 
			Selamat Datang di Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember
- Sejarah Singkat Prodi
- Visi dan Misi Prodi
- Profil Lulusan
- Strategi Program Studi
- Capaian Pembelajaran
- Mutu
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia didirikan berdasarkan SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 287/DIKTI/Kep/1993 dengan tujuan menghasilkan pendidik yang berkualitas di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia. Sejak awal berdirinya, prodi ini fokus pada pengembangan kurikulum yang relevan dan penerapan metode pengajaran yang efektif. Dengan akreditasi UNGGUL dari Lembaga Akreditasi Pendidikan (Lamdik), prodi ini terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui fasilitas laboratorium dan ruang kuliah yang nyaman serta didukung oleh dosen berkompeten. Program studi ini juga memiliki kredibilitas tinggi di kalangan institusi pendidikan dan terus berkontribusi dalam perkembangan ilmu bahasa, sastra dan pendidikan di Indonesia.
Sertifikat Akreditasi
- 2023-2028 (Unduh)
- 2018-2023 (Unduh)
- 2013-2018 (Unduh)
- 2008-2013 (Unduh)
Dokumen Penting Prodi:
- Sebaran Mata Kuliah (Unduh)
- Rodmap Penelitian (Unduh)
Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pada tahun 2026, menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Unggul dalam pengembangan bahasa, sastra, dan pembelajarannya berkonteks kajian ekologi sosiokultural untuk memenuhi tantangan global.
Misi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam menyiapkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang cinta tanah air, mandiri, berkompeten dan responsif terhadap lingkungan ekologi sosiokultural dalam memenuhi kebutuhan global.
- Mengembangkan kompetensi dosen dalam penelitian dan publikasi secara nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sehingga tercipta suasana pembelajaran berbasis penelitian.
- Mengembangkan kompetensi dosen dalam pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan hasil-hasil penelitian di bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya.
| No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan | 
|---|---|---|
| 1 | PPM 1 | Menguasai konsep bahasa, sastra Indonesia dan pembelajarannya sehingga mampu mendukung tugasnya sebagai pendidik bahasa dan sastra Indonesia khususnya di sekolah menengah dan kejuruan dengan memanfaatkan khasanah lingkungan sosial-budaya, dan agroindustrial serta adaptif terhadap perkembangan TIK. | 
| 2 | PPM 2 | Memberikan kontribusi bagi pemecahan permasalahan bahasa, sastra, dan pembelajarannya dalam konteks sosial-budaya, agroindustrial, dalam riset yang dapat dikembangkan sesuai era global. | 
| 3 | PPM 3 | Memiliki kemampuan mengelola wirausaha bahasa yang mampu mengembangkan potensi bahasa dan sastra untuk menjadi peluang bisnis agar mampu meningkatan kreativitas, kelestarian, dan penyebarluasan bahasa dan sastra Indonesia serta pemanfaatannya dalam pembelajaran. | 
Strategi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dalam kurikulum melibatkan pendekatan agar pembelajaran relevan, berkualitas, dan efektif. Berikut adalah beberapa strategi yang diterapkan dalam Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia:
- Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (OBE)
- Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran
- Peningkatan Kualitas Dosen
- Penerapan Sistem Penjaminan Mutu
- Keterlibatan Stakeholder
| No | CPL | Kode | Indikator Kinerja | 
 | 
| SIKAP | ||||
| CPL-1 | Mampu menginternalisasi sikap religius. | 1a 
 
 1b 
 
 
 
 
 
 
 | Menunjukkan sikap religius dalam berinteraksi sebagai realisasi sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Menunjukkan sikap peduli, jujur, bersyukur, bertanggung jawab, dan disiplin sebagai realisasi pemahaman nilai-nilai religius. | 
 | 
| CPL-2 | Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, dan etika sosial, akademik serta menerapkan nilai-nilai nasionalisme dan taat hukum. | 2a 
 
 
 
