S2 Pendidikan Bahasa Inggris

Selamat Datang

di Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember

Tentang Program Studi
Akademik
Ketenagaan
Jurnal Prodi
Kelompok Riset
Unit Penjaminan Mutu
Beasiswa
Pendaftaran
Tentang Program Studi

Sejarah Prodi
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Jember didirikan  sejak tahun 2023, dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 751/E/O/2023. Program Studi ini memiliki keunikan yaitu pada pengembangan keilmuan pendidikan bahasa Inggris yang berbasis pada paradigma kritis dan berwawasan lingkungan lintas budaya. Keunikan ini didasarkan pada kajian pengembangan keilmuan, kajian capaian pembelajaran (CP) dan kurikulum program studi sejenis di Indonesia maupun di luar negeri. Program studi ini digawangi oleh 5 Dosen Tingkat Program Studi (DTPS) dengan berbagai keahlian yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, TEFL and Pragmatics, Teacher Professional Development, Qualitative Inquiry into Teachers’ Continuing Professional Development and Language Policy, dan Reflective Teaching.
Visi
Menjadi pusat pendidikan dan penelitian yang mencetak lulusan magister ahli di bidang pendidikan bahasa Inggris yang memiliki kompetensi integratif, berliterasi lingkungan lintas budaya, berwawasan global, dan berkomitmen dalam pengembangan profesi diri yang berkelanjutan.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris jenjang magister berbasis riset terapan dengan prinsip wawasan global, literasi lingkungan lintas budaya, interdisipliner, dan keberlanjutan
  2. Membudayakan penelitian terapan dan berbasis inovasi sebagai landasan untuk pengembangan kebijakan, kurikulum, pedagogi, dan asesmen bahasa Inggris
  3. Menggiatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis komunitas untuk inovasi kebijakan, kurikulum, pedagogi, dan asesmen bahasa Inggris

    Tujuan
    1. Mencetak lulusan magister ahli yang memiliki kompetensi integratif, berliterasi lingkungan lintas budaya, berwawasan global, dan berkomitmen dalam pengembangan profesi diri yang berkelanjutan
    2. Memperkuat keunggulan riset dan menghasilkan temuan penelitian terapan untuk inovasi pengembangan kebijakan, kurikulum, pedagogi, dan asesmen bahasa Inggris enggiatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis komunitas untuk inovasi kebijakan, kurikulum, pedagogi, dan asesmen bahasa Inggris
    3. Memberi kontribusi kreatif, inovatif, dan berkelanjutan dalam pemecahan masalah praktis dalam bidang pendidikan bahasa Inggris.
       

Akademik

Akreditasi

B berdasarkan SK persetujuan penyelenggaraan program studi nomor: 751/E/O/2023

 

Kurikulum 
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris menerapkan kurikulum OBE (Outcome-based Education) dengan semua mata kuliah difokuskan pada luaran yang akan dihasilkan mahasiswa seperti poster ilmiah, rancangan penelitian, rekomendasi kebijakan, data beserta hasil analisisnya, dan artikel ilmiah terpublikasi. Jumlah total SKS yang harus ditempuh mahasiswa yaitu 54 SKS yang bisa diambil dari mata kuliah wajib, pilihan, dan additional activities. 

Daftar Mata Kuliah

Compulsory

 

Global Englishes and Language Policy

2

Contemporary Second Language Learning Theories

4

Case Studies in Language Curriculum Design

3

Critical Multimodal Discourse Analysis in Language Education

4

Critical Qualitative Research Methodology in Language Education

4

Sustainable Language Teacher Professional Development

2

Critical Qualitative Data Analysis

4

Language Materials Evaluation and Design

 4

Creativity and Innovation in Language Teaching Methodology

 4

Critical Language Testing and Assessment

4

Psychology in Language Teaching and Learning 

3

Masters Thesis/Portfolio/by Publication Proposal/ Capstone project

3

Masters Thesis/Masters Portfolio/Masters by Publication/ Capstone Project

6

Electives

 

Writing for Scopus- and SSCI-Indexed Journal Publication

4

Teaching Practicum and Reflective Practice       

3

Alternative Methods in ELT Research      

   4               

Artistic Methods in ELT                         

3

Critical Digital Literacy                      

3

Multimodal Teaching and Learning                                                

2

ADDITIONAL ACTIVITIES

International Conference Presentation 

Proceeding Publication     

Convening a Workshop series in teacher professional development community

2

2

1

Profil Lulusan

Pendidik ahli bahasa Inggris di sekolah menengah atas (SMP/MTs/SMA/MA/SMK) 

Tenaga akademisi di perguruan tinggi

Peneliti pendidikan Bahasa Inggris Tingkat Madya

Penulis buku teks bahasa Inggris

Ketenagaan

Koordinator Program Studi
Siti Masrifatul Fitriyah, S.Pd., M.A., Ph.D

SINTA ID: 6201104
Orcid: https://orcid.org/0000-0002-1394-5447 

Staff Pengajar

Prof Budi Setyono  

SINTA ID: 6010177
Orcid: https://orcid.org/0000-0001-5810-0600

Drs Bambang Arya Wija Putra, Ph.D

SINTA ID: 6877499
Orcid: 

Dr Musli Ariani, M.AppLing

SINTA ID: 6034844
Orcid: https://orcid.org/0000-0002-0753-5230

Dr Aan Erlyana Fardhani, M.Pd

SINTA ID: 6824843
Orcid: 

Jurnal Prodi

 

 
Kelompok Riset

Centre for Multilingualism, Multiculturalism, and Educational Language Policy (MulTiLap) – Work On Progress

Ecology-based Language Curriculum Development and Instruction [E-LCDI] – – Work On Progress

Unit Penjaminan Mutu
Tab Content
Beasiswa
Tab Content
Pendaftaran