Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Jember, kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat kolaborasi akademik internasional melalui kegiatan Seminar Internasional bertema “Peningkatan Kualitas Input dan Output Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar melalui Kemitraan dengan Stakeholders.” Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara Universitas Jember (UNEJ) dan Kyungpook National University (KNU), Daegu – Korea Selatan.
Webinar yang digelar secara daring dan luring ini diikuti oleh dosen, mahasiswa S2 Pendidikan Dasar, mahasiswa S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember maupun dari unsur guru dan tenaga kependidikan di lingkup Kab. Jember. Kegiatan ini menjadi ajang penting bagi sivitas akademika untuk memperluas wawasan global sekaligus memperkuat jejaring kemitraan antara perguruan tinggi, dinas pendidikan, dan lembaga sekolah.
Pada sesi pertama yang dimoderatori oleh Dr. Iwan Wicaksono, M.Pd, Narasumber Associate Professor Sangwoo Ha dari Department of Physics Education, Kyungpook National University memaparkan materi bertajuk “Bibliometric Analysis Using R Studio.” Melalui presentasinya, beliau menjelaskan bagaimana analisis bibliometrik dapat digunakan untuk memetakan tren penelitian, mengidentifikasi kolaborasi akademik, serta menentukan arah pengembangan riset yang relevan di bidang pendidikan.
Selanjutnya, Bapak Tulus Wijayanto, S.Pd., M.Si., Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, menyampaikan pentingnya kemitraan strategis antara perguruan tinggi, dinas pendidikan, dan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Ia menegaskan bahwa sinergi ini memberikan manfaat timbal balik: perguruan tinggi memperoleh data dan konteks lapangan untuk riset mahasiswa, sementara dinas pendidikan mendapatkan rekomendasi kebijakan berbasis penelitian.
Menurutnya, peningkatan kualitas input mahasiswa S2 dapat dilakukan melalui seleksi berbasis kebutuhan daerah serta kegiatan pra-S2 seperti workshop atau riset kolaboratif. Adapun peningkatan output lulusan diarahkan agar mahasiswa menjadi problem solver terhadap isu-isu aktual seperti literasi, numerasi, karakter, dan transformasi digital di sekolah dasar.
Paparan berikutnya dibawakan oleh Ibu Nanik Sugiyanti, S.Pd., M.Pd., alumni Magister Pendidikan Dasar Universitas Jember sekaligus guru ASN di SD Negeri Sombo, Lumajang. Dalam materinya berjudul “Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Virtual Reality (VR)”, beliau memaparkan bagaimana teknologi imersif Virtual Reality mampu menghadirkan pengalaman belajar yang interaktif dan kontekstual. Berdasarkan hasil penelitiannya, penerapan media VR terbukti meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran dari 42% menjadi 78,31%.
Menurut Bu Nanik, penggunaan VR tidak hanya menguatkan kemampuan kognitif siswa, tetapi juga menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan imajinatif—kompetensi penting bagi generasi digital saat ini.
Melalui kegiatan ini, Program Studi Magister Pendidikan Dasar Universitas Jember menegaskan perannya sebagai pusat inovasi dan kolaborasi pendidikan yang berorientasi global. Sinergi lintas negara dan lintas lembaga diharapkan melahirkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki kepedulian dan kontribusi nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan dasar di Indonesia.