Kiprah Dosen PGSD FKIP Universitas Jember dalam Inovasi Pembelajaran dan Pengabdian Melalui Hibah DPPM Kemdiktisaintek Tahun 2025
Universitas Jember kembali menorehkan prestasi gemilang melalui para dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pada tahun 2025, beberapa dosen PGSD dinyatakan lolos sebagai penerima hibah Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Kemdiktisaintek. Penerimaan hibah ini menjadi bukti nyata kiprah dan komitmen dosen PGSD dalam menghasilkan inovasi pembelajaran berbasis teknologi, kearifan lokal, dan penguatan literasi global di tingkat pendidikan dasar.
Salah satu nama yang menonjol adalah Zetti Finali, S.Pd., M.Pd., yang berperan sebagai ketua dalam penelitian berjudul “Pemanfaatan Media Augmented Reality Bilingual pada Pembelajaran IPAS Materi Keragaman Budaya Indonesia yang Joyful dan Meaningful untuk Siswa SD.” Penelitian ini menggabungkan teknologi Augmented Reality (AR) dengan pendekatan bilingual dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus bermakna bagi siswa Sekolah Dasar.
Selain itu, Zetti Finali juga terlibat sebagai anggota dalam proyek “Integrasi Fund of Knowledge dalam Animated Motion Books Berbasis Etnopedagogi dan World Englishes untuk Peningkatan Keterampilan Berbahasa Inggris Siswa SD.” Proyek ini menunjukkan sinergi antara pendekatan lokal (etnopedagogi) dan global (World Englishes) dalam konteks penguatan literasi berbahasa Inggris anak-anak.
Chandra Ayu Proborini, S.Pd., M.Pd., turut berkontribusi sebagai anggota dalam proyek AR bilingual IPAS, serta menjadi bagian penting dalam program pengabdian bertajuk “Penguatan Kapasitas Bahasa Inggris dan Literasi Budaya Melalui Program Pendampingan Penciptaan Motif Batik Kontemporer Berbasis Kearifan Lokal Budaya Daerah Tapal Kuda.” Program ini tidak hanya mendukung aspek literasi bahasa, tetapi juga mengangkat dan melestarikan budaya lokal melalui karya batik kontemporer.
Trapsila Siwi Hutami, S.Pd., M.Pd., juga terlibat sebagai anggota dalam proyek animated motion books berbasis etnopedagogi. Keterlibatan Trapsila menunjukkan kolaborasi solid antar dosen PGSD dalam mengembangkan pembelajaran kreatif yang responsif terhadap kebutuhan zaman, terutama dalam hal integrasi teknologi dan budaya.
Sementara itu, Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd., menjadi bagian dari tim peneliti yang mengimplementasikan Teknologi Mini-Lab Ekosistem Laut untuk Pendidikan Lingkungan Maritim Berkelanjutan di MA Unggulan Al Anwari Kab. Anggongi. Keterlibatan ini menandakan pentingnya kontribusi dosen PGSD dalam pendidikan berbasis lingkungan dan keberlanjutan.
Melalui program hibah ini, para dosen PGSD FKIP Universitas Jember tidak hanya menunjukkan kapasitas akademik dan inovatif mereka, tetapi juga mengukuhkan posisi mereka sebagai agen perubahan dalam pengembangan pendidikan dasar di Indonesia. Harapannya, hasil penelitian dan pengabdian ini dapat direplikasi, dikembangkan lebih lanjut, serta memberikan dampak luas bagi peningkatan kualitas pendidikan dan penguatan karakter siswa di era digital dan multikultural.