Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini
SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No : 204/E/0/2011
Visi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Visi yang dicanangkan untuk Prodi S1 PGPAUD FKIP Universitas Jember hingga tahun 2030 adalah “Menjadi program studi unggul di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang pendidikan anak usia dini yang berkualitas, berdaya saing dan humanis dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial”.
Misi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing dan humanis dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial.
Menghasilkan karya inovasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung terwujudnya praktek pengasuhan, pendidikan dan perlindungan anak usia dini serta pengelolaan PAUD yang berkualitas, humanis, berdaya saing dan berkearifan lokal.
Membangun tata kelola pendidikan, penelitian dan pengabdian di tingkat Prodi yang mendukung keunggulan dan menjunjung tinggi terwujudnya WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) / WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).
Membangun suasana akademik dan non-akademik yang berpegang pada etika keilmuwan dan etika sosial.
Menjalin dan membina jejaring kerjasama dengan lembaga-lembaga di dalam dan di luar negeri dalam rangka pengembangan pembelajaran, program-program sertifikasi kompetensi, serta kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang PAUD yang berkualitas, berdaya saing, humanis dan dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial.
Profil Lulusan
Pendidik Anak Usia Dini
Sebagai guru pendamping pada satuan Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak atau satuan PAUD sejenis yang kompeten dan inovatif dalam memberikan layanan pengasuhan dan pendidikan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak maupun latar belakang sosial-budaya masyarakat sekitarnya
Pengelola PAUD
Sebagai penyelenggara layanan pendidikan anak usia dini yang mampu menunjukkan literasi informasi, teknologi dan kearifan dalam memecahkan masalah maupun mengembangkan program-program PAUD sesuai dengan kondisi dan potensi lingkungan sosial budaya masyarakat sekitarnya.
Mata Kuliah Wajib Universitas (8 SKS)
- Bahasa Indonesia (2 SKS)
- Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
- Pendidikan Agama (2 SKS)
- Pendidikan Pancasila (2 SKS)
Mata Kuliah Wajib Fakultas (19 SKS)
- Bahasa Indonesia (2 SKS)
- Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
- Pendidikan Agama (2 SKS)
- Pendidikan Pancasila (2 SKS)
Mata Kuliah Wajib Prodi (94 SKS)
- Bahasa Indonesia (2 SKS)
- Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
- Pendidikan Agama (2 SKS)
- Pendidikan Pancasila (2 SKS)
Mata Kuliah Pilihan (Minimal 26 SKS)
- Bahasa Indonesia (2 SKS)
- Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
- Pendidikan Agama (2 SKS)
- Pendidikan Pancasila (2 SKS)
Kelompok Riset (KeRis)
Early Childhood Development and Family Support System (ECD FaST)
Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.
Day Care Berbasis Pendidikan Karakter dan Berdaya Saing (DC Penerang)
Revolusi industri 4.0 mengubah paradigma pendidikan, menekankan produksi pengetahuan dan inovasi. Pendidikan abad 21 harus mengintegrasikan teknologi, karakter, dan keterampilan 4C: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta komunikasi, sambil mempertahankan nilai budaya relevan.
Jurnal Pendidikan Fisika
Jurnal Pembelajaran Fisika | ISSN: 2301-9794 (Cetak) | ISSN: 2721-1959 (Online) merupakan jurnal nasional akses terbuka dan peer-review, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jember, yang diterbitkan oleh Universitas Jember. Cakupan jurnal kami meliputi: Inovasi Pembelajaran Fisika, Model dan Media Pembelajaran Fisika, Asesmen Pembelajaran Fisika, Filsafat dan Kurikulum Pendidikan Fisika, Isu-isu Pendidikan Fisika, Studi Fisika, Aplikasi Fisika, Fisika Bumi dan Astronomi, Fisika Teoritis dan Komputasi, Fisika Material, dan Fisika Instrumentasi. Jurnal ini diterbitkan empat kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember.
Profil Program Studi Pendidikan Anak Usia DIni
Akreditasi Program Studi
Phone
Address
Jl. Kalimantan No.37, Kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur 68121
Kami tunggu di
Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini
Alamat: Jalan Kalimantan No. 37 – Kampus Bumi Tegalboto Kotak POS 159 Jember, Jawa Timur, 68121, Indonesia