Program Studi

Pendidikan Bahasa Inggris

SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No : 44/DIKTI/Kep/1984

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris unggul dalam pengembangan sainteks dan penghasil tenaga pendidik Bahasa Inggris yang profesional dan bereputasi internasional serta berwawasan lingkungan

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik untuk menghasilkan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang memiliki kompetensi tinggi dan berwawasan lingkungan, serta memiliki daya saing global.

Melaksanakan penelitian bidang pendidikan Bahasa Inggris untuk mendukung terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif namun tetap berwawasan lingkungan.

Mendiseminasikan hasil penelitian dan pembelajaran yang berwawasan kearifan lokal, serta bereputasi nasional dan internasional dalam forum ilmiah.

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis riset.

Mengembangkan saintek bidang pendidikan Bahasa Inggris yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pengembangan pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris.

Menyebarkan hasil penelitian pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat nasional maupun internasional.

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris.

Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain dalam dan luar negeri di bidang penelitian, pendidikan, dan pembelajaran Bahasa Inggris.

Profil Lulusan

Guru Bahasa Inggris

Pendidik Bahasa Inggris yang mampu mengelola pembelajaran Bahasa Inggris secara profesional dan responsif terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta perkembangan ilmu (state-of-the-arts) pendidikan Bahasa Inggris Abad 21.

Tutor Bahasa Inggris

Lulusan juga disiapkan untuk bekerja sebagai instruktur Bahasa Inggris di Pusat/Lembaga Pelatihan Bahasa, baik yang dikelola oleh instansi pemerintah maupun swasta.

Enterpreuneur

Lulusan juga disiapkan agar mampu membuka lapangan pekerjaan secara mandiri dengan berbekal kemampuan bahasa Inggris komunikatif, baik aktif maupun pasif, dalam berbagai konteks. Profil ini bisa dicirikan dengan profesi sebagai penerjemah, interpreter, proofreader, voice cover, dan tour guide.

Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib Universitas (8 SKS)

  • Bahasa Indonesia (2 SKS)
  • Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
  • Pendidikan Agama (2 SKS)
  • Pendidikan Pancasila (2 SKS)

Mata Kuliah Wajib Fakultas (19 SKS)

  • Pengenalan Lapangan Persekolahan (2 SKS)
  • Belajar dan Pembelajaran (2 SKS)
  • Profesi Kependidikan (2 SKS)
  • Pembelajaran Mikro (2 SKS)

Mata Kuliah Wajib Prodi (94 SKS)

  • Standard English Grammar (2 SKS)
  • Systemic Functional Linguistics (2 SKS)
  • Quantitative Research in Language Education (2 SKS)
  • Sociolinguistics and ELT (2 SKS)

Mata Kuliah Pilihan (Minimal 26 SKS)

  • ESP Program Development
  • English for Young Learners
  • English for Occupational Purposes
  • English for Professional Purposes

Kelompok Riset (KeRis)

Teacher Professional Development         (TPD)

  • Kelompok penelitian Teacher Professional Development (TPD) berfokus pada pengembangan profesionalitas guru dan calon guru, khususnya dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris. Fokus riset TPD mencakup peningkatan kompetensi calon guru Bahasa Inggris melalui strategi refleksi yang efektif, serta pengembangan metode pelatihan yang inovatif untuk menyukseskan proses pembelajaran calon guru.

Curriculum & Material Development (CurMatDev)

  • Kelompok penelitian Curriculum and Material Development (CurMatDev) meneliti pengembangan kurikulum dan materi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia. Fokus penelitian mereka mencakup integrasi konten dan budaya lokal ke dalam kurikulum untuk meningkatkan relevansi pembelajaran, serta analisis dampak reformasi kurikulum, seperti Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, terhadap praktik pengajaran.

Language Assessment & Teaching Methodology (LATEM)

  • LATEM fokus pada lima fokus utama: pertama, pengembangan dan adaptasi kurikulum yang efektif dan relevan dengan konteks lokal; kedua, pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru Bahasa Inggris; ketiga, praktik asesmen dan pencapaian kemahiran bahasa; keempat, integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa untuk meningkatkan keterlibatan siswa; dan kelima, pengaruh budaya dan faktor kontekstual terhadap proses pembelajaran.

Technology-enhanced Language Learning (TELL)

  • TELL fokus pada peningkatan pembelajaran Bahasa Inggris melalui pemanfaatan teknologi. Sejak dibentuk, kelompok ini telah melakukan eksplorasi intensif mengenai penerapan teknologi dalam pembelajaran, dimulai dengan kajian penggunaan gawai yang menghasilkan dua publikasi terkait pemanfaatan WhatsApp dan Telegram dalam perkuliahan Bahasa Inggris di Universitas Jember.

EFL Education Journal

EFL Education Journal adalah jurnal yang ditinjau sejawat (peer-reviewed) dan mempublikasikan artikel asli yang meneliti atau mendokumentasikan isu-isu dalam Pengajaran Bahasa Inggris (English Language Teaching/ELT). Jurnal ini menerima studi empiris dan artikel teoretis yang membahas tren terkini dalam Pengajaran Bahasa Inggris, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

EFL Education Journal mengangkat isu-isu dalam konteks Bahasa Inggris sebagai bahasa asing maupun bahasa kedua, seperti pedagogi ELT, sumber belajar ELT, pengembangan profesional guru ELT, asesmen bahasa, pengajaran bahasa berbasis teknologi, serta pendidikan literasi dalam ELT.

Akreditasi Program Studi

Diklat Kepengurusan ESA

English Student Association (ESA) merupakan organisasi mahasiswa yang berada di bawah naungan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan berperan strategis dalam membangun aspirasi serta inspirasi mahasiswa untuk mendukung perkembangan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. ESA hadir sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan keterampilan, baik secara akademis maupun non-akademis.

ESA League

Seminar Nasional

Webinar Pelatihan Debat

ESA Competition

Organisasi ini terbagi dalam lima divisi utama yang saling mendukung dan berperan penting dalam berbagai bidang kegiatan: Divisi Keagamaan yang menitikberatkan pada pembinaan spiritual, Divisi Pendidikan yang fokus pada peningkatan kualitas keilmuan dan pembelajaran, Divisi Olahraga yang mendorong gaya hidup sehat melalui kegiatan olahraga, Divisi Seni yang memfasilitasi bakat dan kreativitas dalam bidang seni, serta Divisi Humas yang bertugas membangun hubungan dan komunikasi baik di dalam maupun di luar organisasi. Dengan struktur yang solid dan tujuan yang jelas, ESA berkomitmen untuk menjadi pendorong utama kemajuan mahasiswa dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

ESA Berbagi

Phone

0331 – 334988

Email

pbing@fkip.unej.ac.id

Address

Jl. Kalimantan No.37, Kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur 68121

Kami tunggu di

Program Studi

Pendidikan Bahasa Inggris

Alamat: Jalan Kalimantan No. 37 – Kampus Bumi Tegalboto Kotak POS 159 Jember, Jawa Timur, 68121, Indonesia