Pada Minggu, 21 April 2024, di Gedung ruang Auditorium gedung H FKIP gedung 3, Universitas Jember. Mathematics Students Club mengadakan acara Open Talk. Acara ini melibatkan Mahasiswa serta Dosen Pendidikan Matematika. Open Talk merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyampaikan pendapat secara terbuka, mendapatkan informasi dan motivasi belajar, serta meningkatkan kinerja akademik mereka.
Acara ini berlangsung mulai pukul 08.30 hingga 11.40 WIB. Acara dimulai dengan pembacaan tilawah, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, ketua umum, dan kaprodi Pendidikan Matematika yaitu ibu Susi Setiawani sebagai pembukaan resmi acara ini. Kegiatan utama Open Talk adalah sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen, yang terbagi menjadi dua sesi. Setiap sesi memberikan tiga kesempatan bagi mahasiswa untuk bertanya secara langsung atau melalui formulir Google.
Pada sesi pertama, pertanyaan pertama mahasiswa bertanya mengenai semester antara dan semester gasal sebagai salah satu metode untuk dapat lulus lebih cepat dan tepat waktu dikala ada salah satu mata kuliah yang mana nilainya masih kurang memenuhi untuk dikategorikan lulus. Dosen menjelaskan bahwasannya mereka juga berharap mahasiswa dapat mengikuti semester ini selain semester reguler. Ada syarat juga yang harus dipenuhi mahasiswa untuk memenuhi pembukaan kelas. Untuk semester antara syaratnya yaitu dengan adanya minimal 10 mahasiswa yang mengajukan pembukaan kelas. Lalu untuk dibukanya semester gasal ada syarat tambahan, yaitu mahasiswa harus memiliki IPK di atas 3. Info semester antara dan gasal sendiri sudah dibagikan setiap semester oleh ibu Susi Setiawani kepada mahasiswa.
Pertanyaan kedua mahasiswa bertanya mengenai permasalahan kelas yang kurang memenuhi kuota mahasiswa yang ada. Dosen menjelaskan bahwasannya untuk mahasiswa yang tidak mendapatkan kelas, mereka dapat memanfaatkan program kampus merdeka, yaitu pertukaran pelajar untuk mengambil mata kuliah di luar universitas. Selain memperoleh ilmu baru, mereka tentu akan mendapatkan suasana belajar yang berbeda sehingga mereka memiliki pengalaman yang lebih beragam.
Pertanyaan ketiga mahasiswa menanyakan tentang tips mendapatkan beasiswa, terutama bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri. Dosen memberikan banyak tips untuk pertanyaan ini. Di antaranya yaitu mencari informasi beasiswa sesering mungkin, kemudian jangan lupa untuk menyiapkan berbagai berkas yang mungkin nanti akan diperlukan untuk pengajuan beasiswa lantaran tenggat pengumpulan berkas biasanya sangat cepat, jadi mahasiswa dapat mulai mencari informasi berkas apa saja yang dibutuhkan sejak awal.
Selesai dengan sesi tanya jawab pertama, panitia menyediakan acara hiburan di sela menuju sesi tanya jawab kedua. Kresnamusika menampilkan sebuah lagu untuk menghibur semua orang. Lagu yang terpilih ialah lagu “Laskar Pelangi” dan “Seribu Tahun Lamanya”. Dua orang bernyanyi dan satu orang memainkan gitar sebagai iringan musik agar lagu menjadi lebih harmoni.
Melanjutkan acara, pada sesi kedua mahasiswa bertanya tentang ketentuan dalam menentukan dosen penguji skripsi. Dari penjelasan dosen, penguji sendiri dipilih sesuai materi dan judul yang diangkat oleh mahasiswa. Terkadang dosen yang dipilih bukan dosen yang mengampu materi terkait, namun dosen itu tentu akan memahami materi lantaran juga masih memiliki ilmu yang berkaitan dengan materi.
Pertanyaan kedua masih mencakup lingkup kelulusan. Salah satu siswa bertanya apakah mengikuti minimal satu organisasi merupakan syarat kelulusan. Dosen menyatakan bahwa itu bukan syarat kelulusan dalam Pendidikan Matematika, namun bukankah sayang jika seorang mahasiswa berkuliah hanya untuk mencari ilmu saja. Tentu saja akan lebih baik jika mereka terjun dalam kegiatan berorganisasi untuk menambah pengalaman dimana setelah lulus pastinya mereka sudah dapat terjun dalam masyarakat. Selain itu jika mahasiswa mengikuti organisasi, apa yang mereka ikuti akan tercatat dalam berkas kelulusan yang mana akan sangat membantu mereka dalam mencari pekerjaan nantinya.
Selesai tanya jawab sesi kedua, acarapun ditutup dengan doa. Diharapkan melalui Open Talk ini, mahasiswa dapat memperoleh informasi yang bermanfaat, semakin termotivasi dan tentunya semakin mempererat hubungan dengan dosen Pendidikan Matematika.