Selamat Datang
di Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah merupakah salah satu prodi tertua yang berada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember dibuka berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 44/DIKTI/Kep/1984 tanggal 18 Juli 1984, bersama Prodi Bimbingan dan Konseling dan Administrasi Pendidikan. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah memfokuskan kajian pada pendidikan untuk pembangunan masyarakat. Objek formal pendidikan masyarakat adalah belajar dan pembelajaran masyarakat dengan ruang lingkup sasaran kajian mulai dari pendidikan anak usia dini sampai dengan lanjut usia. Saat ini, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah memiliki Akreditasi Unggul berdasarkan surat keterangan LAMDIK Nomor: 328/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2023.
VISI
Pada tahun 2025 Program Studi Pendidikan Luar Sekolah menjadi Program Studi unggul dalam menghasilkan pendidik dan pengelola di bidang pendidikan masyarakat yang memiliki kemampuan mengembangkan masyarakat gemar belajar berwawasan sains, lingkungan dan pertanian industrial”
MISI
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan guna menyiapkan tenaga professional bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat;
- Menyelenggarakan kajian teori, model dan program pendidikan dan pengembangan masyarakat melalui penelitian ilmiah;
- Melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi kegiatan pembelajaran dan penelitian bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat berbasis kearifan lokal secara berkelanjutan;
- Menjalin, membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga lain baik di dalam maupun luar negeri.
Tujuan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
Secara khusus tujuan pendidikan pada Program Studi Luar Sekolah JIP FKIP Universitas Jember menghasilkan sarjana yang:
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Luar Sekolah yang berkualitas, berkompeten dan professional di bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat dengan menunjukkan sikap bertaqwa kepada Tuhan YME dan berjiwa Pancasila.
- Memiliki wawasan, pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam menganalisis kajian ilmu dan teori-teori pendidikan dan pengembangan masyarakat yang berwawasan sains dan lingkungan.
- Mampu melakukan kajian ilmiah dalam menerapkan dan mengembangkan teori serta model pembelajaran pendidikan dan pengembangan masyarakat melalui penelitian.
- Mampu dan cakap sebagai perencana, penyelenggara, fasilitator, dinamisator, serta evaluator pada program dan satuan di bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat.
- Cakap menjalin komunikasi efektif dalam bentuk kerjasama terhadap masyarakat maupun instansi pemerintah dan swasta dalam mewujudkan masyarakat gemar belajar.
Strategi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
Strategi pencapaian yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember dalam upaya mencapai visi misi Program Studi, dilaksanakan dengan mempertimbangkan rentang waktu yang jelas yang didukung oleh berbagai dokumen yang senantiasa di evaluasi secara berkala mulai dari tiap semester, tiap tahun dan tiap lima tahun. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini:
- Mengembangkan pola-pola seleksi calon mahasiswa melalui: Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) / Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Jalur Undangan, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jalur tertulis, Seleksi Masuk Mandiri UNEJ (SEMMABA) yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan ujian masuk pola kerjasama dengan PEMDA serta Kementerian (terutama untuk Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)).
- Peninjauan struktur kurikulum dan tata kelola Program Studi dalam suatu sistem yang utuh, dilaksanakan setiap lima tahun.
- Workshop pengembangan Rencana Pembelajaran Semester/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPS/RPP), Silabus, Pedoman Praktikum, dan penulisan bahan ajar dilaksanakan setiap semester.
- Peningkatan kapasitas fungsi laboratorium (baik lab. room maupun lab-site) bagi riset dan praktek mata kuliah dilaksanakan tiap semester.
- Mengembangkan model pembelajaran berbasis riset dan mengembangkan praktek lapis ulang bagi mahasiswa dilaksanakan per semester.
- Peningkatan kualifikasi akademik dan kompetensi dosen di dalam dan luar negeri.
- Mengembangkan meta analisis dan payung penelitian yang dilaksanakan oleh tim dosen.
- Menyelenggarakan dan mengikuti seminar hasil penelitian bagi para mahasiswa dan dosen (lokal, nasional dan internasional) yang dilaksanakan setiap tahun .
- Menerbitkan jurnal ilmiah bidang Pendidikan Masyarakat dua kali dalam satu tahun.
- Meningkatkan jejaring dan aliansi dengan antar universitas baik dalam dan luar negeri, PEMDA, dinas terkait, kementerian terkait, dunia usaha dan Industri (dengan memanfaatkan Costumer SocialResponsibility/CSR), serta Lembaga Swadaya Masyarakat dilaksanakan per satu tahun.
