
Selamat Datang di Program Studi
Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember
Program Studi Pendidikan Fisika didirikan berdasarkan SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 44/DIKTI/Kep/1984 dengan tujuan menghasilkan pendidik yang berkualitas di bidang fisika. Sejak awal berdirinya, prodi ini fokus pada pengembangan kurikulum yang relevan dan penerapan metode pengajaran yang efektif. Dengan akreditasi UNGGUL dari Lembaga Akreditasi Pendidikan (Lamdik), prodi ini terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui fasilitas laboratorium dan ruang kuliah yang nyaman serta didukung oleh dosen berkompeten. Program studi ini juga memiliki kredibilitas tinggi di kalangan institusi pendidikan dan terus berkontribusi dalam perkembangan ilmu fisika dan pendidikan di Indonesia.
Sertifikat Akreditasi
- 2023-2028 (Unduh)
- 2018-2023 (Unduh)
- 2013-2018 (Unduh)
- 2008-2013 (Unduh)
Dokumen Penting Prodi:
- Naskah Kurikulum (Unduh)
- Renstra Prodi (Unduh)
- RenopBis (Unduh)
Visi Program Studi Pendidikan Fisika
Pada tahun 2030, menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan pendidikan fisika yang Unggul dalam ilmu dan pembelajaran fisika yang Inovatif untuk mendukung Pertanian Industrial berkelanjutan dan bereputasi Internasional.
Misi Program Studi Pendidikan Fisika
- Menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu dan pembelajaran fisika yang inovatif untuk menyiapkan sarjana pendidikan fisika yang mengedepankan glokalisasi, inovasi ipteks dan berkarakter (pendidikan).
- Meningkatkan dan mengembangkan budaya penelitian dalam kelompok riset (KeRis) bidang keilmuan dan pembelajaran fisika yang inovatif untuk mendukung pertanian industrial berkelanjutan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional (penelitian).
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan yang mendukung mendukung pertanian industrial berkelanjutan (pengabdian).
- Meningkatkan dan mengembangkan jejaring kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain dalam dan luar negeri di bidang penelitian, pengabdian dan Pendidikan Fisika (jejaring kerjasama).
No |
Profil Lulusan |
Deskripsi Profil Lulusan |
---|---|---|
1 |
PL-1 |
Calon guru fisika yang mampu mengimplementasikan konsep fisika dan/atau pembelajaran fisika di lembaga untuk memberikan kontribusi terhadap pendidikan nasional. |
2 |
PL-2 |
Calon peneliti yang dapat memberikan kontribusi bagi pemecahan permasalahan fisika dan pembelajaran fisika. |
3 |
PL-3 |
Enterpreneur bidang fisika, pendidikan fisika atau bidang lainnya menjadi peluang bisnis baik secara mandiri maupun kelompok. |
Strategi Program Studi Pendidikan Fisika dalam kurikulum melibatkan pendekatan agar pembelajaran relevan, berkualitas, dan efektif. Berikut adalah beberapa strategi yang diterapkan dalam Program Studi Pendidikan Fisika:
- Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (OBE)
- Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran
- Peningkatan Kualitas Dosen
- Penerapan Sistem Penjaminan Mutu
- Keterlibatan Stakeholder
CPL-Prodi |
Pengertian |
Dasar Acuan |
Sikap |
Perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil aktualisasi dan internalisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan sosial dan spiritual melalui proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengalaman praktek lapang mahasiswa. |
SN-Dikti Asosiasi/Kesepakatan Prodi Sejenis PT |
Keterampilan Umum |
Kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi. |
SN-Dikti Asosiasi/Kesepakatan Prodi Sejenis |
Keterampilan khusus |
Kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi. |
Asosiasi/Kesepakatan Prodi Sejenis Visi Misi PT-Prodi |
Pengetahuan |
Penguasaan konsep, teori, metode bidang ilmu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengalaman praktek lapang mahasiswa. |
Asosiasi/Kesepakatan Prodi Sejenis Visi Misi PT-Prodi |

Dr. Rif'ati Dina Handayani
Koordinator Program Studi Pendidikan Fisika
Belajar fisika akan membuka wawasan kita secara luas, memperkaya pemahaman tentang alam semesta dan teknologi, serta membentuk kemampuan analisis yang tajam. Menjadi guru fisika yang profesional adalah salah satu langkah penting dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas, yang akan berkontribusi untuk kemajuan Indonesia, menjadikan negara ini lebih baik di masa depan.
Berita Program Studi
Testimoni Alumni
Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNEJ menghasilkan lulusan yang berkualitas, dengan kemampuan mengajar yang sangat baik. Lulusan dari prodi ini memiliki pengetahuan yang mendalam dan mampu menyampaikan materi dengan efektif.
Pengumuman
Dosen Pendidikan Fisika
Kelompok Riset (KeRis) Pendidikan Fisika
Physics Learning Strategies
Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.
Applied Physics Learning
Applied Physics Learning adalah kelompok riset di Pendidikan Fisika yang fokus pada penerapan fisika di pendidikan dan non-pendidikan. Di bidang pendidikan, meneliti manajemen pendidikan dan profesionalisme guru dengan TPACK. Di bidang non-pendidikan, membahas geofisika, instrumentasi, dan ketahanan pangan berbasis teknologi radiasi ELF.
Theoretical and Culture Physics Learning
Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.
Survei Layanan Kepuasan Program Studi Pendidikan Fisika

Jurnal Pendidikan Fisika
Jurnal Pembelajaran Fisika | ISSN: 2301-9794 (Cetak) | ISSN: 2721-1959 (Online) merupakan jurnal nasional akses terbuka dan peer-review, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jember, yang diterbitkan oleh Universitas Jember. Cakupan jurnal kami meliputi: Inovasi Pembelajaran Fisika, Model dan Media Pembelajaran Fisika, Asesmen Pembelajaran Fisika, Filsafat dan Kurikulum Pendidikan Fisika, Isu-isu Pendidikan Fisika, Studi Fisika, Aplikasi Fisika, Fisika Bumi dan Astronomi, Fisika Teoritis dan Komputasi, Fisika Material, dan Fisika Instrumentasi. Jurnal ini diterbitkan empat kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember.