Select Page

Program studi PGSD melaksanakan kegiatan workshop penulisan artikel dosen, yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2024, bertempat di Aula Lantai 3 Gedung H-FKIP. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis, menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.

Workshop ini terdapat dua kali sesi materi dengan dua fasilitator yang berbeda, yaitu Prof. Dr. Suratno, M.Si., serta Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Fasilitator yang pertama dalam kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Suratno, M.Si. Melalui kegiatan ini didapatkan hasil pembahasan materi pertama yaitu bagaimana strategi penulisan artikel ilmiah dan publikasi di jurnal bereputasi seperti pemilihan topik yang menarik sehingga dapat diterima dengan cepat dan gap penelitian masih baru dan popular. Materi yang pertama juga membahas terkait bagaimana cara seorang dosen bisa membimbing mahasiswa untuk terus menciptakan penelitian yang baik dan bagus.

Fasilitator yang kedua dalam kegiatan ini yaitu Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Melalui kegiatan ini didapatkan hasil pembahasan yaitu bagaimana cara memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini dalam penulisan artikel ilmiah. Kecanggihan teknologi menciptakan suatu kecerdasan buatan yang saat ini dikenal dengan AI, dalam dunia Pendidikan dan penelitian AI sudah sangat sering digunakan seperti consesnsus, scispace, chatgbt, dan lainnya. AI ini membantu peneliti dalam menganalisis topik dan mencari sumber data yang diperlukan.