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah memiliki Akreditasi Unggul berdasarkan surat keterangan LAMDIK Nomor: 328/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2023.SK Akreditasi dapat diunduh di sini |
Profil | Deskripsi |
Pendidik Masyarakat | Tenaga yang berfungsi sebagai pendidik dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan masyarakat. |
Pengelola Pendidikan Masyarakat | Tenaga yang berfungsi sebagai pengelola dalm penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan masyarakat |
Learning Community and Development (LeCoDev)
Kelompok riset-dimas LeCoDev Program Studi Pendidikan Luar Sekolah menitikberatkan fokus kajian penelitian dan pengabdiannya pada aspek pemberdayaan dan pengembangan masyarakat melalui proses pembelajaran. Dimana landasan teori dasar dalam mengembangkan kajian penelitian adalah teori Andragogi. Selain itu, terbentuknya keris-dimas LeCodev memberikan wadah kepada dosen dan mahasiswa di Program Studi Pendidikan Luar Sekolah guna mengembangkan kajian di bidang pemberdayaan dan pengembangan masyarakat melalui jalur pendidikan.
Ketua : Dediatiani Tri Indrianti, S,Pd., M.Sc.
Anggota :
- Dr. Muhammad Irfan Hilmi, M.Pd.
- Sylva Alkornia, S.Pd., M.Pd.
- Linda Fajarwati, S.Pd., M.Pd.
Training and Development (TraDev)
Terbentuknya Keris Dimas Training and Development adalah untuk mewadahi anggota dalam kelompok riset dan pengabdian. Setiap anggota dapat menyesuaikan dengan bidang kajiannya masing-masing tetapi masih dalam satu fokus yaitu Training (pelatihan) dan pengembangan masyarakat, selain itu dalam rangka meningkatkan inovasi-inovasi pembelajaran pada masyarakat dalam program pelatihan maka perlu pengembangan penelitian tentang pembelajaran berbasis pertanian di era revolusi industry 4.0 untuk menghasilkan masyarakat gemar belajar, maka dibutuhkan model pembelajaran yang didukung dengan media pembelajaran berbasis wawasan lingkungan, bisnis dan pertanian di era revolusi industry 4.0 agar dapat memberikan perubahan pada nuansa pembelajaran masyarakat yang selama ini masih bersifat konvensional,. Selanjutnya diharapkan dengan pengembangan model pembelajaran dalam pelatihan akan memberikan sumbangsih dalam pengembangan IPTEK dibidang pertanian dan dari hasil riset maka perlu di implementasikan melalui pengabdian yang ada di masyarakat.
Ketua : Dr. Niswatul Imsiyah, S.Pd., M.Pd.
Anggota :
- Irliana Faiqotul Himmah, S.Pd., M.Pd.
- Frimha Purnamawati, S.Pd., M.Pd.
- Nani Sintiawati, S.Pd., M.Pd.
Basic and Continuing Education (BaCa)
Kelompok Riset-Pengabdian Kepada Masyarakat (Keris-Dimas) Basic and Continuing Education merupakan kelompok peneliti yang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang kajian pendidikan khususnya pada topik-topik atau permasalahan yang dihadapi peserta didik, pendidik dan pengelola pendidikan dasar dan berkelanjutan. Keris-Dimas ini bertujuan untuk mengungkap, mendiskusikan, memecahkan permasalahan, dan menghasilkan luaran luaran penelitian di bidang pendidikan dasar dan berberkelanjutan yang memiliki nilai kebaharuan (novelty) dan kebermanfaatan bagi masyarakat.
Ketua : Prof. Dr. A.T. Hendrawijaya, SH., M.Kes.
Anggota :
- Lutfi Ariefianto, S.Pd., M.Pd.
- Fuad Hasan, S.Pd., M.Pd.
Koordinator Program Studi:
Dr. Muhammad Irfan Hilmi, M.Pd.
