Pada hari Sabtu, 23 Agustus 2025 di gedung Soedjarwo Universitas Jember dilaksanakan International Guest Lecture dengan nara sumber tunggal Assoc. Prof. Dr. Elisabeth (Lily) Taylor. Prof.Lily merupakan Coordinator School of Education dari The University of Notre Dame, Australia. Acara ini diinisiasi oleh Prodi S1, S2, S3 Pendidikan Matematika dan S1 PGSD FKIP UNEJ. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan bidang Akademik FKIP UNEJ, bapak Drs.Nuriman, Ph.D, dilanjutkan penandatanganan MoU bersama Prof. Lily disaksikan oleh hadirin.
Pada acara inti Assoc. Prof. Lily menjelaskan pengertian STEAM, latar belakang mengapa pentingnya melaksanakan pendekatan STEAM dalam dunia pendidikan yang berkelanjutan, serta beberapa penelitian yang menerapkan STEAM, baik di sekolah maupun di Perguruan Tinggi. Peserta yang hadir secara luring terdiri dari para Koorprodi, dosen dan mahasiswa dari prodi S1 PGSD, Prodi S2 Pendidikan Dasar, Prodi S1, S2, dan S3 Pendidikan Matematika FKIP UNEJ. Adapun peserta yang hadir secara daring melalui zoom meeting mayoritas terdiri dari dosen dan mahasiswa di seluruh Indonesia.


Setelah pelaksanaan kuliah tamu selesai, dilanjutkan kegiatan pengabdian internasional bersama dengan melibatkan target sasaran guru dan siswa SD Lab School FKIP UNEJ, mulai pukul 11.00 sampai dengan 13.00 WIB. Tema kegiatan adalah memberi pendampingan terhadap guru yang mengajarkan siswa SD menerapkan praktik STEAM pada konteks membuat alat penjernih air.
Para siswa berkelompok dibimbing menggunakan berbagai bahan untuk membuat alat penjernih air, yang terdiri dari wadah minuman mineral ukuran besar, ukuran kecil, kapas, batu kerikil, air berwarna hitam. Siswa berkelompok mempraktikan apa yang diarahkan guru dan mencatat hasilnya dengan melengkapi LKPD. Selama kegiatan tersebut, mereka diamati dan diberi arahan oleh Prof. Lily dan dosen-dosen yang mendampingi mereka selama praktik. Setelah praktik selesai, semua kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja di depam kelas. Sesudah selesai, guru memberi pembahasan, dan meminta siswa menyimpulkan pelajaran, serta menutup pelajaran.


DISKUSI PROF LILY DENGAN DOSEN PRODI S1, S2, S3 PMAT

Kegiatan terakhir yang dilaksanakan hari itu adalah diskusi di tingkat prodi. Sebagai contoh prodi S1, S2, dan S3 Pendidikan Matematika mendiskusikan mengenai visi, misi dan kurikulum prodi bersama Prof. Lily, semua dosen, dan perwakilan mahasiswa. Prof. Lily dengan senang hati memberi saran kepada prodi untuk merevisi visi, misi dan memberikan rekomendasi perbaikan kurikulum yang lebih baik sesuai pengalamannya di kampus The University of Notre Dame Australia.
Melalui kegiatan kuliah tamu seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas Kerjasama Internasional antara prodi-prodi di FKIP UNEJ dengan mitra Perguruan Tinggi internasional. Selain itu diharapkan dihasilkan luaran kerjasama, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dapat bermanfaat untuk peningkatan status akreditasi di lingkungan FKIP UNEJ.