Jember, 4 Oktober 2025 – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (HMP Golden Age) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember sukses menggelar tahap final Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) tingkat nasional. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara tahunan HMP Golden Age yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat penelitian dan penulisan ilmiah di kalangan mahasiswa, khususnya dalam bidang pendidikan anak usia dini. Acara final dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dengan menghadirkan juri dari kalangan dosen dan praktisi pendidikan.

Salah satu finalis, Kelompok 1 dengan perwakilan Alfina Damayanti, memaparkan karya berjudul “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: Rumah sebagai Sekolah Bahasa Awal – Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak”. Presentasi ini menyoroti pentingnya keterlibatan keluarga dalam proses perkembangan bahasa anak sejak usia dini.
Proses penjurian dilakukan secara ketat dengan mempertimbangkan orisinalitas ide, relevansi penelitian, metodologi, serta kemampuan presentasi peserta. Setelah melalui tahap seleksi yang kompetitif, diperoleh tiga tim terbaik sebagai pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah tahun 2025, yaitu:
- Juara 1: Tim Nuril Afrina Rahayu dengan perolehan skor 357,5 dari Universitas Jember
- Juara 2: Tim Juliana Kristianingsih dengan perolehan skor 330 dari Universitas Jember
- Juara 3: Tim Anita Damayanti dengan perolehan skor 275 dari Universitas Trunojoyo Madura
Para pemenang diumumkan pada malam penutupan kegiatan dan mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah berupa uang pembinaaan.
Melalui kegiatan ini, HMP Golden Age berharap mahasiswa semakin termotivasi untuk aktif dalam penelitian ilmiah dan berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Para pemenang diumumkan pada malam penutupan kegiatan dan berhak mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah dari panitia.
Melalui kegiatan ini, HMP Golden Age berharap mahasiswa semakin termotivasi untuk aktif dalam penelitian ilmiah dan berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini di Indonesia.