Selamat Datang
di Program Studi S2 Pendidikan IPS
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Sejarah
Visi
Akreditasi dan Elijibilitas
Profil Lulusan
Kelompok Riset
Ketenagaan
Muara Kurikulum
Event
Sejarah
Program Pascasarjana (S2) PIPS/Program Studi Magister Pendidikan IPS adalah program studi di bawah koordinasi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jember. Program Magister Pendidikan IPS dibuka berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud No.336/FF2/DT/2014 Tanggal 08 April 2014. Pada saat ini program studi S2 Magister Pendidikan IPS telah memperoleh akreditasi UNGGUL dari LAMDIK.
Visi
Visi Program Studi:
Program Studi Magister Pendidikan IPS menciptakan pendidik dan peneliti IPS yang inovatif, humanis, berbasis kearifan lokal dan berwawasan lingkungan.
Misi Program Studi:
1. Meningkatkan
sumberdaya dan potensi dosen beserta mahasiswa dalam pembelajaran IPS,
penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
2. Pemutakhiran
sumber-sumber pembelajaran IPS, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
yang berbasis kearifan local dan berwawasan lingkungan.
3. Mengembangkan
pembelajaran yang inovatif dan humanis untuk meningkatkan kualitas lulusan
Mengembangkan kurikulum yang progresif sesuai perkembangan IPTEKS
Tujuan Program Studi:
No |
Kode Tujuan Pendidikan prodi |
Deskripsi Tujuan Pendidikan Prodi |
1 |
TP1 |
Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan IPS yang berkualitas dan berkompeten dalam pengembangan pembelajaran IPS dan penguatan materi ke-IPSan, menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa |
2 |
TP2 |
Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang relevan dengan tujuan nasional dan daerah melalui penyelenggaraan Program Studi, penelitian, serta pengembangan sumber daya manusia akademik yang berdaya guna |
3 |
TP3 |
Meningkatkan produktivitas dan kualitas luaran, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan pembangunan nasional dan dunia kerja
|
4 |
TP4 |
Memupuk dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan sektor eksternal khususnya pemerintah, dunia usaha dan Lembaga pendidikan serta dengan perguruan tinggi dan lembaga-lembaga IPTEKS lainnya, baik di dalam maupun luar negeri |
5 |
TP5 |
Menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah dalam bidang pembelajaran IPS dan penguatan materi ke-IPSan |
Strategi Pencapaian Tujuan PS :
- Membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sebagai (calon) pendidik IPS, peneliti, dan praktisi IPS yang profesional.
- Melakukan pemutakhiran sumber pembelajaran IPS, penelitian dan pengabdian masyarakat.
- Penguatan kerja sama penelitian dalam bentuk international conference, joint research dan publikasi pada jurnal terindeks scopus atau lainnya
- Melakukan revitalisasi kurikulum secara berkelanjutan, dengan fokus pada kajian berwawasan lingkungan dan kearifan lokal.
Akreditasi dan Elijibilitas
Terakreditasi UNGGUL Berdasarkan Surat Keputusan LAMDIK No. 837/SK/LAMDIK/Ak/M/IX/2023. Sertifikat Akreditasi bisa diunduh disini.
Profil Lulusan
No |
Profil Lulusan |
Deskripsi Profil Lulusan |
1 |
Pendidik IPS |
Menguasai konsep ke-IPSan dan pembelajaran IPS dalam mendukung tugasnya sebagai pendidik IPS khususnya di sekolah SMP/MTs/SMA/MAN/SMK. |
2 |
Peneliti Pendidikan IPS dan
|
Peneliti yang dapat memberikan kontribusi bagi pemecahan masalah di bidang pembelajaran IPS dan keilmuan IPS. |
3 |
Konsultan
|
Menguasai konsep dan prinsip keilmuan IPS untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, penerapan, evaluasi, dengan memanfaatkan IPTEKS untuk |
4 |
Praktisi, wartawan,
|
Memiliki kemampuan menganalisis dan mengkreasi gagasan baru menggunakan pendekatan analitis dan sistematis |
Kelompok Riset
Prodi Magister Pendidikan IPS memiliki 3 kelompok penelitian (Research Group), yaitu
(1) Man, Environment and Education (MEE);
Adapun roadmap penelitian yang direncanakan oleh KeRis-DiMas MEE tersaji pada gambar di bawah :
(2) Education and Social Change (ESC); dan
Adapun roadmap penelitian yang direncanakan oleh KeRis-DiMas ESC tersaji pada gambar dibawah ini:
(3) Economic Behaviour and Educated (ECOBED).
Adapun roadmap penelitian yang direncanakan oleh KeRis-DiMas ECOBED tersaji pada gambar dibawah ini:
Ketenagaan
Program studi S2 Magister Pendidikan IPS dididik oleh 1 Guru Besar dan 3 Doktor tenaga profesional dibidangnya.
Dosen Homebase berdasarkan data PDDikti
|
|
Nama : Dr. Pudjo Suharso, M.Si. |
E-mail : harso.fkip@unej.ac.id |
NIP : 195911161986011001 |
NIDN : 16115905 |
Jabatan Akademik : Lektor Kepala |
ID Scopus : 57188964489 |
ID Google Scholar : FfubkGgAAAAJ&hl |
ID SInta : 6009775 |
Bidang Keahlian : Ilmu Pengetahuan Sosial |
|
|
Nama : Dr. Mohammad Na’im, M.Pd. |
E-mail : |
NIP : 196603282000121001 |
NIDN : |
Jabatan Akademik : Lektor Kepala |
ID Scopus : |
ID Google Scholar : |
ID SInta : |
Bidang Keahlian : Pembelajaran Sejarah |
|
|
Nama : Dr. Sukidin, M.Pd |
E-mail : sukidin.fkip@unej.ac.id |
NIP : 1966003231993011001 |
NIDN : 0023036602 |
Jabatan Akademik : Lektor Kepala |
ID Scopus : |
ID Google Scholar : en&user |
ID SInta : 6009796 |
Bidang Keahlian : Sosiologi Ekonomi |
|
|
Nama : Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd |
E-mail : bambangsoepeno@unej.ac.id |
NIP : 196006121987021001 |
NIDN : 0012066013 |
Jabatan Akademik : Professor |
ID Scopus : |
ID Google Scholar : 5sfn19gAAAAJ&hl |
ID SInta : 6009849 |
Bidang Keahlian : Sosiologi |
Muara Kurikulum
Dokumen kurikulum Magister Pendidikan IPS FKIP UNEJ disusun berdasarkan capaian OBE (outcome-based education) pada level KKNI 8. Dokumen kurikulum bisa diunduh diunduh disini.
Event
Kegiatan seminar international
Koordinator Program Studi:
Dr. Sukidin, M.Pd.