Melanjutkan upaya prodi S2 Pendidikan Matematika FKIP UNEJ berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan matematika di Jember dan sekitarnya, maka pada hari Kamis, tanggal 23 Oktober 2025, dilaksanakan workshop pendekatan deep learning di MGMP Matematika SMP Jember wilayah Utara. Workshop dibuka oleh Kepala SMPN 2 Sumberjambe, Imam Rofiki, S.Pd dan Pj MGMP Matematika SMP Jember Drs. Sutrisno Hadi. Mereka mengucapkan terima kasih atas kesediaan tim Prodi S2 PMat FKIP UNEJ hadir untuk mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Reguler dan RPL dan workshop Deep Learning kepada guru-guru matematika SMP di MGMP wilayah Utara kabupaten Jember.

Tim prodi S2 PMat FKIP UNEJ yang terdiri dari Prof. Didik Sugeng Pambudi, M.S selaku Koorprodi S2 Pendidikan Matematika FKIP UNEJ, Dr. Susanto, M.Pd, dan Dr. Frenza Fairuz Firmansyah, M.Pd memberi materi tentang “apa itu pendekatan Deep Learning”, “Mengapa perlu diterapkan Deep Learning dalam pembelajaran matematika”, dan “Bagaimanakah persiapan guru dalam menerapkan Deep Learning dalam pembelajaran matematika agar dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan pemahaman konsep matematika siswa”. Workshop yang diikuti oleh 67 peserta berlangsung dengan lancar dan sukses. Para peserta mengikuti semua kegiatan dengan sangat aktif dan kolaboratif. Mereka berbagi informasi mengenai pengalaman melaksanakan deep learning selama 1 tahun ini. Mereka juga bercerita suka duka mengajar siswa di daerah yang cukup jauh dari kota.

Beberapa masalah yang diangkat antara lain rendahnya motivasi belajar matematika, dan daya nalar yang masih kurang. Menanggapi hal ini, tim prodi S2 PMat FKIP UNEJ memberi alternatif solusi agar guru terus menerus merefleksi pelaksanaan pembelajaran yang sudah dilakukan, dan berusaha meningkatkan mutu pembelajaran matematika, salah satunya dengan menerapkan Deep Learning. Tim memberi beberapa contoh cara mengajarkan materi menemukan rumus luas lingkaran, rumus luas permukaan bola, dan volum bola menggunakan media konkrit. Media tersebut berupa karton manila, jeruk, bola plastik, dan pasir. Guru perlu menggunakan media manual tersebut dikombinasikan dengan media berbasis Teknologi Informasi Komunikasi, seperti youtube untuk membimbing siswa berkolaborasi mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, tim prodi S2 PMat FKIP UNEJ menjelaskan profil prodi S2 PMat FKIP UNEJ. Prodi yang sudah berdiri sejak tahun 2014 memiliki 16 dosen, 5 Profesor dan 11 Lektor-Lektor Kepala yang sudah berpengalaman mengajar di FKIP UNEJ, dan memiliki kemampuan meneliti tingkat internasional. Prodi juga dilengkapi dengan Sarana dan prasarana yang sangat memadai, baik gedung perkuliahan, bimbingan konsultasi TESIS, dan fasilitas perkuliahan Daring, SIAKAD, MMP, dan sebagainya. Melalui jalur RPL dan bimbingan para dosen, para guru diyakinkan dapat mengikuti perkuliahan dengan nyaman, efektif, dan efisien, karena dapat menyandang gelar M.Pd cukup dalam waktu 2 semester. Diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan dokumen Perjanjian Kerjasama antara prodi S2 PMat FKIP Unej dengan MGMP kabupaten Jember. Diharapkan kerjasama yang dirintis saat ini dapat berlanjut seterusnya untuk meningkatkan kualitas guru matematika dan prestasi matematika siswa di Jember.