Sebanyak lebih dari 50 siswa kelas 6 dari SDN Mengen 1 Tamanan, Bondowoso, mengunjungi Laboratorium Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember dalam rangka kegiatan study tour edukatif, Rabu (14/5/2025). Kunjungan ini menjadi momentum berharga dalam memperkenalkan dunia pendidikan tinggi sekaligus menumbuhkan minat belajar matematika sejak dini melalui pengalaman langsung yang menyenangkan.

Rombongan siswa dan guru pendamping disambut hangat oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNEJ, Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pembelajaran matematika yang tidak hanya fokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses berpikir siswa.

“Matematika bukan sekadar berhitung, melainkan ilmu yang melatih siswa untuk berpikir logis, kritis, dan sistematis. Penalaran yang baik adalah dasar untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, penting bagi anak-anak untuk menyukai matematika sejak dini,” ujarnya.

Lebih lanjut, beliau juga mengapresiasi antusiasme para siswa yang tampak aktif saat mengikuti berbagai sesi yang disiapkan oleh mahasiswa anggota Mathematic Students Club (MSC).

Sementara itu, Kepala Laboratorium Pendidikan Matematika, Bapak Randi Pratama Murtikusuma, M.Pd, dalam sambutannya menekankan bahwa belajar matematika bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, terutama jika menggunakan pendekatan yang kreatif.

“Banyak yang menganggap matematika itu sulit dan menakutkan. Tapi di laboratorium ini, kami mencoba menghadirkan suasana belajar yang berbeda. Melalui media pembelajaran yang menarik dan menyentuh pengalaman nyata siswa, matematika justru bisa menjadi pelajaran yang paling ditunggu-tunggu,” tuturnya.

Kegiatan inti berupa eksplorasi media pembelajaran matematika dilaksanakan di ruang laboratorium. Para siswa tampak sangat antusias mencoba berbagai alat peraga interaktif seperti Tic Tac Toe 3 Dimensi, Fraction Frenzy, Menara Bilangan, Tangram dan yang lainnya. Media-media ini dirancang oleh mahasiswa Pendidikan Matematika sebagai bagian dari praktik pengembangan alat peraga inovatif.

“Seru banget kak! Alat peraganya berwarna-warni dan sangat menantang untuk dimainkan” ujar salah satu siswa dengan mata berbinar.

Kegiatan diakhiri dengan sesi refleksi singkat, foto bersama, dan penyerahan cendera mata dari pihak sekolah kepada pihak Laboratorium Pendidikan Matematika. Guru pendamping dari SDN Mengen 1 juga menyampaikan terima kasih atas pengalaman edukatif yang sangat berkesan ini.

Kunjungan ini tidak hanya memberi pengalaman baru bagi siswa, tetapi juga menjadi bentuk nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNEJ dalam pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam mendukung pendidikan matematika yang lebih kontekstual dan menyenangkan.