Dr. Slamet Hariyadi, M.SiLaboratorium mengadakan workshop penguatan kolaborasi, penyusunan dokumen luaran Asistensi Mengajar bagi supervisor dan dosen pembimbing lapangan FKIP Universitas Jember. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jum’at, 8 November 2024, di gedung Soetardjo Universitas Jember. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 16.30. Adapun audience dari workshop ini yaitu seluruh guru pamong dari masing-masing SD, SMP, SMA sederajatnya yang di sekolahnya terdapat Mahasiswa FKIP UNEJ yang sedang Asistensi Mengajar. Audience workshop yang hadir berjumlah sekitar 200 orang.
Adapun serangkaian acara pada kegiatan ini yaitu penguatan kerjasama Mitra dan FKIP, evaluasi pelaksanaan Asistensi Mengajar, luaran implementasi Asistensi Mengajar, dan penyusunan rencana kegiatan pembelajaran. Penguatan kerjasama Mitra dan FKIP difasilitatori oleh Ibu ketua KKPLP. Tujuan dari pemberian materi ini yakni untuk memperkuat kolaborasi strategis dengan mitra-mitra Sekolah Dasar. Kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan sinergi yang kokoh antara dunia pendidikan tinggi dan pendidikan dasar, guna mendukung terciptanya ekosistem pembelajaran yang berkualitas, inovatif, dan relevan dengan tantangan zaman.
Kegiatan kedua difasilitatori oleh Dr. Supeno, S.Pd., M.Si dengan pemberian materi mengenai evaluasi pelaksanaan Asistensi Mengajar. Evaluasi pelaksanaan Asistensi Mengajar menjadi langkah penting untuk memastikan tercapainya tujuan program secara optimal. Proses evaluasi melibatkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa, dosen pembimbing, guru mitra, dan pihak sekolah. Fokus utama evaluasi meliputi tiga aspek, yaitu pelaksanaan program, pencapaian kompetensi mahasiswa, dan dampak program terhadap lingkungan sekolah. Melalui evaluasi ini, berbagai masukan dan rekomendasi diidentifikasi untuk meningkatkan kualitas program di masa mendatang. Hal-hal seperti peningkatan pelatihan pra-program, penguatan komunikasi antar pihak, dan fleksibilitas dalam jadwal pelaksanaan menjadi sorotan penting.
Pemberian materi ketiga yakni luaran implementasi Asistensi Mengajar difasilitatori oleh Dr. Slamet Hariyadi, M.Si. Implementasi program Asistensi Mengajar menghasilkan berbagai luaran yang signifikan bagi mahasiswa, sekolah mitra, dan ekosistem pendidikan. Mahasiswa mendapatkan peningkatan kompetensi pedagogik, kemampuan komunikasi, dan keterampilan pengelolaan kelas melalui pengalaman langsung di lapangan. Sekolah mitra merasakan manfaat berupa pembaruan metode pengajaran, pengembangan bahan ajar kreatif, serta peningkatan motivasi belajar siswa. Selain itu, program ini menghasilkan dokumentasi berupa laporan, jurnal harian, dan publikasi ilmiah yang menjadi bahan evaluasi dan referensi untuk inovasi pendidikan. Hubungan kemitraan antara universitas dan sekolah juga semakin kokoh, membuka peluang kolaborasi yang lebih luas. Dampak sosialnya terlihat pada terbentuknya suasana pembelajaran yang inklusif dan peningkatan semangat belajar di komunitas sekolah. Dengan luaran tersebut, program ini berkontribusi nyata dalam mendukung transformasi pendidikan yang berkelanjutan.
Materi terakhir mengenai penyusunan rencana kegiatan pembelajaran. Materi tersebut dibawakan oleh Drs. Nuriman, Ph.D. Penyusunan rencana kegiatan pembelajaran (RKP) merupakan langkah penting untuk memastikan pembelajaran berjalan terarah dan efektif. RKP disusun dengan mengacu pada analisis kurikulum, pemilihan metode pembelajaran, serta penyusunan bahan ajar dan media yang sesuai. Rencana ini mencakup tujuan pembelajaran, kegiatan siswa, dan evaluasi yang dirancang untuk mengukur pencapaian kompetensi. Dengan perencanaan yang matang, guru dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, relevan, dan mendukung pengembangan potensi siswa secara maksimal. RKP menjadi panduan penting untuk memastikan tujuan pendidikan tercapai dengan optimal.