 
			Selamat Datang di Program Studi
Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember
- Sejarah Singkat Prodi
- Visi dan Misi Prodi
- Profil Lulusan
- Strategi Program Studi
- Capaian Pembelajaran
- Mutu
Program Studi Pendidikan Fisika didirikan berdasarkan SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 44/DIKTI/Kep/1984 dengan tujuan menghasilkan pendidik yang berkualitas di bidang fisika. Sejak awal berdirinya, prodi ini fokus pada pengembangan kurikulum yang relevan dan penerapan metode pengajaran yang efektif. Dengan akreditasi UNGGUL dari Lembaga Akreditasi Pendidikan (Lamdik), prodi ini terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui fasilitas laboratorium dan ruang kuliah yang nyaman serta didukung oleh dosen berkompeten. Program studi ini juga memiliki kredibilitas tinggi di kalangan institusi pendidikan dan terus berkontribusi dalam perkembangan ilmu fisika dan pendidikan di Indonesia.
Sertifikat Akreditasi
- 2023-2028 (Unduh)
- 2018-2023 (Unduh)
- 2013-2018 (Unduh)
- 2008-2013 (Unduh)
Dokumen Penting Prodi:
- Sebaran Mata Kuliah (Unduh)
- Rodmap Penelitian (Unduh)
Visi Program Studi Pendidikan Fisika
Pada tahun 2030, menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan pendidikan fisika yang Unggul dalam ilmu dan pembelajaran fisika yang Inovatif untuk mendukung Pertanian Industrial berkelanjutan dan bereputasi Internasional.
Misi Program Studi Pendidikan Fisika
- Menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu dan pembelajaran fisika yang inovatif untuk menyiapkan sarjana pendidikan fisika yang mengedepankan glokalisasi, inovasi ipteks dan berkarakter (pendidikan).
- Meningkatkan dan mengembangkan budaya penelitian dalam kelompok riset (KeRis) bidang keilmuan dan pembelajaran fisika yang inovatif untuk mendukung pertanian industrial berkelanjutan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional (penelitian).
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan yang mendukung mendukung pertanian industrial berkelanjutan (pengabdian).
- Meningkatkan dan mengembangkan jejaring kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain dalam dan luar negeri di bidang penelitian, pengabdian dan Pendidikan Fisika (jejaring kerjasama).
| No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan | 
|---|---|---|
| 1 | PL-1 | Calon guru fisika yang mampu mengimplementasikan konsep fisika dan/atau pembelajaran fisika di lembaga untuk memberikan kontribusi terhadap pendidikan nasional. | 
| 2 | PL-2 | Calon peneliti yang dapat memberikan kontribusi bagi pemecahan permasalahan fisika dan pembelajaran fisika. | 
| 3 | PL-3 | Enterpreneur bidang fisika, pendidikan fisika atau bidang lainnya menjadi peluang bisnis baik secara mandiri maupun kelompok. | 
Strategi Program Studi Pendidikan Fisika dalam kurikulum melibatkan pendekatan agar pembelajaran relevan, berkualitas, dan efektif. Berikut adalah beberapa strategi yang diterapkan dalam Program Studi Pendidikan Fisika:
- Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (OBE)
- Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran
- Peningkatan Kualitas Dosen
- Penerapan Sistem Penjaminan Mutu
- Keterlibatan Stakeholder
| No.CPL | Aspek | Uraian | 
| 1 | Sikap | S-1 : Mampu menunjukkan sikap beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat | 
| 2 | S-2 : Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan secara mandiri sesuai bidang keahlian dengan menginternalisasi nilai utama Universitas Jember | |
| 3 | Keterampilan Umum | KU-1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan menunjukkan kinerja mandiri yang bermutu dan terukur maupun kinerja secara berkelompok | 
| 4 | KU-2 : Mampu Menyusun hasil kajian berdasarkan analisis data dan informasi yang terjamin atas kesahihannya dan bebas dari plagiasi | |
| 5 | KU-3: mengembangkan Mampu jiwa kewirausahaan yang berbasis IPTEK yang berwawasan lingkungan dan industrial pertanian melalui pengembangan jejaring kerja sama | |
| 6 | Keterampilan Khusus | KK-1: Mampu mengelola pembelajaran fisika inovatif di kelas dan laboratorium dengan mengintegrasikan IPTEK | 
| 7 | KK-2 : Mampu mengimplementasikan kajian ilmu fisika untuk menjelaskan fenomena alam dalam pembelajaran serta menyajikannya dalam karya ilmiah yang terintegrasi IPTEK sebagai solusi permasalahan pertanian industrial berkelanjutan. | |
| 8 | Pengetahuan | PP-1: Mampu menganalisis konsep fisika mendukung untuk pembelajaran fisika di sekolah dan program pendidikan lanjut, serta sebagai solusi permasalahan pertanian industrial berkelanjutan | 
| 9 | PP-2: Mampu menganalisis konsep dasar kependidikan, kurikulum bidang fisika, serta pengelolaan kelas dan laboratorium berbasis IPTEK | |
| 10 | PP-3: Mampu merancang metode penelitian dan prinsip penulisan karya ilmiah | 
Penjaminan mutu internal prodi adalah proses yang memastikan kualitas pendidikan tinggi melalui perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi berkelanjutan terhadap kegiatan akademik dan administrasi. Hal ini bertujuan untuk memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan, meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan memastikan layanan yang berkualitas bagi mahasiswa dan stakeholder terkait.
