Program Studi S1 Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember menggelar Kegiatan Rapat Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan IPA pada hari Sabtu 18 Oktober 2025. Kegiatan ini dihadiri oleh 23 dosen S1 Pendidikan IPA dan 1 orang Praktisi Kepala SMP N 1 Pujer Bondowoso  yaitu Bu Rida Syamsiah, M.Pd yang diselenggarakan secara luring di Gedung F ruang lab IPA. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 yaitu meningkatkan kualitas pendidikan agar perguruan tinggi bisa bersaing di tingkat internasional dengan melakukan penyesuaian kurikulum prodi S1 Pendidikan IPA dengan tuntutan perkembangan zaman.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. selaku Korprodi S1 Pendidikan IPA sekaligus memberikan sambutan terkait pentingnya penyesuaian kurikulum S1 Pendidikan IPA dengan visi keilmuan dari Universitas dan Fakultas dengan menciptakan lulusan yang relevan dengan kebutuhan kerja. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan review kurikulum S1 Pendidikan IPA oleh Ibu Rida Syamsiah selaku praktisi pendidikan agar memberikan masukan berharga mengenai relevansi dan implementasi kurikulum di lapangan. Beberapa topik yang dibahas dalam pertemuan ini mencakup penguatan kompetensi pedagogik bagi calon guru IPA, penyesuaian materi ajar dengan kebutuhan zaman, serta pengembangan keterampilan praktis yang dapat diterapkan oleh mahasiswa di lingkungan sekolah.

“Rekonstruksi kurikulum ini merupakan upaya untuk memastikan bahwa kurikulum yang disusun dapat menjawab tantangan yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini,” kata Dr. Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd selaku Koorprodi S1 Pendidikan IPA Universitas Jember. “Kami ingin memastikan bahwa kurikulum ini tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga relevan dengan kebutuhan di sekolah-sekolah, khususnya dalam mengembangkan kompetensi peserta didik di bidang IPA.”

Kegiatan ini juga memberikan ruang bagi para praktisi untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam mengelola pendidikan IPA di tingkat SMP. Masukan dari mereka diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam perbaikan kurikulum agar lebih aplikatif dan berdampak positif terhadap kualitas pendidikan di sekolah. Sebagai langkah tindak lanjut, Prodi S1 Pendidikan IPA Universitas Jember berencana untuk melakukan serangkaian pertemuan lebih lanjut dengan berbagai pihak terkait untuk menyempurnakan kurikulum yang telah dibahas dan menyesuaikannya dengan perkembangan terkini dalam dunia pendidikan. Dengan kolaborasi antara akademisi dan praktisi, diharapkan kurikulum yang dihasilkan dapat mencetak calon guru IPA yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan di masa depan.