Selamat Datang di Program Studi
Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember
- Sejarah Singkat Prodi
- Visi dan Misi Prodi
- Profil Lulusan
- Strategi Program Studi
- Capaian Pembelajaran
- Mutu
Program Studi Pendidikan Fisika didirikan berdasarkan SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 44/DIKTI/Kep/1984 dengan tujuan menghasilkan pendidik yang berkualitas di bidang fisika. Sejak awal berdirinya, prodi ini fokus pada pengembangan kurikulum yang relevan dan penerapan metode pengajaran yang efektif. Dengan akreditasi UNGGUL dari Lembaga Akreditasi Pendidikan (Lamdik), prodi ini terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui fasilitas laboratorium dan ruang kuliah yang nyaman serta didukung oleh dosen berkompeten. Program studi ini juga memiliki kredibilitas tinggi di kalangan institusi pendidikan dan terus berkontribusi dalam perkembangan ilmu fisika dan pendidikan di Indonesia.
Sertifikat Akreditasi
- 2023-2028 (Unduh)
- 2018-2023 (Unduh)
- 2013-2018 (Unduh)
- 2008-2013 (Unduh)
Dokumen Penting Prodi:
- Sebaran Mata Kuliah (Unduh)
- Rodmap Penelitian (Unduh)
Visi Program Studi Pendidikan Biologi
Menjadi program studi sarjana pendidikan biologi yang terkemuka dan bereputasi internasional dalam inovasi pendidikan biologi yang mendukung pertanian industrial berkelanjutan.
Misi Program Studi Pendidikan Biologi
- Menyelenggarakan pendidikan yang berstandar internasional untuk menyiapkan sarjana biologi yang bertakwa, cinta tanah air, memiliki sikap profesional, mandiri, berkearifan lokal, mampu beradaptasi dalam berbagai situasi, dan peduli terhadap biodiversitas Indonesia yang mendukung pertanian industrial berkelanjutan;
- Mengembangkan budaya penelitian dalam kelompok riset (KeRis) untuk mendukung penelitian bidang kependidikan dan keilmuan biologi, serta aplikasinya yang mendukung pertanian industrial berkelanjutan;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil-hasil penelitian di bidang kependidikan dan keilmuan biologi;
- Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dan lembaga dalam negeri maupun luar negeri.
| No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
|---|---|---|
| 1 | Pendidik Biologi | Menguasai konsep biologi dan pembelajaran biologi yang mendukung pertanian industrial berkelanjutan untuk melaksanakan tugasnya sebagai pengajar biologi khususnya di sekolah SMA/MAN/SMK yang berada di kawasan agroekosistem |
| 2 | Assisten Peneliti Bidang Kependidikan dan Keilmuan Biologi | Asisten peneliti yang dapat memberikan kontribusi bagi pemecahan permasalahan biologi dan pendidikan biologi yang mendukung pertanian industrial berkelanjutan |
| 3 | Bio-Entrepreneur | Bioenterpeneur yang mampu mengembangkan konsep bidang biologi atau pendidikan biologi menjadi peluang bisnis baik secara mandiri maupun bersama-sama orang lain |
Strategi Program Studi Pendidikan Biologi dalam kurikulum melibatkan pendekatan agar pembelajaran relevan, berkualitas, dan efektif. Berikut adalah beberapa strategi yang diterapkan dalam Program Studi Pendidikan Fisika:
- Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (OBE)
- Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran
- Peningkatan Kualitas Dosen
- Penerapan Sistem Penjaminan Mutu
- Keterlibatan Stakeholder
| No.CPL | Aspek | Uraian |
| 1 | Sikap | S-1 : Mampu menunjukkan sikap beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat |
| 2 | S-2 : Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan secara mandiri sesuai bidang keahlian dengan menginternalisasi nilai utama Universitas Jember | |
| 3 | Keterampilan Umum | KU-1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan menunjukkan kinerja mandiri yang bermutu dan terukur maupun kinerja secara berkelompok |
| 4 | KU-2 : Mampu Menyusun hasil kajian berdasarkan analisis data dan informasi yang terjamin atas kesahihannya dan bebas dari plagiasi | |
| 5 | KU-3: mengembangkan Mampu jiwa kewirausahaan yang berbasis IPTEK yang berwawasan lingkungan dan industrial pertanian melalui pengembangan jejaring kerja sama | |
| 6 | Keterampilan Khusus | KK-1: Mampu mengelola pembelajaran fisika inovatif di kelas dan laboratorium dengan mengintegrasikan IPTEK |
| 7 | KK-2 : Mampu mengimplementasikan kajian ilmu fisika untuk menjelaskan fenomena alam dalam pembelajaran serta menyajikannya dalam karya ilmiah yang terintegrasi IPTEK sebagai solusi permasalahan pertanian industrial berkelanjutan. | |
| 8 | Pengetahuan | PP-1: Mampu menganalisis konsep fisika mendukung untuk pembelajaran fisika di sekolah dan program pendidikan lanjut, serta sebagai solusi permasalahan pertanian industrial berkelanjutan |
| 9 | PP-2: Mampu menganalisis konsep dasar kependidikan, kurikulum bidang fisika, serta pengelolaan kelas dan laboratorium berbasis IPTEK | |
| 10 | PP-3: Mampu merancang metode penelitian dan prinsip penulisan karya ilmiah |
Penjaminan mutu internal prodi adalah proses yang memastikan kualitas pendidikan tinggi melalui perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi berkelanjutan terhadap kegiatan akademik dan administrasi. Hal ini bertujuan untuk memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan, meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan memastikan layanan yang berkualitas bagi mahasiswa dan stakeholder terkait.
