S2 Pendidikan IPS

Selamat Datang

di Program Studi S2 Pendidikan IPS

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember

Sejarah
Visi
Akreditasi dan Elijibilitas
Profil Lulusan
Kelompok Riset
Ketenagaan
Muara Kurikulum
Event
Sejarah

Program Pascasarjana (S2) PIPS/Program Studi Magister Pendidikan IPS adalah program studi di bawah koordinasi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jember. Program Magister Pendidikan IPS dibuka berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud No.336/FF2/DT/2014 Tanggal 08 April 2014. Pada saat ini program studi S2 Magister Pendidikan IPS telah memperoleh akreditasi UNGGUL dari LAMDIK.

Visi

Visi Program Studi:

Program Studi Magister Pendidikan IPS menciptakan pendidik dan peneliti IPS yang inovatif, humanis, berbasis kearifan lokal dan berwawasan lingkungan.

 Misi Program Studi:

1.      Meningkatkan
sumberdaya dan potensi dosen beserta mahasiswa dalam pembelajaran IPS,
penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

2.      Pemutakhiran 
sumber-sumber pembelajaran IPS, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
yang berbasis kearifan local dan berwawasan lingkungan.

3.      Mengembangkan
pembelajaran yang inovatif dan humanis untuk meningkatkan kualitas lulusan

        Mengembangkan kurikulum yang progresif sesuai perkembangan IPTEKS

Tujuan Program Studi:

No

Kode Tujuan Pendidikan prodi

Deskripsi Tujuan Pendidikan Prodi

1

TP1

Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan IPS yang berkualitas dan berkompeten dalam pengembangan pembelajaran IPS dan penguatan materi ke-IPSan, menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa

2

TP2

Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang relevan dengan tujuan nasional dan daerah melalui penyelenggaraan Program Studi, penelitian, serta pengembangan sumber daya manusia akademik yang berdaya guna

3

TP3

Meningkatkan   produktivitas   dan   kualitas   luaran,   khususnya   yang berkaitan dengan kebutuhan pembangunan nasional dan dunia kerja

 

4

TP4

Memupuk dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan sektor eksternal khususnya pemerintah, dunia usaha dan Lembaga pendidikan serta dengan perguruan tinggi dan lembaga-lembaga IPTEKS lainnya, baik di dalam maupun luar negeri

5

TP5

Menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah dalam bidang pembelajaran IPS dan penguatan materi ke-IPSan

Strategi Pencapaian Tujuan PS :

  1. Membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sebagai (calon) pendidik IPS, peneliti, dan praktisi IPS yang profesional.
  2. Melakukan pemutakhiran sumber pembelajaran IPS, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Penguatan kerja sama penelitian dalam bentuk international conference, joint research dan publikasi pada jurnal terindeks scopus atau lainnya
  4. Melakukan revitalisasi kurikulum secara berkelanjutan, dengan fokus pada kajian berwawasan lingkungan dan kearifan lokal.

 

 

 

Akreditasi dan Elijibilitas

Terakreditasi UNGGUL Berdasarkan Surat Keputusan LAMDIK No. 837/SK/LAMDIK/Ak/M/IX/2023. Sertifikat Akreditasi bisa diunduh disini.

Profil Lulusan

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil Lulusan

1

Pendidik IPS

Menguasai  konsep  ke-IPSan   dan   pembelajaran IPS dalam mendukung tugasnya sebagai pendidik IPS khususnya di sekolah SMP/MTs/SMA/MAN/SMK.

2

Peneliti Pendidikan IPS dan
Terapannya

 

Peneliti yang dapat memberikan  kontribusi bagi pemecahan masalah di bidang pembelajaran IPS dan keilmuan IPS.

3

Konsultan 

 

Menguasai konsep dan prinsip keilmuan IPS untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, penerapan, evaluasi, dengan memanfaatkan IPTEKS untuk
melaksanakan tugas profesional sebagai praktisi.

4

Praktisi, wartawan,
motivator

 

Memiliki kemampuan menganalisis dan mengkreasi gagasan baru menggunakan   pendekatan analitis dan sistematis

Kelompok Riset

Prodi Magister Pendidikan IPS memiliki 3 kelompok penelitian (Research Group), yaitu 

(1) Man, Environment and Education (MEE);

Adapun roadmap penelitian yang direncanakan oleh KeRis-DiMas MEE tersaji pada gambar di bawah :

(2) Education and Social Change (ESC); dan 

              Adapun roadmap penelitian yang direncanakan oleh KeRis-DiMas ESC tersaji pada gambar dibawah ini:

(3) Economic Behaviour and Educated (ECOBED).

             Adapun roadmap penelitian yang direncanakan oleh KeRis-DiMas ECOBED tersaji pada gambar dibawah ini:

 

 

Ketenagaan

Program studi S2 Magister Pendidikan IPS dididik oleh 1 Guru Besar dan 3 Doktor tenaga profesional dibidangnya.

Dosen Homebase berdasarkan data PDDikti

   

Nama  : Dr. Pudjo Suharso, M.Si.

E-mail : harso.fkip@unej.ac.id

NIP      : 195911161986011001

NIDN   : 16115905

Jabatan Akademik : Lektor Kepala

ID Scopus : 57188964489

ID Google Scholar : FfubkGgAAAAJ&hl

ID SInta : 6009775

Bidang Keahlian : Ilmu Pengetahuan Sosial

   

Nama  : Dr. Mohammad Na’im, M.Pd.

E-mail :

NIP      : 196603282000121001

NIDN   :

Jabatan Akademik : Lektor Kepala

ID Scopus :

ID Google Scholar :

ID SInta :

Bidang Keahlian : Pembelajaran Sejarah


Nama  : Dr. Sukidin, M.Pd

E-mail : sukidin.fkip@unej.ac.id

NIP      : 1966003231993011001

NIDN   : 0023036602

Jabatan Akademik : Lektor Kepala

ID Scopus :

ID Google Scholar : en&user

ID SInta : 6009796

Bidang Keahlian : Sosiologi Ekonomi

 

  

Nama  : Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd

E-mail : bambangsoepeno@unej.ac.id

NIP      : 196006121987021001

NIDN   : 0012066013

Jabatan AkademikProfessor

ID Scopus :

ID Google Scholar : 5sfn19gAAAAJ&hl

ID SInta : 6009849

Bidang Keahlian : Sosiologi

Muara Kurikulum

Dokumen kurikulum Magister Pendidikan IPS FKIP UNEJ disusun berdasarkan capaian OBE (outcome-based education) pada level KKNI 8. Dokumen kurikulum bisa diunduh diunduh disini.

Event

   

Kegiatan seminar international  

Koordinator Program Studi:

Dr. Sukidin, M.Pd.