Jember, Jawa Timur – Pada tanggal 4 hingga 5 November 2025, Program Studi S3 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) menggelar Guest Lecture yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian pendidikan matematika yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi. Acara yang berlangsung di Gedung  FKIP UNEJ, Gedung A Lantai 2, Ruang Sidang, ini menghadirkan tiga pembicara utama yang ahli di bidangnya. Mereka adalah Dr. Muhammad Noor Kholid, M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Dr. Indah Rahayu Panglipur, S.Pd., M.Si. dari UNEJ, dan Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A. dari Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh akademisi, mahasiswa, dan peneliti yang antusias untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam meningkatkan kualitas penelitian.

Strategi Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi

Sesi pertama dimulai dengan pemaparan oleh Dr. Muhammad Noor Kholid, M.Pd., yang membahas tentang strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi. Dalam sesi ini, Dr. Kholid menekankan bahwa untuk bisa diterima di jurnal internasional, peneliti harus memilih jurnal yang tepat sesuai dengan topik yang diteliti. “Penting untuk memahami dengan baik ruang lingkup jurnal dan memastikan penelitian kita sesuai dengan sasaran jurnal tersebut,” ujar Dr. Kholid.

Ia juga mengingatkan bahwa kualitas penulisan merupakan faktor kunci. Peneliti harus mampu menyusun artikel dengan struktur yang jelas dan logis, dari pendahuluan, metodologi, hingga hasil dan kesimpulan. Tidak hanya itu, Dr. Kholid juga membagikan tips mengenai pentingnya mengikuti pedoman jurnal secara ketat, karena ketidakpatuhan terhadap pedoman dapat berakibat fatal terhadap peluang publikasi.

Menyusun Systematic Literature Review (SLR)

Sesi kedua dilanjutkan oleh Dr. Indah Rahayu Panglipur, S.Pd., M.Si., yang memberikan wawasan mengenai cara menyusun Systematic Literature Review (SLR) dengan praktis. Dr. Panglipur menjelaskan bahwa SLR adalah metode yang sangat penting dalam penelitian karena membantu peneliti merangkum temuan-temuan penelitian sebelumnya secara sistematis dan objektif. “Penting untuk merumuskan pertanyaan penelitian yang jelas, menentukan kriteria inklusi dan eksklusi yang tepat, serta melakukan pencarian literatur yang mendalam melalui berbagai database akademik,” ungkap Dr. Panglipur.

Lebih lanjut, ia menguraikan bahwa penilaian kualitas studi yang dimasukkan dalam SLR sangatlah krusial. Peneliti harus mengevaluasi metodologi yang digunakan dalam studi-studi tersebut, validitas data, dan kesimpulan yang dihasilkan. Setelah itu, peneliti dapat melakukan sintesis dari temuan-temuan yang ada, yang pada akhirnya akan menghasilkan laporan SLR yang komprehensif dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran

Sesi terakhir dibawakan oleh Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A., yang menjelaskan tentang pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan campuran dalam penelitian pendidikan matematika. Prof. Sa’dijah menjelaskan bahwa dalam penelitian pendidikan, setiap pendekatan memiliki keunggulannya masing-masing. Pendekatan kualitatif, misalnya, lebih berfokus pada pemahaman mendalam mengenai fenomena yang terjadi dalam konteks pendidikan, seperti pengalaman siswa dalam belajar matematika atau persepsi guru terhadap metode pengajaran tertentu.

Di sisi lain, pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur variabel yang dapat dihitung dan dianalisis secara statistik, seperti mengukur pengaruh suatu metode pembelajaran terhadap peningkatan hasil ujian matematika. Prof. Sa’dijah juga menyoroti pentingnya pendekatan campuran, yang menggabungkan elemen-elemen dari kedua pendekatan tersebut untuk memberikan gambaran yang lebih menyeluruh dan memperkuat temuan penelitian.

Antusiasme Peserta dan Kesempatan Diskusi Interaktif

Setiap sesi dalam acara Guest Lecture ini berjalan dengan antusiasme yang tinggi dari peserta. Para peserta tidak hanya mendengarkan pemaparan materi, tetapi juga berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pembicara mengenai berbagai tantangan yang mereka hadapi dalam penelitian pendidikan matematika. Salah seorang peserta, seorang mahasiswa pascasarjana, mengungkapkan, “Saya mendapatkan banyak wawasan baru, khususnya dalam cara menyusun SLR yang lebih sistematis dan efisien. Ini sangat membantu untuk penelitian saya yang akan datang.”

Setelah sesi materi, peserta juga diberi waktu untuk beristirahat, sholat, dan makan siang, yang menjadi kesempatan bagi mereka untuk lebih mendalami topik yang telah dibahas melalui diskusi informal dengan pembicara maupun sesama peserta.

Mengukuhkan Komitmen UNEJ dalam Meningkatkan Kualitas Penelitian

Kegiatan Guest Lecture ini menjadi bukti nyata dari komitmen FKIP UNEJ dalam meningkatkan kualitas penelitian pendidikan matematika di Indonesia. Dengan menghadirkan para ahli di bidangnya, diharapkan acara ini tidak hanya memberikan wawasan baru bagi para peserta, tetapi juga mendorong mereka untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi dan dapat dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Selain itu, acara ini juga memperluas jaringan akademik antar peserta dan pembicara, yang dapat membuka lebih banyak peluang kolaborasi di masa depan.