 2b | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap bahasa, sastra, dan budaya sebagai realisasi sikap cinta tanah dan nasionalime 
 Menunjukkan sikap taat hukum, menjaga etika, nilai, norma sosial dan akademik. 
 | 
 | 
| CPL -3 | Menerapkan sikap peduli lingkungan, menerapkan hidup sehat untuk menjaga diri dan lingkungan sekitar. | 3a 
 
 3b | Menerapkan sikap menjaga lingkungan dengan menunjukkan sikap peduli lingkungan alam, sosial, dan budaya. Melakukan aktivitas menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar. | 
 | 
| PENGETAHUAN | 
 | |||
| CPL -4 | Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan keterampilan bahasa. | 4a | Mengetahui konsep dasar kebahasaan dalam penelitian bahasa | 
 | 
| 4b | Mengetahui konsep dasar keterampilan bahasa dalam penelitian bahasa | 
 | ||
| CPL-5 | Menguasi konsep-konsep dasar ilmu sastra dan keterampilan bersastra | 5a | Mengetahui konsep dasar ilmu sastra dalam kajian sastra | 
 | 
| 5a | Mengetahui konsep dasar ilmu sastra dalam keterampilan bersastra | 
 | ||
| CPL-6 | Menguasai dasar-dasar pendidikan, strategi pembelajaran, teori belajar, psikologi pendidikan, dan perkembangan peserta didik untuk pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia | 6a | Mendeskripsikan dasar-dasar pendidikan teori belajar, strategi pembelajaran, psikologi pendidikan, dan perkembangan peserta didik untuk pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia | 
 | 
| 6b | Memahami dasar-dasar penyelesaian masalah pendidikan berdasarkan teori belajar, strategi pembelajaran, psikologi pendidikan, dan perkembangan peserta didik untuk pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia | 
 | ||
| 6c | Memahami dasar-dasar psikologi dan bahasa dan teori khusus pembelajaran bahasa, perkembangan koginitif, afektif, dan psikomotorik, dalam tahapan penguasaan bahasa dan pembelajarannya | 
 | ||
| CPL -7 | Menguasai konsep dasar pengembangan perangkat dan asesmen pembelajaran serta aplikasinya sesuai kemajuan teknologi informasi. | 7a | Mengetahui dasar pengembangan perangkat pembelajaran dan penerapan perkembangan teknologi dalam pembelajaran dan pengembangan perangkat pembelajaran. | 
 | 
| 7b | Memahami dasar-dasar perkembangan teknologi dan informasi khususnya dalam asesemen pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. | 
 | ||
| CPL -8 | Menguasai konsep-konsep dasar pengembangan literasi dan teknologi informasi untuk memberikan dukungan pada kewirausahaan dan pertanian industrial. | 8a | Mengetahui dasar-dasar pengembangan literasi dan pemanfaatan teknologi informasi | 
 | 
| 8b | Mengetahui dasar-dasar manajemen kewirausahaan umum, pengembangan wirausaha bahasa dan sastra yang berbasis lokalitas pertanian industrial. | 
 | ||
| CPL-9 | Memahami dasar-dasar kewirausahaan dan manajemennya dalam mengembangkan industri kreatif bahasa | 9a | Mengetahui dasar-dasar kewirausahaan bahasa dan manajemen industri kreatif bahasa. | 
 | 
| 9b | Mengetahui dasar-dasar pengembangan kewirausahaan bahasa dan manajemen industri kreatif bahasa. | 
 | ||
| KETERAMPILAN UMUM | ||||
| CPL-10 | Menerapkan sikap logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menerapkan nilai-nilai humaniora dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia | 10a 
 
 
 10b 
 
 
 
 | Merencanakan penelitian di bidang linguistik, sastra, dan pembelajaran bahasa Indonesia 
 Menerapkan konsep linguistik dan sastra dalam penelitian 
 
 | 
 | 
| 10c 
 | Menghasilkan karya ilmiah bidang kebahasaaan, kesastraan, dan pembelajarannya. 
 | 
 | ||
| CPL-11 | Mengimplementasikan kerja secara mandiri, berkolaborasi, dengan menerapkan keterampilan berkomunikasi yang berkualitas. | 11a 
 
