Select Page

SD Labschool FKIP Universitas Jember melaksanakan pembelajaran Pendidikan Pancasila tentang mematuhi peraturan di sekitar bagi seluruh siswa pada tanggal 27 Agustus 2024 di Aula SD Labschool FKIP Universitas Jember. Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 jam. Pemateri pada pembelajaran Pendidikan Pancasila tersebut yakni Aiptu Basuki Mulyo Nugroho, Kanit Samapta Polsek Patrang. Seluruh siswa mengikuti pembelajaran tersebut dengan tertib, antusias dan semangat.

Pemateri memberikan penjelasan kepada seluruh siswa mengenai berbagai aturan yang ada di sekitar kita, seperti tidak membuang sampah sembarangan, izin kepada guru ketika hendak ke kamar mandi, memakai seragam sesuai ketentuan sekolah, dan masih banyak aturan yang lainnya. Pemateri juga sempat menjelaskan aturan saat berkendara. Seluruh siswa diberikan pemahaman bahwa jika berkendara meskipun menjadi penumpang harus menggunakan helm bagi yang bersepeda, dan harus menggunakan sabuk pengaman bagi yang mengendarai mobil.

Selesai pemberian materi, dilanjutkan dengan game yang diikuti oleh seluruh siswa. Suluruh siswa dibagi menjadi 4 kelompok, dan setiap kelompok berisi 14 siswa. Setiap siswa akan mendapatkan gambar yang berbeda dengan teman kelompoknya. Adapun cara bermainnya yaitu seluruh siswa menempelkan gambar yang didapatnya ke tempat yang sudah disediakan. Gambar tersebut harus ditempel sesuai dengan kalimat yang sudah tertempel.

Dengan diadakannya pembelajaran ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa mengenai peraturan di sekitar siswa dan dapat meningkatkan motivasi belajar kepada seluruh siswa.