Select Page

Aprillia Bliesy, seorang mahasiswi program studi Pendidikan Matematika semester 4, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember berhasil lolos dalam program beasiswa Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2024. Ia terpilih sebagai salah satu mahasiswa yang akan menjalankan studi selama satu semester di University of Granada, Spanyol.

IISMA merupakan salah satu program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berupa beasiswa bagi mahasiswa Indonesia, baik sarjana maupun vokasi, untuk berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran pelajar ke berbagai perguruan tinggi mitra di luar negeri. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi potensi diri dan mengembangkan perspektif global mereka melalui pengalaman belajar yang inovatif.

Pada tahun 2024, terdapat tiga skema pendanaan untuk para pendaftar, yaitu co-funding, reguler, dan afirmasi. Dibukanya tiga skema ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong keikutsertaan mahasiswa secara menyeluruh di berbagai kalangan masyarakat dan wilayah Indonesia. Tidak hanya itu, kapasitas penerimaan beasiswa IISMA 2024 mengalami kenaikan menjadi 3000-3.300 awardee, dengan sejumlah 140-150 universitas mitra yang berlokasi di 30 negara.

Selama proses pendaftaran IISMA, Aprillia menuturkan bahwa terdapat tahapan seleksi yang perlu ia lalui. Dimulai dari mempersiapkan tes kecakapan bahasa Inggris, menulis essai, mengkonsultasikan dengan pihak-pihak terkait di Universitas Jember, serta mengurus dokumen-dokumen penting yang diperlukan. Tahapan selanjutnya, mengerjakan tes wawasan kebangsaan dan menghadiri tes wawancara. Ia mengungkapkan bahwa tidak hanya menguras tenaga dan membutuhkan ketelitian ekstra, persiapan yang dilalui memberikan banyak pembelajaran hidup untuk berani mencoba, mempersiapkan diri dengan optimal, dan senantiasa bertawakal. Motivasinya mengikuti program IISMA ini adalah untuk meningkatkan wawasan, relasi, serta memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional. Pilihannya di University of Granada menawarkan berbagai mata kuliah yang menarik sesuai jurusan maupun mata kuliah lain yang dapat memperluas perspektifnya sebagai mahasiswa pendidikan matematika.

Selain itu, Aprillia menyampaikan salah satu alasannya memilih University of Granada, yakni karena dedikasi University of Granada untuk mempromosikan dan mengintegrasikan informasi dalam bidang seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi kepada masyarakat, serta untuk perbaikan lingkungan yang berkelanjutan. Hal tersebut ia nilai sebagai aspek esensial untuk mahasiswa internasional agar dapat beradaptasi dengan baik ke dalam lingkungan dan budaya mereka. Karena itu pula, Aprillia juga berharap ilmu yang akan dipelajari melalui program IISMA ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.