 
 
 | Menerapakn sikap positif dalam kerja mandiri dan atau kolaboratif dalam melakukan pengembangan keterampilan bahasa dan sastra 
 | 
 | 
| 11b 
 | Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dengan memperhatikan konteks sosial-budaya masyarakat baik secara lisan dan tulis. | 
 | ||
| CPL-12 | Mampu mengakaji implikasi pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai-nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan sastra untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, dan kritik seni, menyusun deskripsi saintifik untuk tugas akhir serta mempublikasikannya. | 12a | Melakukan riset bahasa dan pembelajaran bahasa sesuai kaidah dan metode penelitian ilmu bahasa dan pembelajarannya. | 
 | 
| 12b | Melakukan riset sastra dan pembelajaran sastra sesuai kaidah dan metode penelitian ilmu sastra dan pembelajarannya. | 
 | ||
| 12c | Melakukan pengembangan wirausaha bahasa dan industri reatif bahasa untuk memajukan kearifan lokal, khususnya pertanian industrial. | 
 | ||
| 12d | Melakukan pengembangan perangkat pembelajaran untuk keperluan BIPA sesuai dengan konteks perkembangannya. | 
 | ||
| KETERAMPILAN KHUSUS | ||||
| CPL-13 | Melakukan aktivitas analisis dan pengembangan gagasan-gagasan filsafat ilmu, ontologi, epistimologi, dan aksiologi dan sarana berpikir ilmiah sebagai dasar mengambil keputusan | 
 13a | 
 Melaksanakan penelitian bahasa dan atau pembelajarannya dengan penggalian sumber daya bahasa sesuai dengan isu globalitas dan perkembangan teknologi dan informasi dengan hasil akhir publikasi baik nasional mau pun internasional. | 
 | 
| 13b | Melaksanakan penelitian sastra dan atau pembelajarannya dengan penggalian sumber daya bahasa sesuai dengan isu globalitas dan perkembangan teknologi dan informasi dengan hasil akhir publikasi baik nasional mau pun internasional. | 
 | ||
| 13c | Melaksanakan riset perkembangan penguasaan bahasa dan pembelajarannya sesuai teori bahasa dan perkembangan penguasaan bahasa. | 
 | ||
| CPL-14 | Mahir berkomunikasi secara lisan dan tulis dalam konteks umum dan akademis, komunikasi bidang kerja, membangun jejaring, dan mampu menggunakan salah satu bahasa asing 
 | 
 14a | 
 Mengomunikasikan hasil pemikiran secara tulis dan lisan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan aspek kontruktivisme bahasa pendidikan dan untuk keperluan aktivitas praktik pembelajaran. 
 
 | 
 | 
| 14b | Menghasilkan produk keterampilan bahasa dan bersastra untuk keperluan interaksi sosial, pekerjaan, dan membangun jejaring wirausaha bahasa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. | 
 | ||
| 14c | Mengomunikasikan hasil penelitian dalam bahasa Indonesia ragam ilmiah baik secara lisan dan tulis | 
 | ||
| CPL-15 | Mampu mengapresiasi, berekspresi, dan berkreasi dengan memperhatikan ilmu sastra yang mendukung kelestarian potensi budaya dan lokalitas serta perkembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia | 15a | Menganalisis potensi budaya dan lokalitas dari aspek kajian ilmu sastra untuk keperluan menyelesaikan masalah sosial dan pembelajarannya | 
 | 
| 15b | Mengembangkan hasil analisis potensi budaya dan lokalitas dari aspek kajian ilmu sastra untuk keperluan menyelesaikan masalah sosial dan pembelajarannya dalam berbagai wujud produk ilmiah | 
 | ||
| 15c | Menganalisis potensi bahasa dan budaya serta lokalitas dari aspek kajian ilmu bahasa untuk keperluan menyelesaikan masalah sosial dan pembelajarannya | 
 | ||
| 15d | Mengembangkan hasil analisis potensi budaya dan lokalitas dari aspek kajian ilmu bahasa untuk keperluan menyelesaikan masalah sosial dan pembelajarannya dalam berbagai wujud produk ilmiah | 
 | ||
Penjaminan mutu internal prodi adalah proses yang memastikan kualitas pendidikan tinggi melalui perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi berkelanjutan terhadap kegiatan akademik dan administrasi. Hal ini bertujuan untuk memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan, meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan memastikan layanan yang berkualitas bagi mahasiswa dan stakeholder terkait.
Dokumen penjaminan mutu internal.
- Kebijakan SPMI (Unduh)
- Standar SPMI (Unduh)
- Standar Tambahan (Unduh)
- SPMI Manual (Unduh)
- Formulir SPMI (Unduh)
Prestasi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
 
