Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.

Deskripsi

Agustiningsih, S.Pd., M.Pd., dikenal sebagai peneliti dan pendidik yang memiliki perhatian besar pada pembelajaran inovatif di tingkat sekolah dasar (SD). Fokus penelitiannya meliputi pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, penerapan model pembelajaran aktif seperti Project-Based Learning (PjBL) dan Problem-Based Learning (PBL), serta integrasi nilai budaya dalam pendidikan, seperti etnosains dan etnomatematika.

Kontribusinya mencakup peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), pengembangan media berbasis video dan virtual, serta pendidikan mitigasi bencana. Karya-karyanya menunjukkan komitmen terhadap inovasi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21 serta nilai-nilai lokal di Indonesia.

M.Pd Universitas Negeri Surabaya pada bidang Pendidikan Dasar

S.Pd Universitas Negeri Surabaya pada bidang Pendidikan Biologi

 

  • Dosen

Agustiningsih Indonesian Preservice Primary School Teachers’ Understanding of STEM Education, 2024, AIP Conference Proceedings
Agustiningsih Development of Website-Based Virtual Tour Learning Media for Learning During the COVID-19 Pandemic, 2023, AIP Conference Proceedings
Agustiningsih PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA BERBANTUAN MEDIA VIDEO, 2024, Jurnal Edukasi 10 (2), 93-101, 2024
Agustiningsih Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Round Whelss Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di UPTD Sekolah Dasar, 2024, Jurnal Basicedu 8 (2), 1168-1177, 2024
Agustiningsih The effect of group and individual assignment in science education course in primary school teacher department during online class, 2023, AIP Conference Proceedings 2679 (1), 2023
Agustiningsih Development of website-based virtual tour learning media for learning during the COVID-19 pandemic, 2023, AIP Conference Proceedings 2679 (1), 2023
Agustiningsih Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Learning Outcomes Theme 8 Of Our Friends Environment for Students of Class V SDN Yosorati 01 Sumberbaru Jember, 2023, Pancaran Pendidikan 12 (3), 2023
Agustiningsih Indonesian preservice primary school teachers’ understanding of STEM education, AIP Conference Proceedings 2679 (1), 2023
Agustiningsih Application of STEM Learning with PBL and PjBL Methods to Improve Communicative Ability and Learning Outcomes of Grade 5 Students Theme 1 Organs of Movement of Animals and Humans 2021/2022 Academic Year, 2023, Pancaran Pendidikan 12 (3), 2023
Agustiningsih ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTM) DI SD N 30 TANJUNGPANDAN, 2022, Prosiding Seminar Nasional PGSD UST 1 (1), 59-63, 2022
Agustiningsih Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar., 2022, EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 21–28
Agustiningsih Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD, 2022, Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar 9 (3), 173-181, 2022
Agustiningsih Problem-Based Learning (PBL): An Innovation in Natural Sciences Studies to Improve Critical Thinking Skills, 2022, Pancaran Pendidikan 11 (2), 2022
Agustiningsih Pengaruh Pembelajaran Model Discovery Berbantuan Media Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV SDN Gebang 3, 2022, EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 6 (2), 147-153, 2022
Agustiningsih Edukasi Pendidikan Mitigasi Erupsi Gunung Semeru pada Siswa Sekolah Dasar, 2022, Jurnal Basicedu 6 (6), 9958-9966, 2022
Agustiningsih PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR, 2022, EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 6 (2), 112-119, 2022
Agustiningsih Ethnomathematical exploration of Cetho Temple on the topic of plane figures for elementary school, 2022, Ethnomathematics Journal 3 (2), 86-99, 2022