika yang mengedepankan glokalisasi, inovasi ipteks dan berkarakter (pendidikan).
  • Meningkatkan dan mengembangkan budaya penelitian dalam kelompok riset (KeRis) bidang keilmuan dan pembelajaran fisika yang inovatif untuk mendukung pertanian industrial berkelanjutan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional (penelitian).
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan yang mendukung  mendukung pertanian industrial berkelanjutan (pengabdian).
  • Meningkatkan dan mengembangkan jejaring kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain dalam dan luar negeri di bidang penelitian, pengabdian dan Pendidikan Fisika (jejaring kerjasama).

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil Lulusan

1

PL-1

Calon guru fisika yang mampu mengimplementasikan konsep fisika dan/atau pembelajaran fisika di lembaga untuk memberikan kontribusi terhadap pendidikan nasional.

2

PL-2

Calon peneliti yang dapat memberikan kontribusi bagi pemecahan permasalahan fisika dan pembelajaran fisika.

3

PL-3

Enterpreneur bidang fisika, pendidikan fisika atau bidang lainnya menjadi peluang bisnis baik secara mandiri maupun kelompok.

Strategi Program Studi Pendidikan Fisika dalam kurikulum melibatkan pendekatan agar pembelajaran relevan, berkualitas, dan efektif. Berikut adalah beberapa strategi yang diterapkan dalam Program Studi Pendidikan Fisika:

  1. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (OBE)
  2. Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran
  3. Peningkatan Kualitas Dosen
  4. Penerapan Sistem Penjaminan Mutu
  5. Keterlibatan Stakeholder

CPL-Prodi

Pengertian

Dasar Acuan

Sikap

Perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil aktualisasi dan internalisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan sosial dan spiritual melalui proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengalaman praktek lapang mahasiswa.

SN-Dikti

Asosiasi/Kesepakatan Prodi Sejenis

PT

Keterampilan Umum

Kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi.

SN-Dikti

Asosiasi/Kesepakatan Prodi Sejenis

Keterampilan khusus

Kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi.

Asosiasi/Kesepakatan Prodi Sejenis

Visi Misi PT-Prodi

Pengetahuan

Penguasaan konsep, teori, metode bidang ilmu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengalaman praktek lapang mahasiswa.

Asosiasi/Kesepakatan Prodi Sejenis

Visi Misi PT-Prodi

Dr. Rif'ati Dina Handayani

Dr. Rif'ati Dina Handayani

Koordinator Program Studi Pendidikan Fisika

Belajar fisika akan membuka wawasan kita secara luas, memperkaya pemahaman tentang alam semesta dan teknologi, serta membentuk kemampuan analisis yang tajam. Menjadi guru fisika yang profesional adalah salah satu langkah penting dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas, yang akan berkontribusi untuk kemajuan Indonesia, menjadikan negara ini lebih baik di masa depan.

Berita Program Studi

Seleksi Asisten Praktikum Fisika Dasar

Jember, 16 Agustus 2025 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember baru-baru ini mengadakan seleksi asisten praktikum untuk mata kuliah Fisika Dasar. Seleksi ini bertujuan untuk memilih mahasiswa yang memiliki kemampuan dan kompetensi untuk...

Spektrometer hadir memperlengkap laboratorium Fisika FKIP UNEJ

Laboratorium Fisika Universitas Jember telah menambah alat baru, yaitu spektrometer. Penambahan alat ini bertujuan untuk mendukung kegiatan praktikum dan penelitian di bidang fisika, khususnya dalam analisis spektrum cahaya, yang sangat penting dalam memahami...

HIMAFI NEUTRON Gelar KOSINUS 2025: Dorong Talenta Sains Muda se-Jawa Timur

Jember-Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) NEUTRON Pendidikan Fisika kembali menyelenggarakan Kompetisi Sains Siswa dan Mahasiswa (KOSINUS) 2025. Ajang bergengsi ini bertujuan memberikan wadah bagi siswa dan mahasiswa se-Jawa Timur untuk mengembangkan kemampuan...

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNEJ Selenggarakan Seminar Nasional untuk Revolusi Akademik

Jember – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (Himafi) FKIP Universitas Jember mengundang seluruh sivitas akademika dan masyarakat luas untuk menghadiri Seminar Nasional SPEKTRA 2025. Mengusung tema "Sinergi Pendidikan dan Eksplorasi Keilmuan berbasis Teknologi untuk...

