Trapsila Siwi Hutami, S.Pd., M.Pd
Deskripsi
Trapsila Siwi Hutami, S.Pd., M.Pd adalah pakar dalam bidang pendidikan ilmu pengetahuan sosial (IPS) untuk Sekolah Dasar, dengan fokus utama pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui pembelajaran inovatif. Beliau aktif mengembangkan metode pembelajaran berbasis proyek serta pendekatan kooperatif, seperti Numbered Head Together, untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Trapsila Siwi Hutami juga memiliki minat dalam penelitian berbasis bibliometrik untuk menganalisis tren penelitian terkait model pembelajaran, seperti Problem-Based Learning dalam IPS. Dalam pendidikan karakter, beliau terlibat dalam kajian implementasi nilai-nilai karakter di lingkungan sekolah, termasuk peran kepala sekolah, guru, dan siswa.
Dengan dedikasi dan kontribusinya, Trapsila Siwi Hutami telah memberikan dampak signifikan terhadap pengembangan pembelajaran IPS yang relevan dan berbasis nilai, mendukung pembentukan generasi yang berpikir kritis dan kreatif.
M.PdUniversitas Negeri Yogyakarta bidang Pendidikan IPS
S.Pd Universitas Negeri Yogyakarta bidang Pendidikan IPS
- Dosen Universitas Jember
Artikel dalam Jurnal:
Judul | Tahun | |
---|---|---|
Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek TS Hutami, CZ Fitriyah, Z Finali, DA Puspitaningrum
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar 11 (3), 255-263
|
2024 | |
TS Hutami, PI Azizah
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 11 (1), 79-88
|
2024 | |
Peran Kepala Sekolah, Guru Dan Siswa Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter di MI Hidayatul Ulum Kisik F Anis, TS Hutami, PA Nugroho
Jurnal Elementaria Edukasia 6 (4), 1587-1596
|
2023 | |
REALITAS SOSIAL AKTIVITAS MENGEMIS DAN RELEVANSINYA DENGAN IPS PA Nugroho, N Nurdianasari, TS Hutami
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 8 (3), 304-320
|
2023 | |
TS Hutami, PA Nugroho, F Anis
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 8 (3), 279-292
|
2023 |