Dokumen penjaminan mutu internal.
- Kebijakan SPMI (Unduh)
- Standar SPMI (Unduh)
- Standar Tambahan (Unduh)
- SPMI Manual (Unduh)
- Formulir SPMI (Unduh)
Prestasi Mahasiswa Pendidikan Fisika
 
			
Dr. Rif'ati Dina Handayani
Koordinator Program Studi Pendidikan Fisika
Belajar fisika akan membuka wawasan kita secara luas, memperkaya pemahaman tentang alam semesta dan teknologi, serta membentuk kemampuan analisis yang tajam. Menjadi guru fisika yang profesional adalah salah satu langkah penting dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas, yang akan berkontribusi untuk kemajuan Indonesia, menjadikan negara ini lebih baik di masa depan.
Berita Program Studi
Testimoni Alumni
Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNEJ menghasilkan lulusan yang berkualitas, dengan kemampuan mengajar yang sangat baik. Lulusan dari prodi ini memiliki pengetahuan yang mendalam dan mampu menyampaikan materi dengan efektif.
Pengumuman
Dosen Pendidikan Fisika
- Prof. Dr. Sutarto, M.Pd
- Prof. Dr. Indrawati, M.Pd
- Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si
- Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si
- Prof. Dr. Bambang Sujanarko, M.T.
- Dr. Rif’ati Dina Handayani, M.Si
- Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd
- Dr. Trapsilo Prihandono, M.Si
- Dr. Sudarti, M.Kes
- Drs. Subiki, M.Kes
- Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si
- Dr. Yushardi, S.Si., M.Si
- Drs. Mariyani, M.Pd
- Drs. Alex Harijanto, M.Si
- Rayendra Wahyu Bachtiar, S.Pd., M.Pd., Ph.D
- Firdha Kusuma Ayu A., S.Si., M.Si
- Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd
- Ike Lusi Meilina, S.Pd., M.Pd
- Ernasari, M.Pd
- Nila Mutia Dewi, S.Pd., M.Pfis
- Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis
- Dyah Arum Arimurti, S.Pd., M.Sc
- Habibah Khusna Baihaqi, S.Pd., M.Pd
- Tyas Nisa Fadilah, S.Pd., M.Si
- Niswatul Kariimah, M.Si
- Chilwatun Nasiroh, S.Pd., M.Si
Kelompok Riset (KeRis) Pendidikan Fisika
Physics Learning Strategies
Kelompok Riset PhyLeStra Universitas Jember mengembangkan strategi pembelajaran fisika berbasis teknologi, kearifan lokal, dan abad 21. Anggota berkompeten, fokus riset inovatif, media pembelajaran, dan implementasi di sekolah mitra.
Applied Physics Learning
Applied Physics Learning adalah kelompok riset di Pendidikan Fisika yang fokus pada penerapan fisika di pendidikan dan non-pendidikan. Di bidang pendidikan, meneliti manajemen pendidikan dan profesionalisme guru dengan TPACK. Di bidang non-pendidikan, membahas geofisika, instrumentasi, dan ketahanan pangan berbasis teknologi radiasi ELF.
Theoretical and Culture Physics Learning
Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.
Hasil Survei Layanan Kepuasan Program Studi Pendidikan Fisika
- Hasil rata-rata survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan 83%
- Hasil rata-rata survei kepuasan dosen terhadap layanan 82,53%
- Hasil rata-rata survei kepuasan karyawan terhadap layanan 86,25%
- Hasil rata-rata survei kepuasan alumni terhadap layanan 83%
- Hasil rata-rata survei kepuasan pengguna terhadap layanan 87%
 
			Jurnal Pendidikan Fisika
Jurnal Pembelajaran Fisika | ISSN: 2301-9794 (Cetak) | ISSN: 2721-1959 (Online) merupakan jurnal nasional akses terbuka dan peer-review, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jember, yang diterbitkan oleh Universitas Jember. Cakupan jurnal kami meliputi: Inovasi Pembelajaran Fisika, Model dan Media Pembelajaran Fisika, Asesmen Pembelajaran Fisika, Filsafat dan Kurikulum Pendidikan Fisika, Isu-isu Pendidikan Fisika, Studi Fisika, Aplikasi Fisika, Fisika Bumi dan Astronomi, Fisika Teoritis dan Komputasi, Fisika Material, dan Fisika Instrumentasi. Jurnal ini diterbitkan empat kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember.
