Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd
Deskripsi
Prof. Dr. H. Muhammad Sulthon Masyhud merupakan Profesor bidang Manajemen Pendidikan di Prodi PGSD Universitas Jember. Beliau mendedikasikan diri sebagai salah satu orang yang memiliki dampak bagi yang lain. Beberapa lembaga yang menerima sumbangsih positif dari Prof. Dr. H. M. Sulthon. Seperti halnya lembaga Education Rehabilitation in Aceh yang didukung oleh AusAid Australia, Education Desentralitation di Mataram, dan Basic Education Capacity. Lembaga-lembaga tersebut merpresentasikan bahwa, Prof. Dr. H. M. Sulthon bukan saja akademisi bidang Manjemen Pendidikan melainkan pula sebagai Praktisi yang berdampak.
Bidang Kajian: Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan
Dr Bidang Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Malang (2005)
M.Pd Bidang Manajemen Pendidikan dari IKIP Negeri Malang (1989)
S.Pd Bidang Administrasi dan Supervisi Pendidikan dari IKIP Negeri Malang (1980)
B.A bidang Administrasi dan Supervisi Pendidikan dari IKIP Negeri Malang (1979)
- Dosen Manajemen Pendidikan Unej untuk Program sarjana dan Magister (1981-Sekarang)
- Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi (2016-2020)
- Ketua Unit Program Pengalaman Lapangan dan Microteaching (2006-2011)
- Ketua MKU Bidang Studi Pancasila (1997-2006)
- Ketua Laboratorium Microteaching (1997-2003)
- Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan (1996-1997)
Artikel dalam Jurnal:
- Ardiah Regita Cahyani, Sulthon Masyhud, Zetti Finali. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV Sdn Kejayan 01 Bondowoso. 2020. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar. 51-67
- Tri Nurul Rajab, M. Sulthon Masyhud, Tri DyahPrastiti. The Development of Project-based Student Worksheet to Escalate Creative Thinking Skills in Mathematics Learning on Geometry of Fifth Grade Students at Public Elementary School o Balung Lor 03 in Jember Regency. International Journal of Research in Humanities and Social Studies Volume 8, Issue 5, 2021, PP 1-7
- M Sulthon Masyhud, Ridho Alfarisi Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik (MASIK) Berbasis Augmented Reality pada Materi Volume Bangun Ruang. 2021. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 7-29
- Inggit Dianingtyas, Sulthon Masyhud, Lutfi Ariefianto. Evaluasi Program Pelatihan Desain Grafis dalam Pencapaian Keberhasilan Peserta Pelatihan di Balai Latihan Kerja Banyuwangi. 2021. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 72-76
- Irdian Febri, M. Masyhud. Improving students’ writing skills by using mind-mapping assisted by MindMeister at the twelfth graders in SMA Negeri 2 Ujungbatu. 2022. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 1-7
- M Firjoun Asiasi, M Sulthon Masyhud, Ridho Alfarisi. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Topik Jarak dan Kecepatan di Kelas V SDN Jember Lor 03. 2022. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 12-29
- Niluh Putu Tisma Virapatni, M Sulthon Masyhud, Fajar Surya Hutama. Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note-Taking Berbantuan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Di SDN Tegalwangi 04 Jember. 2022. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 163-172
- Wilda Karina Artinata, Sulthon Masyhud, Arik Aguk Wardoyo. Pengaruh Media Picture Book Digital dalam Pembelajaran Tema Benda-Benda di Sekitar Kita terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Kedurus 01 Surabaya. 2022. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar. 138-146
- Zakiyah Tasnim and M. Sulthon Masyhud. The Contribution of Microteaching Achievement and Instructional Design Achievement on Teaching Practicum Achievement of the Students at The Faculty of Teacher Training and Education the University of Jember. 2023. International Journal of Research and Innovation in Social Science. 806-813
- Vivi Meidina Amalia, Sulthon Masyhud, Suparti Suparti. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. 2023. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan. 62-73
- Selia Iren Vonica, Sulthon Masyhud, Ridho Alfarisi Pengaruh Model Creative Problem Solving Berbantuan Media Tangram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN Dabasah 01 Bondowoso. 2023. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar. 182-196
- Tiara Nur Fatma, Sulthon Masyhud, Ridho Alfarisi. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MENURUT TEORI POLYA BERBANTUAN CANVA UNTUK MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN STATISTIKA PADA SISWA KELAS VI DI SDN PARE 2 KEDIRI. 2023. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar. 208-224
- Adita Dwi Safirah, Yuni Fitriyah Ningsih, Suhartiningsih Suhartiningsih, M Sulthon Masyhud, Fajar Surya Hutama. Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. 2024. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 87-96