No | Nama | NIP/NRP | NIDN | Pendidikan | Jabatan | Bidang Keahlian | ID SINTA | ID SCHOOLAR | ID SCOPUS |
1. | Prof. Dr. H. AT. Hendrawijaya, SH., M.Kes. | 195812121986021002 | 0012125813 | S3 Ilmu Administrasi, Universitas Jember | Guru Besar | ||||
2. | Dr. Niswatul Imsiyah, S.Pd., M.Pd. | 197211252008122001 | 0025117201 | S3 PLS, Universitas Negeri Malang | Lektor | ||||
3. | Dr. Muhammad Irfan Hilmi, M.Pd. | 199007182018031002 | 0018079004 | S3 Pendidikan Masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia | Lektor | Pendidikan orang Dewasa | 57192648971 | ||
4. | Deditiani Tri Indrianti, S.Pd., M.Sc | 197905172008122003 | 0017057912 | S2 Penyuluhan Komunik, Universitas Gajah Mada | Lektor | Pendidikan Orang Dewasa | |||
5. | Sylva Alkornia, S.Pd., M.Pd. | 198008212008012008 | 0021088002 | S2 PLS, Universitas Negeri Malang | Lektor | ||||
6. | Lutfi Ariefianto, S.Pd., M.Pd. | 198512102014041001 | 0010128502 | S2 PLS, Universitas Negeri Malang | Lektor | 5979704 | |||
7. | Fuad Hasan, S.Pd., M.Pd. | 198907202019031006 | 0720078901 | S2 PLS, Universitas Negeri Malang | Asisten Ahli | ||||
8. | Frimha Purnamawati, S.Pd., M.Pd. | 198812132019032009 | 0713121801 | S2 PLS, Universitas Negeri Malang | Asisten Ahli | ||||
9. | Nani Sintiawati, S.Pd., M.Pd. | 199109092022032012 | 0409099103 | S2 PLS, Universitas Pendidikan Indonesia | Asisten Ahli | ||||
10. | Irliana Faiqotul Himmah, S.Pd., M.Pd. | 760011441 | 002406820 | S2 PLS, Universitas Negeri Malang | Tenaga Pengajar | ||||
11. | Linda Fajarwati, S.Pd., M.Pd. | 198309102024212018 | 001009830 | S2 PLS, Universitas Negeri Malang | Asisten Ahli | ||||
12. | Didik Kurniawan, S.Pd., M.Pd. | S2 PLS, Universitas Negeri Yogyakarta | |||||||
13. | Arini Milla Chanifa, S.Pd., M.Pd. | S2 PLS, Universitas Negeri Malang |
Kurikulum Program Studi Pendidikan Luar Sekolah menggunakan kurikulum berbasis OBE (Outcome Based Education) yang memberikan peluang yang luas kepada mahasiswa dan mendorong mereka untuk memperoleh wawasan teoritik-konseptual yang luas dan mendalam, sikap yang positif dan memadai terhadap pendidikan luar sekolah, serta keterampilan yang diperlukan untuk mampu mengkaji dan memecahkan masalah-masalah pendidikan luar sekolah dan pengembangan masyarakat dalam konteks pendidikan dalam masyarakat yang terus berkembang.
Kurikulum disusun dengan berpegang pada hasil-hasil analisis kebutuhan, perubahan kondisi masyarakat, kebijakan pendidikan, perkembangan tantangan dan kebutuhan akan pendidikan yang lebih bermutu, kebutuhan akan tenaga-tenaga pendidik dan pengelola pendidikan luar sekolah, dan tenaga pengembangan masyarakat yang lebih profesional.
Kurikulum Prodi PLS dirancang untuk diselesaikan dalam 7 semester, dengan muara pada capaian pembelajaran lulusan sebagai berikut:
CPL 1. Mampu menganalisis dasar filosofis dan keilmuan bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat
CPL 2. Mampu menganalisis strategi pendidikan dan pengembangan masyarakat
CPL 3. Mampu menganalisis prosedur pendidikan dan pengembangan masyarakat.
CPL 4. Mampu mendemontrasikan prinsip didaktis-metodis pendidikan dan pengembangan masyarakat berdasarkan pendekatan Pedagogi Sosial dan Andragogi
CPL 5. Mampu mengaplikasikan strategi pendidikan dan pengembangan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahannya yang kontekstual dan inovatif yang berwawasan lingkungan
CPL 6. Mampu mengaplikasikan prosedur pengembangan pendidikan dan pengembangan masyarakat
CPL 7. Mampu melakukan kerja laboratorium PLS dan studi lapang secara mandiri dengan mengutamakan keselamatan kerja
CPL 8. Mampu mengaplikasikan metodologi penelitian dalam bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat.
CPL 9. Mampu menunjukkan kemampuan berkolaborasi dan berkomukasi secara lisan dan tulisan dengan baik.
CPL 10. Mampu mengintegrasikan konsep dan prinsip teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung pembelajaran sepanjang hayat.
CPL 11. Mampu menginternalisasi sikap takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan cinta tanah air
Ketua Unit Penjaminan Mutu PLS Sekretaris Unit Penjaminan Mutu
Data-data terkait UPM Prodi PLS
Recent Comments