Kelompok riset (keris)

Kelompok Riset Prodi PGSD

Kelompok Riset pada Program Studi PGSD merupakan sarana bagi dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta membimbing mahasiswa untuk mengasah kemampuan berpikir ilmiah dan berinovasi dalam pendidikan Sekolah Dasar.

Selain itu, Keris juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menaruh perhatian pada topik-topik tertentu melalui kegiatan penelitian. Gambar disamping adalah roadmap penelitian di Program Studi PGSD, yang menjadi acuan dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Deskripsi

SOSHED (Social Studies And Humanities Education) merupakan kelompok peneliti Yang Melaksanakan Kegiatan Penelitian Dalam Bidang Pendidikan IPS dan Humaniora di Sekolah Dasar. Pendidikan IPS dan Humaniora di SD merupakan disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yangberhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Pendidikan IPS dan Humaniora di Sekolah Dasar memberikan kontribusi dalam berbagai bidang pembangunan khususnya dalam bidang pendidikan ke sd–an. Jenis ilmu tersebut merupakan kajian yang dominan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar melalui pembelajaran Pendidkan IPS dan Humaniora sejak dini dipersiapkan untuk dapat mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan. semakin banyak kajian dan penelitian tentang Pendidikan IPS dan Humaniora di SD, diharapkan mampu mewujudkan visi dan misi Universitas Jember.

 

Visi :
Mendukung visi Universitas Jember terkait dengan pengembangan pembelajaran dan penelitian pendidikan dasar di bidang IPS dan Humaniora.

Misi :

  1. Melakukan penelitian dengan mengkaji masalah- masalah sosial di tingkat Pendidikan Dasar.
  2. Melakukan pengembangan model pembelajaran dalam IPS dan Humaniora di tingkat Pendidikan Dasar.
  3. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dalam bidang ips dan humaniora di tingkat Pendidikan Dasar.
  4. Menjalankan peran sebagai pasangan Dinas Pendidikan Dasar dalam memberikan bantuankonsultasi dan pelatihan dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora kepada stakeholders secara produktif dan berkesinambungan.

Anggota Keris

Ketua        : Chumi Zahrotul Fitriah, S.Pd., M.Pd

Anggota.  : 

  1. Zetti Finali, S.Pd.
  2. Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si
  3. Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.
  4. Trapsila Siwi Hutama, M.Pd.
  5. Fahimatul Anis, M.Pd.
  6. Prasetyo Adi Nugroho, M.Pd.
  7. Nora Sara Damayanti, M.Pd.

Deskripsi

LeMES (Learning Management in Elementary School) merupakan kelompok peneliti yang melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang manajemen pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Ini Keris Ini merupakan Kelompok Kajian di Lingkup Prodi PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Jurusan Ilmu Pendidikan program studi PGSD tumbuh berkembang sesuai perkembangan ilmu pendidikan, dengan perluasan dan pendalaman ilmu-ilmu ke-SD-an memasukkan dalam pembelajaran dan riset yang berbasis manajemen Pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar.

Visi

Kelompok peneliti yang unggul dalam kajian kurikulum Sekolah Dasar (SD), manajemen pendidikan/pembelajaran di SD, kepemimpinan dan supervisi pendidikan di SD, serta pembelajaran di sekolah dasar (SD) berwawasan global.

