Jember – Dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ), Nazwa Febri Wulandari dan Nabiilah Rajwaa Zaahirah, berhasil mengharumkan nama almamater dengan partisipasi aktif mereka dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional Tahun 2025. Lomba bergengsi ini diselenggarakan secara daring oleh FKIP Universitas Nusa Cendana, dengan babak final yang sukses digelar pada tanggal 26 Juni 2025.
Nazwa dan Nabiilah berpartisi sebagai tim penulis dalam kompetisi tersebut. Motivasi utama keduanya mengikuti lomba adalah untuk menambah pengalaman serta mengasah kemampuan dalam menulis karya ilmiah, yang mereka yakini akan menjadi bekal berharga untuk penyusunan tugas akhir atau skripsi.
Dalam persiapan lomba, Nazwa dan Nabiilah tidak memiliki latihan khusus. Mereka mengandalkan bimbingan intensif dari dosen dan senior. Meskipun awalnya menulis karya ilmiah bukan hobi, pengalaman penelitian yang melibatkan interaksi langsung dengan anak-anak SLB telah menumbuhkan kecintaan baru terhadap bidang ini. “Rasanya menyenangkan bisa mengenal mereka. Mungkin ini akan jadi hobi baru kami di antara hobi kami yang lain,” ujar Nazwa.
Selama proses lomba, keduanya menghadapi beberapa kendala, mulai dari penentuan judul, penyusunan naskah, hingga persiapan presentasi. Namun, berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, khususnya dosen pembimbing mereka, Dr. Frenza Fairuz Firmansyah, S.Pd., M.Pd., semua hambatan tersebut berhasil diatasi. “Alhamdulillah, itu semua bisa kami atasi karena bantuan dan juga dukungan dari beberapa pihak, khususnya dosen pembimbing kami yaitu Bapak Frenza,” kata Nabiilah.
Melalui partisipasi dalam LKTI ini, Nazwa dan Nabiilah berharap dapat menjadi pribadi yang lebih kritis, inovatif, serta peduli terhadap masalah di sekitar, terutama di bidang pendidikan. Mereka berkomitmen untuk terus belajar dan berkontribusi, dengan harapan dapat membawa nama baik FKIP UNEJ sebagai fakultas yang mencetak pendidik berkualitas serta mampu membawa perubahan positif.