Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember kembali menghadirkan warna baru dalam dunia pendidikan dasar melalui penyelenggaraan serangkaian workshop tematik yang kreatif dan edukatif pada hari Minggu, 15 Juni 2025.  Kegiatan ini merupakan proyek akhir dari mata kuliah Edupreneurship, yang menekankan pada integrasi antara literasi kewirausahaan, keterampilan abad 21, dan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis pengalaman langsung bersama anak-anak. Bertempat di Gedung H, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, kegiatan ini menghadirkan empat workshop tematik kreatif yang ditujukan untuk siswa-siswi Sekolah Dasar se-Kabupaten Jember. Empat workshop tersebut meliputi:

  1. Sentaku (Saving and Edukasi Tabungan Kokoru Unik) – Anak-anak diajak membuat tabungan unik dari kertas kokoru sambil belajar tentang pentingnya menabung dan nilai-nilai ekonomi sejak dini.
  2. Hatventures: Ayo Lukis Topi Impianmu! – Mengasah ekspresi dan daya imajinasi anak melalui kegiatan melukis topi yang bisa mereka bawa pulang sebagai hasil karya pribadi.
  3. Bento Fun Class – Melatih kreativitas siswa dalam menata bekal sehat yang menarik, sekaligus mengenalkan potensi kewirausahaan di bidang kuliner.
  4. Little Chef’s Bakery DayWorkshop menghias kue ala koki cilik, lengkap dengan kegiatan praktik menghias serta e-sertifikat bagi seluruh peserta.

Empat workshop yang diselenggarakan ini menjadi ruang belajar yang tidak hanya menyenangkan bagi siswa SD, tetapi juga menjadi media aktualisasi bagi mahasiswa untuk merancang, memfasilitasi, dan mengelola kegiatan kewirausahaan dalam bentuk yang aplikatif. Setiap tema dirancang untuk menggugah kreativitas anak sekaligus menanamkan nilai-nilai seperti kemandirian, tanggung jawab, dan semangat inovasi.

Kegiatan ini sepenuhnya dirancang, dikelola, dan dilaksanakan oleh mahasiswa PGSD sebagai bagian dari pembelajaran berbasis proyek. Salah satu dosen pengampu mata kuliah, Ibu Zetti Finali S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru dengan kompetensi kewirausahaan, kemampuan manajerial kegiatan edukatif, dan kepekaan terhadap dunia anak. Antusiasme siswa dan orang tua sangat tinggi dan para peserta juga tampak menikmati setiap sesi, saling mengenal, dan menunjukkan rasa bangga saat membawa pulang hasil karyanya.

Kegiatan ini juga memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa untuk belajar berinteraksi langsung dengan anak-anak, menghadapi dinamika suasana belajar di luar kelas formal, serta melatih keterampilan komunikasi, empati, dan pengelolaan kegiatan secara menyeluruh. Tidak hanya menjadi fasilitator kegiatan, mahasiswa juga bertanggung jawab penuh atas promosi, registrasi peserta, logistik peralatan, hingga pengemasan output karya agar dapat dibawa pulang oleh anak-anak dengan aman dan membanggakan.

Tak hanya siswa SD, para orang tua yang turut hadir pun memberikan apresiasi atas pendekatan belajar yang interaktif dan menyenangkan ini. Workshop ini dinilai sebagai kegiatan akhir pekan yang bermanfaat karena menggabungkan unsur rekreasi dan pendidikan dalam satu wadah. Beberapa peserta bahkan berharap kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan secara berkala sebagai agenda kolaboratif antara kampus dan masyarakat.

Keberhasilan kegiatan ini menjadi bukti bahwa mahasiswa PGSD tidak hanya belajar menjadi guru di atas kertas, tetapi juga mampu menjadi inovator yang menghadirkan ide-ide segar untuk mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia anak secara nyata. Workshop ini sekaligus menunjukkan bahwa mata kuliah seperti Edupreneurship memiliki kontribusi nyata dalam menyiapkan pendidik masa depan yang kreatif, mandiri, dan solutif terhadap tantangan zaman.

Dengan semangat kolaborasi, inovasi, dan dedikasi yang tinggi, kegiatan ini menutup rangkaian proyek perkuliahan dengan kesan mendalam, baik bagi mahasiswa, anak-anak peserta, maupun pihak kampus. PGSD Universitas Jember kembali menegaskan komitmennya untuk terus menghadirkan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan berorientasi pada penguatan karakter pendidik abad 21.

________________________________________

Tentang PGSD Universitas Jember Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) merupakan salah satu program studi yang ada di bawah Jurusan Pendidikan Ilmu Pendidikan (PIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jember. Program Studi Guru Sekolah Dasar secara formal diselenggarakan berdasarkan SK Dirjen Dikti No: 4652/D/T/K-N/2010, tanggal 01 September 2006. Prodi PGSD melakukan penyesuaian kurikulum dan meningkatkan mutu proses pembelajaran sesuai dengan SN-Dikti melalui pengembangan kurikulum prodi PGSD berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan mendukung program MBKM. OBE adalah Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mewadahi pendidikan abad 21. Sehingga, pada tahun 2023 Prodi PGSD dapat meraih prestasi sebagai Prodi dengan mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan MBKM terbanyak se-Universitas Jember, dan 98% lulusan Prodi PGSD berkerja menjadi guru di sekolah dasar, serta melanjutkan studi magister atau PPG.