Selamat Datang di Program Studi

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia didirikan berdasarkan SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 287/DIKTI/Kep/1993 dengan tujuan menghasilkan pendidik yang berkualitas di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia. Sejak awal berdirinya, prodi ini fokus pada pengembangan kurikulum yang relevan dan penerapan metode pengajaran yang efektif. Dengan akreditasi UNGGUL dari Lembaga Akreditasi Pendidikan (Lamdik), prodi ini terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui fasilitas laboratorium dan ruang kuliah yang nyaman serta didukung oleh dosen berkompeten. Program studi ini juga memiliki kredibilitas tinggi di kalangan institusi pendidikan dan terus berkontribusi dalam perkembangan ilmu bahasa, sastra dan pendidikan di Indonesia.

Sertifikat Akreditasi

  1. 2023-2028 (Unduh)
  2. 2018-2023 (Unduh)
  3. 2013-2018 (Unduh)
  4. 2008-2013 (Unduh)

Dokumen Penting Prodi:

  1. Sebaran Mata Kuliah (Unduh)
  2. Rodmap Penelitian (Unduh)

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pada tahun 2026, menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Unggul dalam pengembangan bahasa, sastra, dan pembelajarannya berkonteks kajian ekologi sosiokultural untuk memenuhi tantangan global.

 

Misi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam menyiapkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra  Indonesia yang cinta tanah air, mandiri, berkompeten dan responsif terhadap lingkungan ekologi sosiokultural dalam memenuhi kebutuhan global.
  • Mengembangkan kompetensi dosen dalam penelitian dan publikasi secara nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sehingga tercipta suasana pembelajaran berbasis penelitian.
  • Mengembangkan kompetensi dosen dalam pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan hasil-hasil penelitian di bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya.
No Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
1 PPM 1 Menguasai konsep bahasa, sastra Indonesia dan pembelajarannya sehingga mampu mendukung tugasnya sebagai pendidik bahasa dan sastra Indonesia khususnya di sekolah menengah dan kejuruan dengan memanfaatkan khasanah lingkungan sosial-budaya, dan agroindustrial serta adaptif terhadap perkembangan TIK.
2 PPM 2 Memberikan kontribusi bagi pemecahan permasalahan bahasa, sastra, dan pembelajarannya dalam konteks sosial-budaya, agroindustrial, dalam riset yang dapat dikembangkan sesuai era global.
3 PPM 3 Memiliki kemampuan mengelola wirausaha bahasa yang mampu mengembangkan potensi bahasa dan sastra untuk menjadi peluang bisnis agar mampu meningkatan kreativitas, kelestarian, dan penyebarluasan bahasa dan sastra Indonesia serta pemanfaatannya dalam pembelajaran.

Strategi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dalam kurikulum melibatkan pendekatan agar pembelajaran relevan, berkualitas, dan efektif. Berikut adalah beberapa strategi yang diterapkan dalam Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia:

  1. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (OBE)
  2. Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran
  3. Peningkatan Kualitas Dosen
  4. Penerapan Sistem Penjaminan Mutu
  5. Keterlibatan Stakeholder

No

CPL

Kode

Indikator Kinerja

 

SIKAP

CPL-1

Mampu menginternalisasi sikap religius.

1a

 

 

1b

 

 

 

 

 

 

 

Menunjukkan sikap religius dalam berinteraksi sebagai realisasi sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Menunjukkan sikap peduli, jujur, bersyukur, bertanggung jawab, dan disiplin sebagai realisasi pemahaman nilai-nilai religius.

 

CPL-2

Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, dan etika sosial, akademik serta menerapkan nilai-nilai nasionalisme dan taat hukum.

2a

 

 

 

 

2b

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap bahasa, sastra, dan budaya sebagai realisasi  sikap cinta tanah dan nasionalime

 

Menunjukkan sikap taat hukum, menjaga etika, nilai, norma sosial dan akademik.

 

 

CPL -3

Menerapkan sikap peduli lingkungan, menerapkan hidup sehat untuk menjaga diri dan lingkungan sekitar.

3a

 

 

3b

Menerapkan sikap menjaga lingkungan dengan menunjukkan sikap peduli lingkungan alam, sosial, dan budaya.

Melakukan aktivitas menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar. 

 

PENGETAHUAN

 

CPL -4

Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan keterampilan bahasa.

