Program Studi

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No : 204/E/0/2011

Visi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Visi yang dicanangkan untuk Prodi S1 PGPAUD FKIP Universitas Jember hingga tahun 2030 adalah “Menjadi program studi unggul di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang pendidikan anak usia dini yang berkualitas, berdaya saing dan humanis dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial”.

Misi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing dan humanis dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial.

 

Menghasilkan karya inovasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung terwujudnya praktek pengasuhan, pendidikan dan perlindungan anak usia dini serta pengelolaan PAUD yang berkualitas, humanis, berdaya saing dan berkearifan lokal.

 

Membangun tata kelola pendidikan, penelitian dan pengabdian di tingkat Prodi yang mendukung keunggulan dan menjunjung tinggi terwujudnya WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) / WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

 

Membangun suasana akademik dan non-akademik yang berpegang pada etika keilmuwan dan etika sosial.

 

Menjalin dan membina jejaring kerjasama dengan lembaga-lembaga di dalam dan di luar negeri dalam rangka pengembangan pembelajaran, program-program sertifikasi kompetensi, serta kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang PAUD yang berkualitas, berdaya saing, humanis dan dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial.

Profil Lulusan

Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini

Sebagai guru pendamping pada satuan Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak atau satuan PAUD sejenis yang kompeten dan inovatif dalam memberikan layanan pengasuhan dan pendidikan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak maupun latar belakang sosial-budaya masyarakat sekitarnya

Pengelola Pendidikan Guru PAUD

Sebagai penyelenggara layanan pendidikan anak usia dini yang mampu menunjukkan literasi informasi, teknologi dan kearifan dalam memecahkan masalah maupun mengembangkan program-program PAUD sesuai dengan kondisi dan potensi lingkungan sosial budaya masyarakat sekitarnya.

Mata Kuliah Wajib Universitas (8 SKS)

  • Bahasa Indonesia (2 SKS)
  • Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
  • Pendidikan Agama (2 SKS)
  • Pendidikan Pancasila (2 SKS)

Mata Kuliah Wajib Fakultas (19 SKS)

  • Bahasa Indonesia (2 SKS)
  • Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
  • Pendidikan Agama (2 SKS)
  • Pendidikan Pancasila (2 SKS)

Mata Kuliah Wajib Prodi (94 SKS)

  • Bahasa Indonesia (2 SKS)
  • Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
  • Pendidikan Agama (2 SKS)
  • Pendidikan Pancasila (2 SKS)

Mata Kuliah Pilihan (Minimal 26 SKS)

  • Bahasa Indonesia (2 SKS)
  • Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
  • Pendidikan Agama (2 SKS)
  • Pendidikan Pancasila (2 SKS)

Kelompok Riset (KeRis)

Early Childhood Development and Family Support System (ECD FaST)

Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.

Day Care Berbasis Pendidikan Karakter dan Berdaya Saing (DC Penerang)

Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.

Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Jurnal Pembelajaran Fisika | ISSN: 2301-9794 (Cetak) | ISSN: 2721-1959 (Online) merupakan jurnal nasional akses terbuka dan peer-review, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jember, yang diterbitkan oleh Universitas Jember. Cakupan jurnal kami meliputi: Inovasi Pembelajaran Fisika, Model dan Media Pembelajaran Fisika, Asesmen Pembelajaran Fisika, Filsafat dan Kurikulum Pendidikan Fisika, Isu-isu Pendidikan Fisika, Studi Fisika, Aplikasi Fisika, Fisika Bumi dan Astronomi, Fisika Teoritis dan Komputasi, Fisika Material, dan Fisika Instrumentasi. Jurnal ini diterbitkan empat kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember.

Link Laman.

 

Profil Program Studi Pendidikan Anak Usia DIni

Akreditasi Program Studi

Phone

(0331) 123-4567

Address

Jl. Kalimantan No.37, Kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur 68121

Kami tunggu di

Program Studi

Pendidikan Anak Usia Dini

Alamat: Jalan Kalimantan No. 37 – Kampus Bumi Tegalboto Kotak POS 159 Jember, Jawa Timur, 68121, Indonesia