Laboratorium Pendidikan IPS Universitas Jember pada bidang Pendidikan Sejarah, memiliki koleksi benda-benda bersejarah dari dua periodisasi yang berbeda. Pembagian periode tersebut dibedakan antara peninggalan prasejarah dan juga peninggalan masa sejarah. Pada warta ini, akan secara khusus membahas seputar koleksi peninggalan prasejarah yang terdapat di Laboratorium Pendidikan IPS.

Apabila berbicara mengenai masa prasejarah, maka tidak akan lepas dari keberagaman artefak yang merupakan produk khas manusia pada masa sebelum mengenal tulisan. Lab Pendidikan IPS mengoleksi sejumlah benda tersebut untuk dijadikan sebagai sumber informasi penting dalam memahami bagaimana manusia purba dapat beradaptasi dengan lingkungan alam, mengembangkan teknologi sederhana, ritual pemujaan terhadap roh nenek moyang serta membangun pola kehidupan  sosial yang dinamis.

Artefak dibagi menjadi dua jenis yakni profan dan sakral. Artefak profan merupakan produk peninggalan manusia purba yang digunakan sebagai peralatan rumah tangga. Koleksi artefak profan ini dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami penggunaan teknologi sederhana dan pola hidup praktis manusia prasejarah. Beberapa koleksi artefak profan yang tersedia di Lab Pendidikan IPS seperti kapak genggam, tempayan, batu gilis, pemberat batu,  dan lain sebagainya.

Sedangkan artefak sakral adalah benda-benda milik manusia purba yang dimanfaatkan untuk kegiatan ritual terhadap sistem kepercayaan yang mereka anut saat itu terutama upacara yang berkaitan dengan alam dan roh leluhur. Laboratorium ini memiliki sejumlah koleksi yang berkaitan dengan artefak sakral tersebut yang meliputi Lingga Yoni, Batu Kenong, manik-manik bekal kubur dan masih banyak lagi. Melalui kegiatan pengamatan dan analisis, mahasiswa tidak sebatas belajar untuk mengklasifikasikan serta menginterpretasikan data arkeologi, melainkan juga memgembangkan pemahaman holistik tentang kehidupan manusia masa prasejarah atau yang lebih sering dikenal dengan manusia purba.

Laboratorium Pendidikan IPS telah melakukan konservasi peninggalan prasejarah secara teratur dan  sesuai dengan prosedur yang semestinya. Tujuan dari konservasi ini sebagai upaya untuk melindungi dan merawat benda-benda prasejarah tersebut agar tetap terjaga kualitasnya dan dapat dimanfaatkan untuk bidang keilmuan oleh generasi mendatang. Laboratorium Pendidikan IPS Universitas Jember terus berkomitmen untuk memaksimalkan pelayanannya sebagai pusat akademik serta menjadi ruang dalam melestarikan identitas sejarah dan budaya bangsa Indonesia.