Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Penelitian Kualitatif pada 30–31 Oktober 2025. Kegiatan ini berlangsung di ruang Microteaching, Gedung D FKIP, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, dengan diikuti oleh dosen Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris.

Workshop menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang penelitian kualitatif, yaitu Yuris Indria Persada, S.Pd., Gr., M.Pd., MCE., CT.,Pemateri membawakan materi seputar pengantar analisis data kualitatif, pengenalan perangkat lunak Nvivo dan Atlas.ti, serta tahapan penting seperti persiapan dan impor data, proses coding, pelaporan hasil, hingga analisis studi kasus dan praktik langsung. Melalui pendekatan interaktif, para peserta mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung proses analisis menggunakan perangkat lunak riset tersebut.

 

Ketua panitia, Dr. David Imamyartha, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas dosen dalam mengolah data kualitatif secara sistematis dan efisien. “Dengan kemampuan ini, kami berharap para dosen semakin siap mempublikasikan hasil penelitian mereka pada jurnal bereputasi,” ujarnya. “Workshop ini sangat membantu kami memahami penggunaan software analisis kualitatif yang sebelumnya terasa rumit. Dengan menggunakan softwares yang dikenalkan, waktu menganalisis data jadi lebih cepat dan mendalam.” ujar Getari Adyagarini, S.Pd., M.Pd salah satu peserta.

Melalui workshop ini, FKIP Universitas Jember menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas penelitian dan profesionalisme dosen. Diharapkan, hasil pelatihan ini dapat mendorong lahirnya penelitian-penelitian inovatif yang relevan dengan perkembangan dunia pendidikan bahasa Inggris di era digital. Para dosen juga didukung untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak analisis data kualitatif. Workshop ini menjadi salah satu langkah nyata FKIP Universitas Jember dalam memperkuat budaya riset dan inovasi akademik di kalangan dosen. Selain itu, kegiatan ini turut memperkuat kolaborasi akademik dan semangat berbagi pengetahuan antarpendidik dalam lingkungan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.