Selamat Datang
di Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Sejarah Singkat
Program Studi Pendidikan Fisika (Prodi P. Fisika) didirikan pada tanggal 18 Juli 1984 berdasarkan SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No : 44/DIKTI/Kep/1984. Mahasiswa angkatan pertama adalah mahasiswa angkatan 1983, sehingga pada tahun 2024 nanti, Prodi P. Fisika akan menerima mahasiswa angkatan ke 42. Pada awal pendiriannya, Prodi P. Fisika terakreditasi C terus berkembang sehingga bisa terakreditasi B sampai 29 November 2018. Dan mulai tanggal 19 – Desember – 2018 sampai dengan 19 – Desember – 2023 menjadi Prodi yang terakreditasi A. Kemudian mulai 20 Desember 2023 sampai dengan 19 Desember 2028, Prodi P. Fisika telah terakreditasi UNGGUL.
Drs. Bambang Supriadi, M.Sc
(Koordinator Program Studi Pendidikan Fisika)
Visi
Pada tahun 2028, menjadi Program Studi yang menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang unggul dalam ilmu, terapan, dan strategi pembelajaran fisika yang inovatif, berwawasan lingkungan pertanian industrial dan berdaya saing internasional.
Misi
- Mengembangkan dan menyelenggarakan saintek bidang fisika dan pembelajarannya yang inovatif untuk menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang bertaqwa, cinta tanah air, memiliki sikap professional, mandiri, berkearifan lokal, mampu beradaptasi dalam berbagai situasi, dan peduli terhadap lingkungan, serta memiliki daya saing internasional.
- Mengembangkan dan menyelenggarakan penelitian dalam kelompok riset (KeRis) bidang fisika dan pembelajarannya untuk menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional.
- Mengembangkan dan menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang fisika dan pembelajarannya pada lembaga pendidikan dan non pendidikan
- Mengembangkan dan menyelenggarakan jaringan kerjasama penelitian dan pengabdian dalam bidang fisika dan pembelajarannya dengan stakeholders dalam dan luar negeri
Tujuan
- Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang memiliki 4 standar kompetensi (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial)
- Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang unggul dalam bidang fisika dan mampu menerapkannya pada permasalahan fisika yang berwawasan lingkungan
- Menghasilkan sarjana Pendidikan fisika yang adaptif dalam per-kembangan IPTEK dan literasi serta mampu melanjutkan studi pada bidang fisika dan pembelajaran fisika maupun bidang lain yang terkait
- Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang mampu mengelola industri kreatif
Strategi
Prodi Pendidikan Fisika direalisasikan dalam bentuk kegiatan yang di dalamnya bertujuan untuk mencapai indikator kinerja utama perguruan tinggi. Program-program tersebut tertulis secara struktural dan berkesinambungan untuk diwujudkan selama 5 tahun dalam rencana strategis dan rencana operasional bisnis PS Pendidikan Fisika tahun 2021—2028
Berdasarkan Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) nomor: 1216/sk/lamdik/ak/s/xii/2023 tentang peringkat akreditasi Program Studi Pendidikan Fisika pada program sarjana Universitas Jember, kabupaten Jember Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan, maka sejak tanggal 20 Desember 2023 sampai dengan tanggal 19 Desember 2028 Menetapkan peringkat akreditasi Program Studi Pendidikan Fisika pada Program Sarjana Universitas Jember, Kabupaten Jember adalah UNGGUL dengan nilai 367.
Berdasarkan Visi dan Misi Prodi, maka profil lulusan Prodi P. Fisika ada 3, yaitu :
No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
---|---|---|
1 | Pendidik Fisika | Menguasai konsep fisika dan pembelajaran fisika sehingga bisa mendukung tugasnya sebagai sarjana pendidikan fisika khususnya di sekolah SMA/MA/SMK |
2 | Peneliti muda bidang kependidikan dan keilmuan fisika | Peneliti muda yang dapat memberikan kontribusi bagi pemecahan permasalahan fisika dan pendidikan fisika |
3 | Enterpreneur | Enterpreneur bidang fisika, pendidikan fisika atau bidang lainnya menjadi peluang bisnis baik secara mandiri maupun kelompok. |
Sesuai dengan Visi Prodi P. Fisika, maka sampai saat ini ada 4 kelompok riset yang memayungi penelitian dosen dan juga mahasiswa dalam melaksanakan penelitian, yaitu :
- Physics Learning Strategies
2. Applied Physics Learning
3. Theoretical and Culture Physics Learning
4. Physics Learning Media
Prodi P. Fisika dalam menjalan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi memiliki struktur ketenagaan sebagai berikut :
- Koordinator Program Studi : Drs, Bambang Supriadi, M.Sc
- Ketua Laboratorium P. fisika : Drs. Subiki, M.Kes
Teknisi laboratorium : Erni Midiawati, S.Si
- Komisi Bimbingan : Ketua : Drs. Maryani M.Pd
Sekretaris : Firdha Kusuma Ayu Anggraeni, S.Si, M.Si
- Operator Akademik Prodi : Aries Sudyanto
Dan saat ini Prodi P. Fisika memiliki dosen tetap (Home Base) sebanyak 13 Dosen, yaitu :
- Drs. Subiki, M.Kes.
- Drs, Maryani, M.Pd.
- Drs. Alex Harijanto, M.Si.
- Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si.
- Drs. Bambang Supriadi, M.Sc.
- Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd. M.Si.
- Firdha Kusuma Ayu Anggraeni, S.Si, M.Si
- Nila Mutia Dewi, S.Pd, M.PFis.
- Lailatul Nuraini, S.Pd, M.Pd.
- Ike Lusi Meilina S.Pd, M.Pd.
- Kendid Mahmudi S.Pd, M.PFis.
- Ernasari S.Pd, M.Pd.
- Dr. Sri handono Budi Prastowo, M.Si
Dosen Homebase berdasarkan data PDDikti
Kurikulum Prodi P. Fisika adalah kurikulum OBE. Sehingga dalam kurikulum prodi ada 4 bahan Kajian, yaitu :
- Mata Kuliah Wajib Universitas : 8 SKS
- Mata Kuliah Wajib Faklutas : 19 SKS
- Mata Kuliah Wajib Prodi : 94 SKS
- Mata Kuliah Pilihan : Minimal 26 SKS
Sehingga untuk bisa menyelesaikan pembelajaran di Prodi harus menyelesaikan sebanyak 146 SKS
berikut informasi prestasi mahasiswa prodi pendidikan fisika.
Jurnal Pembelajaran Fisika | ISSN: 2301-9794 (Print)| ISSN: 2721-1959 (Online) is a national open access and peer-reviewed journal, managed by Physics Education Study Program, University of Jember, published by Universitas Jember. The scope of our journal includes: Physics Learning Innovations, Physics Learning Models and Media, Physics Learning Assessment, Physics education philosophy and curriculum, Physics Education Issues, Studies physics, Physics Applications, Earth physics and astronomy, Theoretical and computational physics, Material physics, and Instrumentation physics. This journal is published four times a year in March, June, September and December.
Recent Comments