4a

Mengetahui konsep dasar kebahasaan dalam penelitian bahasa

 

4b

Mengetahui konsep dasar keterampilan bahasa dalam penelitian bahasa

 

CPL-5

Menguasi konsep-konsep dasar ilmu sastra dan keterampilan bersastra

5a

Mengetahui konsep dasar ilmu sastra dalam kajian sastra

 

5a

Mengetahui konsep dasar ilmu sastra dalam keterampilan bersastra

 

CPL-6

Menguasai dasar-dasar pendidikan, strategi pembelajaran, teori belajar, psikologi pendidikan, dan perkembangan peserta didik untuk pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

6a

Mendeskripsikan dasar-dasar pendidikan teori belajar, strategi pembelajaran, psikologi pendidikan, dan perkembangan peserta didik untuk pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

 

6b

Memahami dasar-dasar penyelesaian masalah pendidikan berdasarkan teori belajar, strategi pembelajaran, psikologi pendidikan, dan perkembangan peserta didik untuk pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

 

6c

Memahami dasar-dasar psikologi dan bahasa dan teori khusus pembelajaran bahasa, perkembangan koginitif, afektif, dan psikomotorik, dalam tahapan penguasaan bahasa dan pembelajarannya

 

CPL -7

Menguasai konsep dasar pengembangan perangkat  dan asesmen pembelajaran serta aplikasinya sesuai kemajuan teknologi informasi.

7a

Mengetahui dasar pengembangan perangkat pembelajaran dan penerapan perkembangan teknologi dalam pembelajaran dan pengembangan perangkat pembelajaran.

 

7b

Memahami dasar-dasar perkembangan teknologi dan informasi khususnya dalam asesemen pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

CPL -8

Menguasai konsep-konsep dasar pengembangan literasi dan teknologi informasi untuk memberikan dukungan pada kewirausahaan dan pertanian industrial.

8a

Mengetahui dasar-dasar pengembangan literasi dan pemanfaatan teknologi informasi

 

8b

Mengetahui dasar-dasar manajemen kewirausahaan umum, pengembangan wirausaha bahasa dan sastra yang berbasis lokalitas pertanian industrial.

 

CPL-9

Memahami dasar-dasar kewirausahaan dan manajemennya dalam mengembangkan industri kreatif bahasa

9a

Mengetahui dasar-dasar kewirausahaan bahasa dan manajemen industri kreatif bahasa.

 

9b

Mengetahui dasar-dasar pengembangan kewirausahaan bahasa dan manajemen industri kreatif bahasa.

 

KETERAMPILAN UMUM

CPL-10

Menerapkan sikap logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menerapkan nilai-nilai humaniora dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

10a

 

 

 

10b

 

 

 

 

Merencanakan penelitian di bidang linguistik, sastra, dan  pembelajaran bahasa Indonesia

 

Menerapkan konsep linguistik dan sastra dalam penelitian

 

 

 

10c

 

Menghasilkan karya ilmiah bidang kebahasaaan, kesastraan, dan pembelajarannya.

 

 

CPL-11

Mengimplementasikan  kerja secara mandiri, berkolaborasi, dengan menerapkan keterampilan berkomunikasi yang berkualitas.

11a

 

 

 

 

Menerapakn sikap positif dalam kerja mandiri dan atau kolaboratif dalam melakukan pengembangan keterampilan bahasa dan sastra

 

 

11b

 

Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dengan memperhatikan konteks sosial-budaya masyarakat baik  secara lisan dan tulis.

 

CPL-12

Mampu mengakaji implikasi pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai-nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan sastra untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, dan kritik seni, menyusun deskripsi saintifik untuk tugas akhir serta mempublikasikannya.

12a

Melakukan riset bahasa dan pembelajaran bahasa sesuai kaidah dan metode penelitian ilmu bahasa dan pembelajarannya.

 

12b

Melakukan riset sastra dan pembelajaran sastra sesuai kaidah dan metode penelitian ilmu sastra dan pembelajarannya.

 

12c

Melakukan pengembangan wirausaha bahasa dan industri reatif bahasa untuk memajukan kearifan lokal, khususnya pertanian industrial.

 

12d

Melakukan pengembangan perangkat pembelajaran untuk keperluan BIPA sesuai dengan konteks perkembangannya.

 

KETERAMPILAN KHUSUS

CPL-13

Melakukan aktivitas analisis dan pengembangan gagasan-gagasan filsafat ilmu, ontologi, epistimologi, dan aksiologi dan sarana berpikir ilmiah sebagai dasar mengambil keputusan

 

13a

 

Melaksanakan penelitian bahasa dan atau pembelajarannya dengan penggalian sumber daya bahasa sesuai dengan isu globalitas dan perkembangan teknologi dan informasi dengan hasil akhir publikasi baik nasional mau pun internasional.

 

13b

Melaksanakan penelitian sastra dan atau pembelajarannya dengan penggalian sumber daya bahasa sesuai dengan isu globalitas dan perkembangan teknologi dan informasi dengan hasil akhir publikasi baik nasional mau pun internasional.