			
Dr. Rusdhianti Wuryaningrum, S.Pd., M.Pd
Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
“Belajar di Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia bukan sekadar memahami kata dan makna, tetapi juga belajar memahami manusia, budaya, dan peradaban. Di sinilah kami membentuk generasi yang mampu berpikir kritis, berbahasa santun, dan berkarya dengan nilai-nilai kebangsaan.”
Berita Program Studi
Testimoni Alumni
“Bangga jadi alumni Bahasa dan Sastra Indonesia UNEJ! Di sini saya belajar bukan hanya tentang bahasa, tapi juga tentang bagaimana mengolah kata menjadi karya dan menjadikan sastra sebagai jalan inspirasi.”
Pengumuman
Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Prof. Dr. Sukatman, M.Pd.
- Prof. Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd.
- Dr. Rusdhianti Wuryaningrum, M.Pd
- Dr. Arief Rijadi, M.Si., S.Pd.
- Dr. Parto, M.Pd.
- Dr. Furoidatul Husniah, S.S., M.Pd.
- Anita Widjajanti, S.S., M.Hum.
- Siswanto, S.Pd., M.A.
- Dr. Adenarsy Avereus Rahman, M.Pd.
- Bambang Edi Pornomo, M.Pd
- Ahmad Syukron, M.Pd.
- Yoga Yolanda, M.Pd.
- Fitri Nura Murti, M.Pd.
- Siwi Tri Purnani, M.Pd.
- Dina Fitria Hasana, M.Pd.
- Hilma Azmi Azizah, M.Pd.
- Inno Cahyaning Tyas, M.Pd.
Kelompok Riset (KeRis) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Physics Learning Strategies
Kelompok Riset PhyLeStra Universitas Jember mengembangkan strategi pembelajaran fisika berbasis teknologi, kearifan lokal, dan abad 21. Anggota berkompeten, fokus riset inovatif, media pembelajaran, dan implementasi di sekolah mitra.
Applied Physics Learning
Applied Physics Learning adalah kelompok riset di Pendidikan Fisika yang fokus pada penerapan fisika di pendidikan dan non-pendidikan. Di bidang pendidikan, meneliti manajemen pendidikan dan profesionalisme guru dengan TPACK. Di bidang non-pendidikan, membahas geofisika, instrumentasi, dan ketahanan pangan berbasis teknologi radiasi ELF.
Theoretical and Culture Physics Learning
Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.
Hasil Survei Layanan Kepuasan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia
- Hasil rata-rata survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan 83%
- Hasil rata-rata survei kepuasan dosen terhadap layanan 82,53%
- Hasil rata-rata survei kepuasan karyawan terhadap layanan 86,25%
- Hasil rata-rata survei kepuasan alumni terhadap layanan 83%
- Hasil rata-rata survei kepuasan pengguna terhadap layanan 87%
 
			Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
LINGUA SKOLASTIKA: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya (LINSKO) adalah jurnal nasional dengan E-ISSN: 2985-4504 yang dikelola secara profesional dan dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. LINSKO didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya. Jurnal ini menerbitkan naskah penelitian tentang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Dalam penentuan artikel, Linsko mengutamakan kemutakhiran dan signifikansi pada bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya untuk turut serta dalam memajukan ilmu pengetahuan di Indonesia.
