Program Studi
Pendidikan Sejarah
SK Pendidikan Tinggi (DIKTI) No : 44/DIKTI/Kep/1984
Visi Program Studi Pendidikan Sejarah
Menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan sejarah berwawasan lingkungan yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK
Misi Program Studi Pendidikan Sejarah
Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang berdaya saing tinggi dan unggul dalam kajian sejarah berwawasan lingkungan
Mengembangkan kajian teori pendidikan dan kesejarahan yang inovatif.
Menyelenggarakan penelitian bidang pendidikan sejarah dan kesejarahan secara professional.
Mengembangkan jejaring (networking) kerjasama dan kemitraan pada tingkat lokal, nasional dan Internasional atas dasar prinsip kooperatif (cooperative) serta saling menguntungkan (mutual benefit).
Mengembangkan tulisan bidang pendidikan sejarah dan kesejarahan dengan bertanggung jawab
Profil Lulusan
Pendidik Sejarah
Menghasilkan sarjana pendidikan sejarah yang profesional, berilmu, berdaya saing tinggi, berkompetensi serta berwawasan lingkungan.
Peneliti Muda Bidang Pendidikan dan Sejarah
Mencetak lulusan yang unggul dalam pengembangan penelitian dan melakukan desiminasi produk penelitian.
Penulis Bidang Pendidikan dan Sejarah
Mencetak lulusan yang unggul dalam pengembangan tulisan bidang pendidikan sejarah dan kesejarahan dengan bertanggung jawab.
Mata Kuliah Wajib Universitas (8 SKS)
- Bahasa Indonesia (2 SKS)
- Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
- Pendidikan Agama (2 SKS)
- Pendidikan Pancasila (2 SKS)
Mata Kuliah Wajib Fakultas (19 SKS)
- Bahasa Indonesia (2 SKS)
- Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
- Pendidikan Agama (2 SKS)
- Pendidikan Pancasila (2 SKS)
Mata Kuliah Wajib Prodi (94 SKS)
- Sejarah Indonesia I (3 SKS)
- Sejarah Kebudayaan (2 SKS)
- Sejarah Lokal (2 SKS)
- Sejarah Asia Timur (2 SKS)
Mata Kuliah Pilihan (Minimal 26 SKS)
- Inovasi Pembelajaran Sejarah (2 SKS)
- Kajian Jurnal Sejarah Lokal (2 SKS)
- Sejarah sosial budaya (2 SKS)
- Teori sosial dan budaya (2 SKS)
History Education Research Group
KeRis Dimas Pendidikan Sejarah berfokus pada pengembangan pengetahuan, praktik dan kebijakan dalam belajar dan pembelajaran sejarah dalam konteks pendidikan. Terutama pada pengembangan calon pendidik sejarah profesional dan pengembangan kebijakan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan zaman.
Local History and Education Research Group
Bidang kajian KeRis-DiMas LHERG adalah sejarah lokal yang merentang mulai jaman prasejarah, yaitu saat manusia belum mengenal tulisan, hingga jaman sejarah kontemporer yang menyangkut kekinian dengan batasan geografis lokalitas itu bisa hanya sebuah desa, kecamatan, kabupaten, kota, bahkan bisa juga mencakup sebuah provinsi.
Social Cultural History Research Group
KeRis DiMas SCHE berfokus pada kajian ilmu sosial humaniora berupa aspek sejarah sosial budaya dan cara memanfaatkan hasil kajian tersebut dalam pembelajaran dengan merujuk payung riset internasional.
Jurnal Pendidikan Sejarah
Jurnal Historica (P-ISSN : 2252-4673, E-ISSN : 2964-9269) is an online open-access journal that publishes articles in the field of social science, history, culture, education & Arts. It is a journal to encourage research publication to research scholars, academicians, professionals and students engaged in their respective field. The journal also provides an international forum to disseminate their knowledge. This journal publishes two times a year are in June and Desember. Our mission is to advance research by working to develop and maintain competence, ethics and integrity and the highest professional standards in the speciality for the benefit of the public.
Akreditasi Program Studi
Phone
085608768400
Address
Jl. Kalimantan No.37, Kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur 68121
Kami tunggu di
Program Studi
Pendidikan Sejarah
Alamat: Jalan Kalimantan No. 37 – Kampus Bumi Tegalboto Kotak POS 159 Jember, Jawa Timur, 68121, Indonesia