 

13c

Melaksanakan riset perkembangan penguasaan bahasa dan pembelajarannya sesuai teori bahasa dan perkembangan penguasaan bahasa.

 

CPL-14

Mahir berkomunikasi secara lisan dan tulis dalam konteks umum dan akademis, komunikasi bidang kerja, membangun jejaring, dan mampu menggunakan salah satu bahasa asing

 

 

14a

 

Mengomunikasikan  hasil pemikiran secara tulis dan lisan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan aspek kontruktivisme bahasa pendidikan dan untuk keperluan aktivitas praktik pembelajaran.

 

 

 

14b

Menghasilkan produk keterampilan bahasa dan bersastra untuk keperluan interaksi sosial, pekerjaan, dan membangun jejaring wirausaha bahasa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. 

 

14c

Mengomunikasikan hasil penelitian dalam bahasa Indonesia ragam ilmiah baik secara lisan dan tulis

 

CPL-15

Mampu mengapresiasi, berekspresi, dan berkreasi dengan memperhatikan ilmu sastra yang mendukung kelestarian potensi budaya dan lokalitas serta perkembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

15a

Menganalisis potensi budaya dan lokalitas dari aspek kajian ilmu sastra untuk keperluan menyelesaikan masalah sosial dan pembelajarannya

 

15b

Mengembangkan hasil analisis potensi budaya dan lokalitas dari aspek kajian ilmu sastra untuk keperluan menyelesaikan masalah sosial dan pembelajarannya dalam berbagai wujud produk ilmiah

 

15c

Menganalisis potensi bahasa dan  budaya serta lokalitas dari aspek kajian ilmu bahasa untuk keperluan menyelesaikan masalah sosial dan pembelajarannya

 

15d

Mengembangkan hasil analisis potensi budaya dan lokalitas dari aspek kajian ilmu bahasa untuk keperluan menyelesaikan masalah sosial dan pembelajarannya dalam berbagai wujud produk ilmiah

 

 

Penjaminan mutu internal prodi adalah proses yang memastikan kualitas pendidikan tinggi melalui perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi berkelanjutan terhadap kegiatan akademik dan administrasi. Hal ini bertujuan untuk memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan, meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan memastikan layanan yang berkualitas bagi mahasiswa dan stakeholder terkait.

Dokumen penjaminan mutu internal.

  1. Kebijakan SPMI (Unduh)
  2. Standar SPMI (Unduh)
  3. Standar Tambahan (Unduh)
  4. SPMI Manual (Unduh)
  5. Formulir SPMI (Unduh)

Prestasi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dr. Rusdhianti Wuryaningrum, S.Pd., M.Pd

Dr. Rusdhianti Wuryaningrum, S.Pd., M.Pd

Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

“Belajar di Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia bukan sekadar memahami kata dan makna, tetapi juga belajar memahami manusia, budaya, dan peradaban. Di sinilah kami membentuk generasi yang mampu berpikir kritis, berbahasa santun, dan berkarya dengan nilai-nilai kebangsaan.”

Berita Program Studi

FKIP Universitas Jember Bangga Atas Pencapaian Prof. Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. sebagai Guru Besar Baru

Jember – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) menyampaikan rasa bangga dan ucapan selamat atas dikukuhkannya salah satu dosen terbaiknya, Bapak Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd., sebagai Guru Besar dalam bidang Sastra dan...

Sertifikasi Associate Data Scientist BNSP Diadakan di FKIP Universitas Jember

Jember- Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Associate Data Scientist BNSP bagi dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember, diadakan pada Senin, 14 Oktober 2025. Kegiatan ini bekerja sama...

Peserta Dalami Feature Engineering dan Data Processing di Hari Kedua Pelatihan

Jember- Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Associate Data Scientist BNSP bagi dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jember berlanjut pada Selasa, 15 Oktober 2025. Pada hari kedua ini, pelatihan difokuskan pada peningkatan kemampuan praktis peserta...

Pendampingan Proyek Uji Kompetensi Data Scientist Dosen PBSI UNEJ

Jember- Memasuki hari ketiga, Rabu, 16 Oktober 2025, kegiatan sertifikasi Associate Data Scientist BNSP di FKIP Universitas Jember berfokus pada pendampingan proyek uji kompetensi. Seluruh peserta diarahkan untuk mengerjakan proyek mini yang menjadi bagian dari...

Dosen PBSI UNEJ Sukses Ikuti Uji Sertifikasi Associate Data Scientist BNSP

Jember- Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Associate Data Scientist BNSP bagi dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jember resmi berakhir pada Kamis, 17 Oktober 2025. Pada hari terakhir, seluruh peserta menjalani uji sertifikasi yang menjadi tahap...

