Select Page

Kamilah Pascayuna Nurmalika, seorang mahasiswi program studi Pendidikan Matematika semester 4, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember berhasil mendapatkan Juara 3 Mahasiswa Berprestasi Universitas Jember.

Motivasi Kamilah mengikuti Mawapres pada awalnya adalah untuk mengeksplor kemampuan dirinya. Ia ingin membuktikan bahwa ia dapat mendapatkan sesuatu yang lebih dari sekedar memenangkan perlombaan ataupun hanya mengikuti organisasi saja. Ia ingin mendapatkan title Mapres agar dapat memberikan inspirasi kepada teman teman agar berani untuk mengikuti lomba, organisasi, berwirausaha, dan lain sebagainya.

Selama persiapan, Kamilah menuturkan bahwa tidak banyak yang disiapkan karena informasi yang diberikan cukup mendadak. Dimulai dari berkonsultasi dengan Mawapres FKIP tahun lalu, yaitu Kak Eko Yudi. Tidak lupa juga untuk selalu berdoa dan meminta doa restu kepada keluarga terutama ibu, teman-teman, dan bapak/ibu dosen.

Selama persiapan, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Kamilah. Salah satunya yaitu informasi yang mendadak membuat Kamilah kesusahan untuk mempersiapkan persyaratannya. Selain itu, Kamilah juga kesusahan dalam membuat Gagasan Kreatif karena basic nya adalah memproduksi video. Namun, Kamilah dapat melewati tantangannya dengan memodifikasi salah satu karyanya yaitu aplikasi pembelajaran matematika menjadi aplikasi memperkenalkan budaya Jember. Mungkin hal itu juga yang membuat Kamilah mendapatkan Juara 3

Perasaan Kamilah saat namanya disebutkan sebagai juara 3 Mawapres UNEJ sangat bersyukur. Ia tidak menyangka dengan persiapan yang singkat ia bisa mewakili FKIP ke 3 besar. Kamilah menuturkan semua ini dicapai karena adanya dukungan dan semangat dari keluarga, teman, dan semua orang disekitarnya.

Selain itu, Kamilah menyampaikan beberapa tips untuk lolos dalam Mawapres. Tips yang pertama adalah melakukan persiapan sedini mungkin, karena persyaratannya yang lumayan banyak. Aktif bertanya dan mencari informasi terbaru. Tips yang kedua adalah harus mempunyai strategi. Sebisa mungkin maksimalkan di persyaratan Capaian Unggulan karena nilainya cukup besar yaitu 45%. Untuk memaksimalkan CU, harus memiliki sertifikat di berbagai bidang. Selain mengumpulkan sertifikat pada bidang kompetisi dan organisasi, tambahlah pengalaman di bidang lainnya seperti MC, moderator, pemateri seminar, mengikuti kewirausahaan, dan lain sebagainya. Tips yang terakhir adalah meminta doa restu terutama pada ibu, dan minta bantuan doa dari dosen maupun teman teman.