Misi
1. Mengkaji dan mengembangkan teori dan praktik kepemimpinan pendidikan pada jenjang Sekolah Dasarberbasis kearifan lokal dan global.
2. Mengkaji dan mengembangkan teori dan praktik kekepala sekolahan pada jenjang SD dalam menghadapi “irruption” pada era industri ke 5.
3. Mengkaji dan mengembangkan teeori dan praktik supervisi pendidikan/pembelajaran pada jenjang SD.
4. Melakukan research kolaboratif dengan berbagai institusi dalam pengembangan kajian tentang kurikulum, kepemimpinan pendidikan/pembelajaran, kekepala sekolahan, supervisi pendidikan/pembelajaran dan pembelajaran kreatif-inovatif pada jenjang SD.
5. Mengkaji dan mengemangkan model kepemimpinan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah pada jenjang SD.
6. Mengkaji dan mengemangkan model model pengelolaan persekolahan yang sesuai dengan kebutuhan SD.
7. Mengkaji dan mengemangkan model supervisi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dasar (SD).
8. Mengkaji dan menembangkan praktik pembelajaran kreatif-inovatif di Sekolah Dasar melalui Pengabdian Masyarakat dan pendampingan pada guru di PKG/KKG.
9. Mengkaji dan mengembangkan semangat kerja, motivasi kerja, dan produktivitas kerja pada guru dan kepala sekolah SD.
10. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian pada masyarakat tentang kepemimpinan pendidikan/pembelajaran, supervisi pendidikana/pembelajaran. Penciptaan suasana kerja yang harmonis di sekolah, serta pengembangan praktik pembelajaran ktratif-inovatif pada jenjang SD.

Anggota Keris

Ketua        : Prof. Dr. Drs. M. Sulthon Masyhud, BA., M.Pd

Anggota.  : 

  1. Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.
  2. Agus Arifandi, S.Pd.I., M.Pd.I.,
  3. Fathan Fihrisi, S.Pd.I., M.Pd.I.
  4. Muhammad Lutfi, M.Pd
  5. Nurhasanah, M.Pd
  6. Tri Astari, M.Pd
  7. Elvin Cahyanita, M.Pd

Deskripsi

Kelaompok Riset dan Pengabdian Masyarakat (KERIS DIMAS) SEED (Scienceof Elementary Education) adalah sebuah kelompok riset bidang pendidikan Sains Pendidikan Dasar dan Pengabdian Masyarakat yang menaungi kelompok peneliti di tingkat PROGRAM STUDI, yaitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kelompok peneliti dimaksud adalah terdiri dari dosen pendidikan Sains yang bernaung dibawah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen peneliti berasal dari Program Studi PGSD yang tertarik dalam penelitian dan pengabdian dalam scope keilmuan bidang Sains Pendidikan Dasar. Pengembangan penelitian dan pengabdian akan bermuara ke arah perbaikan mutu pendidikan dasar dan masyarakat sasaran melalui pemecahan berbagai permasalahan Pendidikan Sains Pendidikan Dasar. Pendekatan penelitian dikembangkan baik secara kualitatif maupun kuantitatif, dengan berbagai metode penelitian yang memungkinkan pemecahan masalah secara sistematis, logis dan aplikatif yang hasilnya dapat dikembamngkan dalam masyarakat Pendidikan melalui pengabdian. Hasil yang diperoleh dari KERIS DIMAS SEED berupa produk pengembangan, publikasi ilmiah (prosiding, poster, jurnal nasional maupun internasional terindex), HAKI, PATENT dan produk lain yang dapat diterapkan sebagai sumbangsih dalam pengambilan kebijakan dalam bidang pendidikan, khususnya Pendaiaikan Dasar.

Visi 

KERIS DIMAS SEED adalah pada tahun 2025 menjadi Kelompok Riset dan Pengabdian yang unggul di bidang sains pendidikan dasar.

Misi

  1. Menyusun road map penelitian dan pengabdian di bidang sains pendidikan dasar (jangka 5 tahunan)
  2. Aktif mengikuti berbagai kesempatan dan kegiatan KERIS di tingkat nasional, regional maupun internasional
  3. Menjalin kolaborasi riset di bidang sains pendidikan dasar di tingkat nasional, regional maupun internasional
  4. Aktiv mengembangkan KERIS dengan cara memperoleh grant funding research dan pengabdian diberbagai level, baik nasional, regional terlebih di tingkat internasional
  5. Memenuhi target capaian penelitian dan pengabdian dalam bentuk produk pengembangan, publikasi, HAKI atau PATEN dan keterlibatan dalam masyarakat.
  6. Melakukan manajemen dan akes data mutakhir dari berbagai sumber untuk pengembangan penelitian dan pengabdian.
  7. Mengembangkan scope dan tujuan KERIS DIMAS secara berjenjang dan berkesinambungan yang dapat memberikan pengaruh melalui citasi
    publikasi hasil riset dan keterlibatan dalam masyarakat.

