Sebagai calon guru Bahasa Inggris, mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jember dididik untuk memiliki kemampuan dalam berbagai aspek kebahasaan mulai dari linguistik, sastra hingga metodologi pengajaran. Salah satu mata kuliah yang membekali mahasiswa dalam metode pengajaran yang sesuai dengan kemajuan zaman dan teknologi adalah mata kuliah MSALL (Managing Self Access Language Learning). Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan metode pengajaran bahasa Inggris dan ketrampilan praktis dalam mendesain sistem pembelajaran Bahasa Inggris digital yang dapat diakses secara mandiri oleh para siswa. Tugas akhir dari mata kuliah ini diharapkan mampu menyediakan sebuah platform belajar Bahasa Inggris yang menarik, fleksibel dan berbasis teknologi.

Self-Access language Learning (SALL) atau pembelajaran bahasa secara mandiri adalah sebuah fasilitas yang menyediakan sumber belajar dan kesempatan belajar Bahasa Inggris secara independen bagi siswa. Platform ini mewadahi kebutuhan dan keinginan siswa untuk belajar Bahasa Inggris yang tidak hanya terbatas di ruang kelas dan pada jam sekolah. Kebutuhan siswa pembelajar Bahasa Inggris yang beragam baik dari sisi strategi, tujuan maupun gaya belajar membuat setiap siswa memiliki target dan cara yang berbeda dalam mengakses materi pembelajarannya. Untuk itu para siswa membutuhkan sebuah platform yang dapat memfasilitasi pembelajaran dan memenuhi kebutuhan sekaligus keinginan pembelajar bahasa kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Proses pembuatan website SALL dimulai dengan need analysis dimana item survey dari need analysis setelah didiskusikan bersama diberikan ke siswa-siswi SMP dan SMA/sederajat untuk menganalisis kebutuhan, tujuan, materi dan model belajar yang dibutuhkan oleh mereka. Hasil dari need analysis ini dijadikan acuan oleh para mahasiswa untuk mendesain website dengan memanfaatkan berbagai sumber dari Internet dan mengeksplorasi website SALL diberbagai universitas di luar negeri sebagai inspirasi dalam mengembangkan kreatifitas mereka. Pembuatan materi pelajaran Bahasa Inggris meliputi 4 ketrampilan Bahasa Inggris (Listening, Speaking, Reading dan Writing) dan beberapa komponen penunjang lainnya seperti English grammar quiz, interactive games dan konten multimedia yang relevan untuk pembelajaran Bahasa Inggris.

Laboratorium bahasa memainkan perannya sebagai tempat simulasi dan evaluasi rancangan aktifitas, penyusunan hierarki materi, evaluasi instrumen pembelajaran siswa dan uji coba kemudahan akses website. Untuk menggali masukan dari para pengguna, survei diberikan kepada siswa dan guru yang menjadi target pembelajar. Platform pembelajaran Bahasa secara mandiri ini diharapkan mampu memberikan alternatif proses belajar Bahasa Inggris yang lebih variatif, menyenangkan dan personal based learning.

MSALL ini salah satu mata kuliah mendukung kurikulum yang berbasis pada penguatan kompetensi abad 21, khususnya dalam bidang digital literacy, kemandirian belajar dan kolaborasi. Keberlanjutan dari hasil proyek tugas akhir mahasiswa ini diharapkan bisa memberikan kontribusi yang lebih luas bagi khalayak umum terutama bagi siswa maupun guru sekolah menengah yang membutuhkan. Laboratorium Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengundang semua pihak terkait yang ingin berkolaborasi dalam mengembangkan website serupa yang didesain khusus untuk konteks sekolah tertentu sehingga menjadi alternatif membelajaran yang kontekstual dan berdampak. Selain itu, laboratorium bahasa juga dijadikan wahana untuk pelatihan penggunaan platform pembelajaran digital bagi sekolah yang membutuhkan.

Website hasil karya mahasiswa ini dirilis secara publik melalui media sosial prodi (englishdept.unej). Masyarakat dan sekolah-sekolah mitra diundang untuk mencoba dan memberikan masukan lanjutan demi pengembangan situs yang lebih baik di masa mendatang.