Mahasiswa PBSI FKIP UNEJ Raih Juara 1 Lomba Esai Tingkat Nasional

Jember – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah nasional. Naufal Maulana, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Angkatan 2025, berhasil meraih Juara 1 Lomba...

Prestasi Gemilang Mahasiswa PBSI UNEJ dalam Ajang LKTIN Nasional

Jember – Tim Pena Cendekia dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Jember berhasil menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional. Mereka meraih Juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang diselenggarakan...

HMP IMABINA FKIP UNEJ Gelar Lokakarya Desgrafest 2025, Tingkatkan Kreativitas Desain Grafis Mahasiswa Jember

JEMBER – Himpunan Mahasiswa Program Studi Prndidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMP IMABINA) FKIP Universitas Jember kembali menghadirkan acara tahunan mereka, Desgrafest (Desain Grafis Festival) 2025. Acara yang mengusung tema "Lokakarya Desain Grafis:...

HMP IMABINA Universitas Jember Gelar Olimpiade Bahasa Indonesia Nasional, Final Siap Berlangsung 29 Agustus 2025

Jember - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jember (HMP IMABINA) kembali menggelar kompetisi Olimpiade Bahasa Indonesia (OBI) Nasional 2025 untuk jenjang SMA/MA/SMK. OBI 2025 mengusung tema “Gelora Karsa Nusantara:...

Kolaborasi Lintas Negara, PBSI FKIP UNEJ Gelar Seminar Internasional Bahas Riset di Era Digital

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jember, sukses menyelenggarakan seminar internasional dengan tema “Integrating Research in Language and Literature Learning in the Digital Era”....

Testimoni Alumni

“Bangga jadi alumni Bahasa dan Sastra Indonesia UNEJ! Di sini saya belajar bukan hanya tentang bahasa, tapi juga tentang bagaimana mengolah kata menjadi karya dan menjadikan sastra sebagai jalan inspirasi.”

Dewi Lestari, S.Pd.

Guru

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  1. Prof. Dr. Sukatman, M.Pd.
  2. Prof. Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd.
  1. Dr. Rusdhianti Wuryaningrum, M.Pd
  2. Dr. Arief Rijadi, M.Si., S.Pd.
  1. Dr. Parto, M.Pd.
  2. Dr. Furoidatul Husniah, S.S., M.Pd.
  3. Anita Widjajanti, S.S., M.Hum.
  4. Siswanto, S.Pd., M.A.
  1. Dr. Adenarsy Avereus Rahman, M.Pd.
  2. Bambang Edi Pornomo, M.Pd
  3. Ahmad Syukron, M.Pd.
  4. Yoga Yolanda, M.Pd.
  5. Fitri Nura Murti, M.Pd.
  1. Siwi Tri Purnani, M.Pd.
  2. Dina Fitria Hasana, M.Pd.
  3. Hilma Azmi Azizah, M.Pd.
  4. Inno Cahyaning Tyas, M.Pd.

Kelompok Riset (KeRis) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Physics Learning Strategies

Kelompok Riset PhyLeStra Universitas Jember mengembangkan strategi pembelajaran fisika berbasis teknologi, kearifan lokal, dan abad 21. Anggota berkompeten, fokus riset inovatif, media pembelajaran, dan implementasi di sekolah mitra.

Applied Physics Learning

Applied Physics Learning adalah kelompok riset di Pendidikan Fisika yang fokus pada penerapan fisika di pendidikan dan non-pendidikan. Di bidang pendidikan, meneliti manajemen pendidikan dan profesionalisme guru dengan TPACK. Di bidang non-pendidikan, membahas geofisika, instrumentasi, dan ketahanan pangan berbasis teknologi radiasi ELF.

Theoretical and Culture Physics Learning

Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.

Hasil Survei Layanan Kepuasan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Hasil rata-rata survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan 83% 83%
  • Hasil rata-rata survei kepuasan dosen terhadap layanan 82,53% 82,53%
  • Hasil rata-rata survei kepuasan karyawan terhadap layanan 86,25% 86,25%
  • Hasil rata-rata survei kepuasan alumni terhadap layanan 83% 83%
  • Hasil rata-rata survei kepuasan pengguna terhadap layanan 87% 87%

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

LINGUA SKOLASTIKA: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya (LINSKO) adalah jurnal nasional dengan E-ISSN: 2985-4504 yang dikelola secara profesional dan dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. LINSKO didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya. Jurnal ini menerbitkan naskah penelitian tentang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Dalam penentuan artikel, Linsko mengutamakan kemutakhiran dan signifikansi pada bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya untuk turut serta dalam memajukan ilmu pengetahuan di Indonesia.