Inovasi Mahasiswa Pendidikan Fisika UNEJ Sabet Juara 1 Nasional: Sulap Limbah Organik Jadi Biomaterial Berkelanjutan Berbasis AI

Jember – Tiga mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) berhasil mengukir prestasi gemilang di tingkat nasional. Yanuar Abimanyu, Ira Wanda Rahyuni Pitri, dan Dimas Halim Perdana meraih Juara 1...

Program Studi Fisika Mengadakan Pembekalan Pembuatan Bahan Ajar

Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, Program Studi Fisika akan mengadakan Kegiatan Pembekalan Pembuatan Bahan Ajar oleh Ibu Anis Prasetyaningsih, S.Pd., M.Pd. Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat kemampuan mahasiswa dalam menyusun bahan ajar yang...

Mohammad Fikri, Mahasiswa Pendidikan Fisika Meraih Medali Emas Kompetisi Sains Nusantara

24 Agustus 2024. Mahasiswa Pendidikan Fisika, Mohammad Fikri meraih medali emas Kompetisi Sains Nusantara. Kegiatan ini bernama Kompetisi Sains Nusantara yang diselenggarakan oleh Prestasi Siswa Indonesia. Lomba ini dilaksanakan secara online melalui web. Adapun...

Tiga Mahasiswa Pendidikan Fisika Raih Juara 3 Pekan Fisika Universitas Mulawarman

Keluarga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khususnya Program Studi Pendidikan Fisika bangga atas capaian prestasi Yanuar dan kawan-kawan. Yanuar Abimanyu, Nisrina Nafisah, dan M. Ridho ialah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Mereka berhak berbahagia atas...

Mahasiswa Pendidikan Fisika Lolos PKM GFT Skema Pendanaan

Keluarga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khususnya Program Studi Pendidikan Fisika bangga atas capaian prestasi sekelompok mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dengan kerja keras, proposal mereka berhasil lolos tahap pendanaan dengan judul SRWTS (Smart...

Mahasiswa Pendidikan Fisika Raih Prestasi dalam Olimpiade Sains

Keluarga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khususnya Program Studi Pendidikan Fisika bangga atas capaian prestasi Umi. Umi Fatimah ialah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika angkatan 2022. Ia berhak berbahagia atas capaian prestasi yang diraih dalam Olimpiade...

Testimoni Alumni

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNEJ menghasilkan lulusan yang berkualitas, dengan kemampuan mengajar yang sangat baik. Lulusan dari prodi ini memiliki pengetahuan yang mendalam dan mampu menyampaikan materi dengan efektif.

Imam Rofi'i

Kepala Sekolah, SMPN 2 Sumberjambe

Dosen Pendidikan Fisika

Kelompok Riset (KeRis) Pendidikan Fisika

Physics Learning Strategies

Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.

Applied Physics Learning

Applied Physics Learning adalah kelompok riset di Pendidikan Fisika yang fokus pada penerapan fisika di pendidikan dan non-pendidikan. Di bidang pendidikan, meneliti manajemen pendidikan dan profesionalisme guru dengan TPACK. Di bidang non-pendidikan, membahas geofisika, instrumentasi, dan ketahanan pangan berbasis teknologi radiasi ELF.

Theoretical and Culture Physics Learning

Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.

Survei Layanan Kepuasan Program Studi Pendidikan Fisika

Jurnal Pendidikan Fisika

Jurnal Pembelajaran Fisika | ISSN: 2301-9794 (Cetak) | ISSN: 2721-1959 (Online) merupakan jurnal nasional akses terbuka dan peer-review, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jember, yang diterbitkan oleh Universitas Jember. Cakupan jurnal kami meliputi: Inovasi Pembelajaran Fisika, Model dan Media Pembelajaran Fisika, Asesmen Pembelajaran Fisika, Filsafat dan Kurikulum Pendidikan Fisika, Isu-isu Pendidikan Fisika, Studi Fisika, Aplikasi Fisika, Fisika Bumi dan Astronomi, Fisika Teoritis dan Komputasi, Fisika Material, dan Fisika Instrumentasi. Jurnal ini diterbitkan empat kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember.