Pada hari Senin, tanggal 19 Agustus 2024 dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) KeRis-DiMas MPU Pengkar di Aula Lantai 3 Gedung A (Ruang 304) FKIP Universitas Jember. Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil penelitian kelompok riset yang berkolaborasi dengan mahasiswa, kegiatan ini dihadiri oleh kepala sekolah dari beberapa sekolah di Kabupaten Jember beserta guru-guru untuk mendapatkan masukan pada riset tersebut. Adapun total peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu 30 orang.
Kegiatan yang pertama yakni penjelasan mengenai arah dan tujuan program FGD ini oleh ketua peneliti yakni Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd. Kegiatan selanjutnya yakni pengenalan hasil penelitian kelompok riset yang berkolaborasi dengan mahasiswa.
Terdapat 4 hasil penelitian kelompok riset yang berkolaborasi dengan mahasiswa, dengan judul penelitian yaitu “Media Pembelajaran Berbasis VR Tour Museum GIC Banyuwangi”, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Unit 3 Keragaman Budaya untuk Peserta Didik Kelas IV di SDN 1 Panderejo Banyuwangi”, Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Materi Sistem Pencernaan Dan Kandungan Makanan”, dan “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik TK”. Hasil penelitian tersebut secara keseluruhan sudah berbasis digital, artinya memerlukan alat elektronik yang terhubung dengan internet untuk bisa menggunakannya.
Setelah pemaparan hasil penelitian selesai, dilanjutkan dengan sesi sharing session dari peserta FGD untuk memberikan masukan terhadap hasil penelitian tersebut. Terdapat masukan dari peserta yakni seorang kepala sekolah SD, bahwasannya jika pengembangan media tersebut digunakan di sekolah yang masih belum menggunakan elektronik, maka akan kesusahan jika pengembangan media tersebut digunakan pada sekolahnya, sehingga perlu adanya kajian lebih lanjut jika ingin menggunakannya. Terdapat saran lagi dari peserta lainnya yakni materi yang diangkat pada pengembangan media harus disesuaikan dengan taraf berpikir anak usia TK agar peserta didik dapat memahami materi dengan sebaik mungkin.
Dengan adanya FGD ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengembangan media pembelajaran yang dibuat berdasarkan masukan-masukan yang telah disampaikan oleh peserta FGD, sehingga saat penggunaan pengembangan media pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sebaik mungkin.