Anggota Keris

Ketua        : Drs. Nuriman, Ph.D

Anggota.  : 

  1. Agustiningsih, S.Pd., M.Pd
  2. Rizki Putri Wardani, S.Pd., M.Pd
  3. Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfis

 

Deskripsi

Kelompok riset dan pengabdian kepada masyarakat “bahasa, sastra, seni, dan pengajarannya di sekolah dasar” (KERIS-DIMAS SASANA SD) pada lingkungan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember merupakan wadah untuk mengkaji, menganalisis, dan mengembangkan aspek yang terkait dengan penyelesaian masalah pembelajaran pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta pengajaran seni di sekolah dasar (SD). Kajian, penelitian, dan kegiatan pengabdian masyarakat dalam KERIS-DIMAS SASANA SD ini difokuskan pada pengembangan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta pengajaran seni dan prakarya yang merupakan bagian dari keilmuan Program Studi PGSD.

Visi :
Mendukung visi Universitas jember terkait dengan pengembangan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pendidikan dasar di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pengajaran seni di sekolah dasar.

Misi :

  1. Melakukan pengembangan model-model dan perangkat pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia serta Seni di tingkat pendidikan dasar.
  2. Melakukan penelitian dengan mengkaji masalah-masalah terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia serta Seni di
    tingkat pendidikan dasar. 
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Seni di tingkat pendidikan dasar. 
  4. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Seni di tingkat pendidikan
    dasar. 
  5. Menjalankan peran sebagai pasangan Dinas Pendidikan dalam memberikan bantuan konsultasi dan pelatihan dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Seni di SD kepada stakeholders secara produktif dan berkesinambungan.

Anggota Keris

Ketua        : Dra. Suhartiningsih, M.Pd

Anggota.  : 

  1. Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd.
  2. Chandra Ayu Proborini, S.Pd., M.Pd
  3. Weldy Nugroho Detagory, S.Pd., M.Pd

Deskripsi

KeRis DiMas SIP SD (Sains dan Pembelajaran di SD) ini sangat penting karena berperan dalam pengembangan pembelajaran berdiferensiasi dan keterampilan abad 21 di wilayah pertanian industrial. KeRis DiMas SIP SD (Sains dan Pembelajaran di SD) juga memiliki kontribusi dalam mendukung peserta didik dalam mengembangkan model pembelajaran yang inovatif. KeRis DiMas berfokus pada pengembangan model pembelajaran yang inovatif berdasarkan karakteristik siswa, temuan-temuan terbaru, dan keterampilan abad 21. Tingkat kebaruan terletak pada integrasi teknologi, pendekatan aktif, dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa serta lingkungan pertanian industrial. Selain itu, KeRis DiMas berkomitmen untuk mengikuti tren terkini dalam penelitian pendidikan dan terus memperbarui model pembelajaran.

Visi

Menjadi kelompok riset yang produktif dan inovatif dalam pengembangan desain pembelajaran IPA SD di wilayah pertanian industrial.

Misi
  1. Merancang dan menerapkan model pembelajaran IPA di SD yang memfasilitasi pemahaman konsep IPA secara menyeluruh
  2. Memberikan dukungan kepada para pendidik dalam penggunaan model pembelajaran IPA yang efektif dan efisien untuk meningkatkan keterampilan abad 21 di wilayah industrial
  3. Melibatkan diri dalam penelitian dan pengembangan untuk terus memperbarui dan meningkatkan pembelajaran
  4. Menjalin kemitraan dengan lembaga pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya guna memperluas dampak positif pada pendidikan dasar.

Anggota Keris

Ketua        : Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd

Anggota.  : 

  1. Naomi Dias Laksita Dewi, S.Pd., M.Pd.
  2. Vivi Darmayanti, S.Pd, M.Pd.
  3. Moh. Badrus Sholeh Arif, S.Pd., M.Pd