Dokumen penjaminan mutu internal.
- Kebijakan SPMI (Unduh)
- Standar SPMI (Unduh)
- Standar Tambahan (Unduh)
- SPMI Manual (Unduh)
- Formulir SPMI (Unduh)
Prestasi Mahasiswa Pendidikan Biologi

Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D.
Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi
Mari bergabung dengan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Berita Program Studi
Testimoni Alumni
Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNEJ menghasilkan lulusan yang berkualitas, dengan kemampuan mengajar yang sangat baik. Lulusan dari prodi ini memiliki pengetahuan yang mendalam dan mampu menyampaikan materi dengan efektif.
Dosen Pendidikan Biologi
- Prof. Dr. Joko Waluyo, M.Si.
- Prof. Dr. Dwi Wahyuni, M.Kes.
- Prof. Dr. Suratno, M.Si.
- Prof. Dr. Jekti Prihatin, M.Si.
- Prof. Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.P.
- Prof. Dr. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D.
- Dr. Rif’ati Dina Handayani, M.Si
- Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd
- Dr. Trapsilo Prihandono, M.Si
- Dr. Sudarti, M.Kes
- Drs. Subiki, M.Kes
- Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si
- Dr. Yushardi, S.Si., M.Si
- Drs. Mariyani, M.Pd
- Drs. Alex Harijanto, M.Si
- Rayendra Wahyu Bachtiar, S.Pd., M.Pd., Ph.D
- Firdha Kusuma Ayu A., S.Si., M.Si
- Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd
- Ike Lusi Meilina, S.Pd., M.Pd
- Ernasari, M.Pd
- Nila Mutia Dewi, S.Pd., M.Pfis
- Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis
- Dyah Arum Arimurti, S.Pd., M.Sc
- Habibah Khusna Baihaqi, S.Pd., M.Pd
- Tyas Nisa Fadilah, S.Pd., M.Si
- Niswatul Kariimah, M.Si
- Chilwatun Nasiroh, S.Pd., M.Si
Kelompok Riset (KeRis) Pendidikan Biologi
Animal & Biomedical Science (ABS)
Bidang kajian hewan dan menggabungkan bidang biologi dan kedokteran untuk fokus pada kesehatan hewan dan manusia serta pemanfataannya dalam pembelajaran.
GenTech
Penelitian di bidang bioteknologi dan rekayasa biologi lainnya seperti pemanfaatan materi biologi untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan biologi dan pendidikan biologi.
Plant Crop Science (PCS)
Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat pada bidang ilmu tumbuhan budidaya dan tanaman serta pemanfataannya dalam pembelajaran
Digital and Learning Innovation (DiLi)
Kegiatannya dalam isu terkini di bidang pendidikan serta mencari solusinya berdasarkan teori pendidikan dan intrumen mengembangkan pembelajaran, model pembelajaran dan sejenisnya
Biology Conservation (Bio-Con)
Kelompok peneliti dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang konservasi berbagai makhluk hidup dan mengintegrasikan hasil dan riset pengabdian ke dalam model pembelajaran yang berkaitan dengan konservasi biologi.
Hasil Survei Layanan Kepuasan Program Studi Pendidikan Biologi
- Hasil rata-rata survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan 83%
- Hasil rata-rata survei kepuasan dosen terhadap layanan 82,53%
- Hasil rata-rata survei kepuasan karyawan terhadap layanan 86,25%
- Hasil rata-rata survei kepuasan alumni terhadap layanan 83%
- Hasil rata-rata survei kepuasan pengguna terhadap layanan 87%
Jurnal Pendidikan Biologi
BIOEDUKASI: Journal for Biology and Biology Education (E-ISSN: 2580-0094, P-ISSN:1693-3931) is an peer-reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of biology and biology education fields such as biology curriculum, teaching biology, instructional media, and evaluation, botany, zoology, microbiology, genetics, physiology, conservation and medical sciences. Each number of volume contains 8 to 15 articles.
BIOEDUKASI: Journal for Biology and Biology Education published by Study Program of Biology, University of Jember, Indonesia. We accept submission from all over the world. Our Editorial Board members are prominent and active international researchers in biology and biology education fields who ensure efficient, fair, and constructive peer-review process. All accepted articles will be published on payment of an article-processing charge, and will be freely available to all readers with worldwide visibility and coverage.
BIOEDUKASI: Journal for Biology and Biology Education has been also indexed/registered in Google Scholars, GARUDA, ISSU, ICI, BASE, ONE SEARCH, ISSN PORTAL, RESEARCH GATE, CROSSREF, ISJD