Select Page

Pada tanggal 3 Oktober 2024, Tim dari Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember (Prodi S2 PMat FKIP UNEJ) melakukan kunjungan lapang ke SMPN 3 Balung Jember.  Kegiatan ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan mensosialisasikan Profil Prodi S2 PMat FKIP UNEJ kepada 43 guru matematika yang tergabung dalam forum MGMP Matematika Wilayah Jember Selatan. Pada acara pembukaan disampaikan sambutan oleh Kepala SMPN 3 Balung dan Ketua MGMP yang senang sekali menerima kedatangan tim Prodi. Ketua MGMP matematika ibu Hari Gantiyani, S.Pd, M.Pd memaparkan materi mengenai keorganisasian MGMP, kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini, serta rencana yang akan datang, dan potensi para Guru matematika untuk melanjutkan studi lanjut di Prodi S2 PMat FKIP UNEJ untuk meningkatkan kualitas profesionalisme guru.

Pemaparan materi “Sosialisasi Profil Prodi S2 PMat FKIP UNEJ disampaikan oleh tim FKIP Unej yang terdiri dari Prof. Dr. Didik Sugeng Pambudi, M.S selaku Koordinator Prodi dan Dr. Frenza Fairuz Firmansyah, S.Pd, M.Pd selaku perwakilan Dosen Prodi. Materi yang disampaikan meliputi sejarah berdirinya Prodi S2 PMat FKIP UNEJ, Visi dan Misi Prodi, tujuan dan Profil Lulusan, Akreditasi Baik Sekali yang valid sampai dengan Mei 2027, Kurikulum tahun 2016 yang masih digunakan saat ini dan kurikulum tahun 2023 yang akan diterapkan mulai tahun depan.  Tim juga menjelaskan bagaimana pelaksanaan perkuliahan, kelompok riset (Keris), Dosen Prodi yang terdiri dari 5 orang Profesor dan 12 Doktor dalam bidang Matematika dan Pendidikan Matematika, proses bimbingan Tugas Akhir (Tesis) mahasiswa, serta masa tempuh studi mahasiswa. Prestasi mahasiswa antara lain, lebih dari 80% mahasiswa yang lulus 3 sampai 4 semester dengan IPK rata-rata di atas 3,75; bahkan beberapa mahasiswa mampu lulus dengan IPK 4,0 dalam waktu 3 semester. Semua mahasiswa yang lulus telah mempublikasikan karya ilmiah pada Jurnal Nasional terindeks SINTA 2, jurnal Internasional, dan Proseding Konferensi terindeks Scopus. Profil Prodi S2 PMat FKIP UNEJ tersebut dapat dibaca pada website resmi www.fkip.unej.ac.id.

Pada acara diskusi dan tanya jawab, beberapa peserta menanyakan mengenai kapan pendaftaran dibuka, bagaimana cara mendaftar menjadi mahasiswa baru Prodi S2 PMat, dan apa saja persyaratannya, serta bagaimana perkuliahan, dan fasilitas yang disediakan. Menjawab pertanyaan ini, Tim menyajikan jadwal sebagai berikut:

Calon mahasiswa baru dapat mencari informasi pendaftaran dan persyaratannya di website Pascasarjana UNEJ, yaitu https://register.pasca.unej.ac.id/. Khusus untuk mengikuti tes TPA, TKBI, dan TOEFL dapat diperoleh di Pascasarjana UNEJ dan lembaga Bahasa UNEJ dengan jadwal yang disediakan pada website tersebut atau dari PTN lain. Perkuliahan dilakukan secara hybrid, yaitu daring dan luring. Fasilitas yang disediakan dalam perkuliahan antara lain sistem informasi akademik UNEJ, yaitu pada website https://siakad.unej.ac.id/, manajemen perkuliahan di https://mmp.unej.ac.id/, dan flatform daring lainnya. Ruang perkuliahan dilengkapi smart tv, perpustakaan, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Pada akhir kegiatan dilakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Prodi S2 PMat FKIP UNEJ dengan Forum MGMP Matematika Wilayah Jember Selatan. Bentuk kerjasama adalah bidang pendidikan, penelitian dan publikasi, serta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.